Borobudur, Magelang


"Seven Miracles In The World", riwayatmu kini ...

Kurang lebih 1 jam perjalanan dari Yogyakarta, sampailah kita ke Candi Borobudur. Perjalanan wisataku kali ini karena mendapat tugas dari Jurusan untuk mengantar sepasang suami istri dari Hannover, Jerman. Banyak yang telah berubah dari Borobudur yang dulu sewaktu SMP pernah kukunjungi. Kini, new Borobudur looks like more beautiful. Biaya parkir dan masuk sudah lebih teratur dan kita bisa menggunakan jasa guide dengan fasilitas yang lebih baik daripada sekedar jalan-jalan ke sekeliling candi. Untuk masuk per orang dikenai biaya 9 ribu (turis domestik) dan 99 ribu (turis asing) dan biaya guide 50 ribu. Perjalanan kita berawal menurut cerita yang tersirat dari Candi Borobudur tersebut. Dikenalkan juga jenis tanaman yang jadi obat pada masa Syailendra dan istimewanya kita bisa melihat pohon Bodhi yang menjadi pohon bersejarah bagi pemeluk agama Budha.



Guide dengan fasihnya akan menceritakan sejarah candi Borobudur dan menunjukkan bahwa Borobudur dibangun tanpa menggunakan perekat. Beberapa bagian candi sudah direnovasi karena sesuatu hal yang akan diceritakan oleh guide. (kalo penasaran, silahkan datang sendiri ke Borobudur ya?)



Berlapis-lapis tingkat kita lalui dan tibalah kita di puncak Nirwana (puncak Borobudur yang terdapat stupa-stupa). Ada satu stupa yang konon ceritanya merupakan satu-satunya stupa yang selamat dari ledakan bom beberapa tahun yang lalu. Alkisah, barang siapa bisa menyentuh ibu jari stupa maka keinginannya akan terwujud. Wallahualam bi shawab.

Kami sempat foto-foto bersama di Borobudur dan melihat keindahan alam dari ketinggian Borobudur. Ketika cuaca cerah, bisa dimungkinkan untuk melihat perbukitan di sekeliling Borobudur dan gunung-gunung disekitarnya (salah satunya gunung Merapi).

ima-ep

2 comments

  1. Anonymous20:10

    makasih update infonya..

    ReplyDelete
  2. terima kasih Mr.ugi, kami akan mencoba memperbesar gambar yang kami upload..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda