Tuesday, 17 February 2015

Perlengkapan Sebelum Tamasya

Pas banget bulan Februari ini bulan lahir saya dan ingin berbagi tentang benda yang wajib dibawa saat jalan-jalan. Postingan ini tentang "dapur tamasyaku" atau "behind the scene" artikel-artikel di blog ini. Tiga barang wajib yang harus dibawa adalah hand phone, kamera dan powerbank. Ya iyalah, kalau 3 items itu mah pastinya di tas tenteng perempuan sekarang jamin ada semua kan ya? Hayooo ngakuuuu.... ^_^ Bagaimana isinya dapur tamasyaku? Yuk bongkar sedikit alat perang kami ya..



Taraaa.... Alat perangnya simple tapi kepikiran ini PENTING untuk dibawa setelah beberapa waktu kami berwisata. Baru ngeh juga kalau barang-barang ini termasuk list PERKAP SIAGA 1 di setiap acara jalan-jalan manda panda ala tamasyaku.. Tiga barang itu adalah charger, memory card, dan tripod/tongsis (kan sekarang udah canggih jamannya tongsis).. Lho mak, itu kok bukan tongsis yang difoto? Iya, tongsisnya udah selalu dibawa di mobil jadinya mau difoto untuk ikutan kontes ini yang ada Joby tripod yang dulu sebelum tongsis, dia juga setia menemani kami..

Apa sih menariknya item-item itu behind the scene nya tamasyaku?

1. Charger


Apapun charger-nya, itu penting untuk dibawa. Untung jaman sekarang apa-apa serba portable dan flexible, jadi lumayan irit satu colokan bisa untuk ganti-ganti USB charger. Charger berfungsi di malam hari saat kita terlelap tidur menyiapkan energi untuk alat-alat hunting cerita esok pagi. Kalau bicara charger, jangan lupa sekalian T-nya. Karena biasanya kita membawa lebih dari satu charger dan butuh banyak colokan. Untuk jalan-jalan ke luar negeri perlu bawa colokan kaki tiga ya, karena kebanyakan colokan di luaran sana tidak kompatibel dengan colokan mata dua kita di Indonesia.

Biasanya, yang paling penting adalah charger hand phone dan charger batere kamera, karena kedua alat itulah yang penting banget merekam apa yang ditangkap oleh mata kita saat mengunjungi banyak tempat dan menjepret apa yang dirasa oleh lidah saat mencicipi sesuatu. Akan mati gaya kalau tamasyaku lupa bawa semua charger.Apa yang ditangkap kamera memang tidak bisa mewakili sejauh mata memandang dan mengagumi ciptaanNya, tetapi dengan charger yang menjaga handphone dan kamera tetap menyala, kita bisa mengabadikan setiap moment yang bisa kita ceritakan dan kita bagi ke teman-teman..

2. Memory Card


Barang sekecil ini jadi penting bangeeeettttt apabila kita termasuk wisatawan (cieee nyebut diri wisatawan niii..) yang masuk dalam kategori MALAS, wkwkwkwk... Butuhnya punya memory card cadangan adalah ketika beberapa kali perjalanan wisata kami, mendadak ada adegan melow galaw nya (berasa filem india yang nggak pake nangis-nangis di pohon lho yaa...). Gimana nggak melow dan galaw ???
  1. Kamera dan batere sudah posisi ready semua. Ealah begitu jepretan 2x, si kamera mogok dan tampilannya "memoy card is FULL" hoalaahhh... inilah efek wisatawan malas mindah foto ke komputer. Dan saat itu, kami merelakan menghapus beberapa foto di kamera untuk digantikan dengan gambar-gambar hasil jepretan moment yang baru.. hiks hiks hiks... Oh iya, ada tips menghapus dari kami yaaaa... Hapuslah foto-foto yang blabur (emmm bahasa indonesianya kabur), foto yang difoto berulang-ulang dan hasilnya nggak beda jauh, dan foto-foto yang tidak unik. Jangan menghapus foto-foto yang berekspresi jelek (baca : apa adanya), foto saat sama-sama keluarga besar, dan foto unik yang dijepret candid. Semoga tipsnya bermanfaat saat genting memory card full yaaa... ^_^ 
  2. Kamera kebawa, charger aman, eh begitu dinyalain, memory card masih ketinggal di komputer rumah karena malam pas mau berangkat baru mindahin foto-foto ke komputer . Ini niiihhh melow bagian kedua, udah baik mindahin dulu filenya (belajar dong dari bagian 1), naahh malah lupa nggak dibawa itu pelajaran bagian keduanya.. Kalau kasus yang beginian, ya sudahlah, kamera tidak bisa dipakai dan memakai jepretan kamera handphone. Makanya dari sini, kita belajar jangan jadi wisatawan dan blogger yang males yaaa (*timpuk diri sendiri)
Nah dari dua kejadian yang menurut kami berharga, kami sekarang menyelipkan memory card di dompet manda, sehingga kalau kemana-mana bepergian kita sudah READY ON SPOT (maaf ya kalau inggrisnya jadi ngacoo,, artinya : sudah siap jepret, hihihihi...). Kalaupun sekarang banyak SD card yang sampai muat banyak saat dipakai berfoto-foto ria, tapi tetep jangan jadi wisatawan males ya..

3. Tripod (atau sekarang Tongsis)


Mejeng juga ni tripod Joby yang udah tahunan setia menemani kami ber-tamasya. Dari kami punya tahun 2010 karena terinspirasi sahabat kami di Aachen, betapa hebat si robot tripod ini. Kami menyebutnya robot karena bisa menempel di pohon, bisa dilekuk-lekuk flexible di mana aja dia bisa memanjat. Tadinya, si Joby ini adalah teman setia kami bepergian sebelum kehadiran tongkat serba bisa tongsis, hehehehe.. (maafkan ya Job...). Seperti sudah diceritakan di atas, tongsis sudah menjadi barang yang memudahkan kita mengabadikan momen-momen tanpa harus mengorbankan salah satu dari kita saat memfoto. Kehadiran tripod ini dan tongsis yang mudah dibawa membuat bertamasya jadi makin menyenangkan, terlebih lagi bisa selfie dengan pasangan dan keluarga. Seneng, seru dan haru saat kita membuka kembali kenangan-kenangan yang tersimpan bersama orang-orang yang dekat di hidup kita..

Nah, sudah ngulik dapurnya tamasyaku yaa.. Semoga kami tak henti-henti juga mencari tempat-tempat menarik untuk diceritakan kepada sahabat tamasyaku ya.. Semoga senantiasa diberikan kemampuan dan kesehatan untuk bersyukur tak terhingga dengan melihat ciptaanNya..

22 comments:

  1. Benda-benda itu juga selalu aku bawa kalo traveling, mbak... Tapi sekarang udah jarang bawa-bawa tripod, soalnya tripodnya ketinggalan di Surabaya, hahaha... Pengen beli tongsis aja ah.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih yaaa kita bahas tongsis di sini... berarti itu benda yang wajib ada nii di jalan-jalan kitaaa... makasii yaa mb Dee An jadi semangaatt niii ada dirimuuu *_*

      Delete
    2. Tongsis udah masuk daftar yang pengen dibeli bulan depan, hehehe..
      Yuk.. saling menyemangati ya, mbak.. :)

      Delete
    3. siaaappp kakak *_* cemunguutthh cemunguutthh.. piknik murahh yaa kitaa setiap hariii...

      Delete
  2. Aku perlengkapan lenong....klo ketinggalan aaak banget...kerja aja hrs bawa apalagi jalan2

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah perlengkapan lenong ini apa aja mba? hehehehehe ^_^

      Delete
  3. Handphone, tablet, dan kamera. Ketiganya harus dalam keadaan full batre. Heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikutan GAnya mak myra yukkkk mb liaa... ^_^ oiya chargernya jangan lupa kebawa yaa... *_*

      Delete
  4. Sip dah mak. Manteb nih. Wisatawan bingid...
    Daku biasanya bawa hp doank mak, sm itu tuh, camilan. Cz gk tahan laferrrr. Kalau laper, bs jd lupa diri bahwa daku sebenernya adalah tamara blezinsky..*eapasih. Hehe.
    Sukses ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mak inda... waaahh gak kuat ni yang komen tamara,, hihihihihi... *_*

      Delete
  5. wahh menarik nih.btw ga bawa kosmetikan gt ya mak, kayak tabir surya, atau bedak. Kalo panas2 kan lumayan banget tuh kulit wajah terpanggang...;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau perkap pribadi ya pasti bawa yg begituan mba... Kan ini dapurnya tamasyaku, hihihihihi... Makasih yaaa sudah mampiirrrr *_*

      Delete
  6. dua barang itu juga pasti saya bawa. kecuali memory card, soalnya lumayan besar memuatnya dan setiap pulang ada acara, selalu nyempetin memindahannya ke folder :)

    senang ya bisa jalan-jalan terus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh mb okti ini termasuk wisatawan yang rajin yaa... bisa nih mulai rajin mindahin file juga.. makasih sudah mampir *_*

      Delete
  7. Tadi pas pertama liat tripodnya langsung ingat punya Lia. Ternyata emang beli di sini ya, Ma. :) ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mb iraaa,, ini memang versi joby mini untuk kamera pocket.. gegara kita ke Duisburg itu jadi beli jugak di Aachen.. *_* kenangan tak terlupakan pokoknya...

      Delete
  8. Wihhh... ini mah traveller sejati.. secara ketiga benda itu emang penting banget ya Mbak buat tamasya :)
    sukses Mbak buat GA-nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mb diah ^_^ iya nih lama kelamaan jadi hobi yang nyenengin.. trimakasih sudah mampir..

      Delete
  9. Eh udah ikutan aja neh Mbak Prima.
    Saya pengin beli joby, itu berapa harganya Mbak?

    ReplyDelete
  10. jalan-jalan memang kurang sedap kalau gak ada foto-fotonya, ya. Makanya peralatannya juga harus ready :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa maaakk beneerrr.... *_*

      Delete
    2. Iyaaaa maaakk beneerrr.... *_*

      Delete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D