Sunday, 8 February 2015

Indahnya Pantai Gunung Kidul, Yogyakarta



Postingan populer dari blog ini adalah tentang pantai Gunung Kidul yang pernah saya tulis beberapa waktu yang lalu.. Foto di atas adalah foto Pantai BARON, pantai terdekat begitu masuk Gunung Kidul, sebelum sampai ke pantai Kukup, Krakal, Drini, Somadeng, Cemara, Indrayanti, Wedi Ombo, dan Sepanjang. Jajaran pantai nan indah di Gunung Kidul, Wonosari memang menawarkan sejuta pesona untuk dinikmati..
Walaupun masih terkendala oleh jalan yang sempit serta transportasi yang belum difasilitasi oleh kendaraan umum untuk sampai ke sana.. Lamanya waktu menuju ke pantai terdekat di Gunung Kidul, yaitu  pantai Baron adalah 2,5 jam dari Yogyakarta (kota). Kami biasanya berangkat dari jogja pukul 5 pagi, paling lambat jam 5:30, bukan untuk menghindari masuk gratis di penjaga karcis lho ya... tapi untuk bisa menikmati keasrian tempat wisata pantai yang masih sepi pengunjung,, Bagi penyuka fotografi, silahkan yaa dipakai untuk mencari inspirasi jeprat jepret, atau yang merencanakan menikah bisa prewedding di sini juga.. Contoh spot foto yang saya ambil bulan Desember 2014, masih BERSIH dan BAGUS sekali..




Cerita liburan kali ini isinya menceritakan persiapan tamasya keluarga di pantai Cemara.. Kami menyempatkan dulu ke pantai Baron untuk membeli ikan goreng dengan macam jenis yang banyak, ada udang dan keripik juga.. Di Pantai Baron juga ada buah-buahan seperti sawo, srikaya (kalau pas musim), mangga gadung (talijiwo khas Wonosari), sayurannya tempe (khas karena dari daun jati) dan pete..


Memilih ikan segar dan meminta digorengkan adalah favorit kami sekeluarga, bahkan mama papa kadang-kadang iseng ke baron hanya karena kangen sama ikan gorengnya.. Jenis ikannya banyak dan lupa nanya namanya karena biasanya asal tunjuk dan tanyanya sambil lalu... kalau tidak salah, namanya ikan jambal (seperti jambal di ikan asin yaaa..). Ikan jambalnya sudah dipotong-potong dan masih hangat ketika sampai di Baron pukul 08:30an.. Ikan jambal ini enak dipakai gadon (dimakan tanpa nasi) pakai sambal kecap.. nyaamm nyaaammm... Ada juga udang laut goreng ya nyaaammm... Kripiknya macam-macam di sana, dan bisa dicicipi.. hihihihihihihi... selamat kuliner di Pantai Baron yaaaa...

Yuk, lanjut perjalanan di pantai pasir putih yang menjadi tujuan kita hari ini, Pantai CEMARA.. Letaknya persis sebelum sampai pantai Indrayanti yang sedang fenomenal itu.. Gugusan pantai setelah pantai BARON, merupakan pantai berpasir putih.. kalau sepi pengunjung berasa di bali lhooo.... asiiikkk...

Di Pantai cemara ini, kita bisa menyewa gazebo 30,000 rupiah dengan kelengkapan bawa sendiri yaa.. Biasanya saya bawa karpet plastik, magicom, piring plastik dan bisa pesan degan (kelapa muda) di sana.. menikmati sarapan pagi persis di pinggir pantai ituuuuu.. SUBHANALLOH..... o iyaa.. di pantai juga ada penjual yang menjajakan hiasan dari kerang atau hewan-hewan laut lainnya, silahkan dicoba ya...


selamat menyiapkan liburan bersama keluarga...

36 comments:

  1. Nampaknya pantai gunung kidul masih asri dan cantik ya... Tapi blm begitu populer ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb rita, masih butuh terus disosialisasikan.. Tapi kalau sabtu minggu dan liburan bis bis pariwisata yg besar2 sudah bikin macet jalan menuju lokasi... Ditunggu mampir ke Gunung Kidul ya mba.. Trimakasih sudah mampir ^_^

      Delete
  2. Makan di pinggir pantai memang bikin rasa hidangan jd makin maknyuusss. Jd kalau mau ke gunung kidul, bisa wisata ke sini jg ya mak. Sippplah. Tengkiu infonya ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mak inda... ajak ajak kalau mau sarapan pinggir pantai yaaa... salam kenal ^_^

      Delete
  3. saya baru sekali ke jogja tahun 2002 :D
    dan baru mengunjungi parang tritis saja. waah harus dicoba datang kesini juga. makasih infonya ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayukk mak liaaa.. udah banyak perubahaannn.. kalau pas ke jogja lagi jadwalin 1 hari untuk ke gunung kidul, banyak banget yang bisa didatengi.. salam kenal ^_^

      Delete
  4. Waaah... pengen banget ke sini mbak.
    Kapan ya bisa dolan ke pantai Jogja. Pasti dapat sensasi sendiri krn terbiasa dengan pantai tenang ala Jepara

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mb susiii,, bedaaaaa... kalau di jepara laut jawa realtif gak seWOW pantai selatan ombaknya.. hehehhehe.. ayukk maen ke jogja yaa.. pasti nagih ^_^ salam kenal...

      Delete
  5. Emang kalo ke Yogya itu nggak ada bosennya. pengen lagi-pengen lagi.
    Err, ke Wonosari itu jalannya jauuuuh ya . hihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa mba uwien.. relatif jauh 2,5 jam kalau lancar dari jogja pagi.. iyaa jogja emang nagih yaaa... salam kenal ^_^ kabari kl ke jogja...

      Delete
  6. Seru ya mak. Saya terakhir ke jogja kelas 4 sd. Uda 16 tahun yang lalu. Belum kesampaian nih mau balik jogja lagi. Postingannya bikin envy. Salam kenal mak syahdian-novianti.blogspot.com :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaahhh udaaahh lamaa yaakkk... kl ke jogja kabari yaa, biar gak nyasarrr,, soalnya jogja sudah banyak berubah mba... hihihihihi... ^_^

      Delete
  7. wowww kirain yogya cuma ke candi aja hehhe... kalo nanti sempat jalan ke Kepri, jalan-jalan ke pantai Trikora nya juga ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaa liputan pantai Trikora ala mak nurul ada nggak? siaaappp insya Alloh yaaa mak... sampai ketemu di jalan2 virtual yaaa ^_^

      Delete
  8. Ahhhh... mpengggg... aku belum khatam sama pantai di Gunung Kidul.. mau kesana sekarang hujan mulu.. daripada ga bisa jalan-jalan, mendingan ditunda dulu dan mesti harus bisa piknik :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. pumpunnggggg masih bersih dan bagus mak asriii.... semoga lekas khatam yaaaa di pantai gunung kidulnya... hugsss ^_^

      Delete
  9. Saya kalo pengen wisata pantai di gunung kidul milih nginep di Yogya. Trus jam 7 pagi berangkat, menghindari macet gitu. Udah ke Baron, kukup, krakal, indrayanti sama satu lagi apa ya, hihiii lupa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mb sulisss.. benerrrrr... sekarang jam 5 otw ke pantai juga udah ramai sampai sana.. kayaknya banyak yang berpikir kayak kita ya.. wkwkwkwkwk.. baron, kukup, krakal, drini, somadeng, cemoro, indrayanti, sepanjang, wedi ombo, dan masih banyak pantai2 kecil yang setiap bloknya ada tanda panahnya, hehehehe.. ayukk ke jogja lagi mbaa...

      Delete
  10. indahnya mak, udah lama banget aku gak jalan menikmati indahnya pantai atau laut. Keluargaku senangnya justru ngadem di villa soalnya hiksss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mak irmaaa.. makasih sudah mampir *seneenggg.. tunggu liputannya tempat yang adem-adem di jogja ya mak... *_*

      Delete
  11. ternyata pantainya banyak ya, sya taunya cuma parangtritis.....pengen banget liat pantai yang lain...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mak encii... kalau pantai parangtritis itu dari jalan parangtritis.. kalau panti2 di gunung kidul, ambilnya dari jalan wonosari.. semoga bermanfaat yaa.. ^_^

      Delete
  12. Wah.. bisa jadi rujukan kalo mau liburan nih blognya. Thanks mak.. bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mak mimaaa.. semoga tulisannya bermanfaat yaaa.. ima juga suka tadi liputannya flanel, kereeennn!!! saling menginspirasi ya mak... ^_^

      Delete
  13. Aku pernah juga bertandang ke salah satu Pantai yg di Wonosari itu, Mak. Lupa nama pantainya, tapi tetanggaan dengan Pantai Indrayanti (banyak pantai yg masing2 punya nama sendiri ya). Saat itu akhir tahun 2012, tapi berasa baru kemarin kesana rasanya. Indah2 pantainya. Sampai2 foto yg kujepret disana dijadiin cover foto fb :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa benerrrr mak euis.. bagus-bagus pantainya sekarang.. wahh udah lama banget yaa th 2012, skrg sudah berubah banyak.. ayukk ditunggu maen ke jogja lagii... ^_^

      Delete
  14. Aku bulan kmr kesana mak.. dan sampe tekape ujan deres.. hiks... ga bia turun dari mobil..cuma sempet ke pantai kukup itupun ga nyampe 15 menit udah ujan lagi hiks :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh sayang bangeettt.. padahal sudah jauh-jauh yaa.. memang sedang musim hujan mba, apalagi cuacanya nggak bisa diprediksi.. tahu gitu ke baron atau indrayanti makan dulu sambil hujan reda,, besok diulangi lagi ya mom.. ^_^

      Delete
  15. Wiiih...kalo musim liburan ke Jogja, macetnya gak ketulungan ya...tapi meskipun gitu, teuteup aja saya dan keluarga ke sana juga pas liburan. Hahaha...memang bikin ketagihan ya jogja itu. Tempat wisatanya komplet. Ada gunung, pantai, budaya. Kereeen...Oia, uniknya lagi yang itu loh mbak, gumuk pasir di sekitar pantai. Cuma ada di Jogja itu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mba.. sekarang gak liburan juga maceettt,, jogja masih ngangenin yaa,, ketambahan wisata belanjanya makin banyak sekarang.. ^_^ mkaasih sudah mampir.. seneng juga baca liputan uluwatunya mba..

      Delete
  16. Tiap lihat pantai itu rasanya tentram...pasir putih dan deburan ombaknya...Pantai di daerah Gunung Kidul layak dikunjungi...Tapi jangan pilih peak season...enaknya pas tidak ramai pengunjung..seakan-akan pantai milik sendiri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihihi,,, yup yup yup....

      Delete
  17. Mungkin sebaiknya datang di saat musim kemarau,walaupun panas..tapi deretan pantai di Gunung Kidul-Wonosari akan terlihat sangat indah.. Pasirnya yang putih, birunya lautan berpadu dengna birunya langit. Ngga nyesel deh pokonya.

    Jadi klo berkunjung ke jogja tapi belum ke pantai-pantai di wonosari..belom ke jogja namanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneeerrr setujuuuuu..... jam 6 pagi sudah di sana dapat segernyaaaa.... dan gak pake macet... makasih sudah mampir yaaaa

      Delete
  18. Rekomendasi yang bagus untuk liburan nanti ke Jogja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih.. senang kalau tulisan ini bermanfaat... ^_^

      Delete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D