Saturday, 14 February 2015

Rumah Makan Jejamuran, Yogyakarta



Happy Weekend sahabat tamasyaku... Merencanakan untuk jalan-jalan keliling kota atau untuk mencicipi kuliner dalam kota Yogyakarta adalah pilihan keluarga menghabiskan liburan akhir pekan sabtu minggu. Jalan-jalan kali ini, kita akan berkuliner di Jogja bagian Utara (baca : jalan Magelang KM 10) di rumah makan JEJAMURAN. Judul cerita tamasyaku kali ini adalah wisata edukatif sehat di jeJAMURan, kenapa? Karena jeJAMURan ini rumah makan yang menyajikan semua menu tentang JAMUR yang dimasak super enak seperti bukan jamur,
sudah tahu manfaat jamur kan ya? Yuk, ikuti cerita jalan-jalan edukatif dan sehat, sekaligus bisa narsis ini yaaaa.....



Rumah makan jejamuran menyediakan tempat makan yang luasssss bangeetttt dan tempat parkir yang nyaman untuk bis dan mobil pribadi. Bahkan saat ramai pun, reservasi tunggunya pun nyaman dengan karyawan yang sigap dilengkapi dengan headset yang memantau kondisi di dalam. Menunggu giliran tempat duduk pada saat jam-jam ramai pun jadi nyaman, karena kita bisa berwisata edukatif dengan melihat dan membaca keterangan di pojok budidaya jamur. Selain itu, disediakan pula pojok yang menjual oleh-oleh khas jamur. Tempat makan yang luas ini nyaman dipakai untuk menjamu keluarga besar dan acara wisata/kantor yang dilengkapi toilet sekaligus mushola yang bersih dan pas untuk rehat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan menuju Magelang atau Semarang bagi wisatawan.



Sebelum bahas menu-menu di jejamuran yang bikin laper mata eh laper perut, pasti penasaran ya dengan foto di atas yang bisa merekam seluruh keluarga (*tanpa kehilangan 1 anggota keluarga yang dijadikan tripod, hihihihihi). Belum paham artinya kehilangan 1 anggota keluarga? Coba cek lagi foto berikut ini :


Naahhh.. udah tahu yaaa bagian yang dilingkari hitam.. Alat yang baru populer saat ini, yang membantu mengabadikan setiap momen bersama kesayangan, yang populer disebut tongsis (baca : tongkat narsis). Sedikit cerita positif tentang narsis ya,, Tongsis ini salah satu alat narsis positif karena memudahkan kita mengambil angle-angle (sudut) yang tidak terjangkau oleh mata dan tangan sendiri. Tongsis ini perpanjangan dari tangan kita untuk bisa menjepret kebersamaan bersama pasangan, keluarga, keluarga besar satu trah, sahabat dan momen-momen istimewa yang ingin diabadikan bersama-sama. Tongsis ini mudah dipakainya, sisa men-download : timer di handhone atau menyetel timer di pocket camera. Hayooo masih bilang susah? Masak kalah sama baby R (Rafisqy) yang bisa narsis sendiri di usianya 2 tahun lho...


Seru yaaaaa??? Selamat berakhir pekan dengan tongsis ya sahabat tamasyaku.. 

Naaahh, sekarang pasti udah laper mata ingin tahu menu masakan yang ditawarkan di jejamuran ya? Menu masakan di jejamuran ini 90%nya adalah JAMUR. Nama-namanya juga seperti jenis masakan biasa, seperti : oseng mercon, sate, tongseng, gorengan crispy, penyet, rendang, semur, dan masih banyak macamnya. Disajikan miripppp juga dengan rasa aslinyaaaa, enaaakkk dehhh.. Saya yang tadinya tidak suka dan merasa aneh dengan masakan jamur, bisa menikmati sate dan tongseng jamurnya dengan lahap. *emang doyan atau laper? hehehehehe.. Dari segi harga, makan di jejamuran terjangkau dan pantas dengan rasa yang enak yang dinikmati. Favorit manda setiap kali ke sini (sepertinya sudah 5x ini berkunjung, dan baru sempat membuat liputan kulinernya), wajib dipesan : sate jamur dan tongseng jamur. Bagi orang tua yang tidak diperbolehkan makan daging di tongseng, bisa coba tongseng jamur yang rasanya mirip daging ini dan semoga ketagihan ya...



Kenapa di awal disebutkan bahwa jamur adalah kuliner sehat? Ya, karena menurut beberapa sumber dikatakan bahwa jamur terbukti bergizi tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan. Jamur mengandung :
  1. Protein tinggi, lebih tinggi daripada daging ayam dan tempe.
  2. Karbohidrat, vitamin B1, B2, B3, B5, B7 bahkan vitamin C yang tidak terdapat dalam daging , ataupun tempe.
  3. Asam Folat yang tinggi sehingga mampu menyembuhkan anemia.
  4. Zat Flofastin, yang dapat menurunkan kolesterol.
  5. Zat Glucan yang mempunyai efek antioksin dan anti tumor, serta meningkatkan imunitas /kekebalan tubuh, bahkan untuk jenis jamur tertentu dapat membunuh cacing.
  6. Zat Pleuran, yang bagus untuk perawatan wajah, karena dapat mengikat air, melembabkan kulit dan sebagai anti inflamasi.
  7. Kaya serat, sehingga sangat baik untuk pencernaan. 
Sudah membaca liputan edukatif di pojok jejamuran, sudah pula narsis bersama keluarga dan sudah pula memesan menu sehat dengan jamur. Pas ya untuk mengisi akhir pekan kali ini. Selamat berkuliner dan tetap sehat dengan menu pilihan sehat saat berkuliner ya..

Salam/Manda Panda

36 comments:

  1. Salah satu tempat wisata Kuliner yang ada di Jogja... Bagi yang merasa aneh menyantap Jamur..disini akan terkesiima dengan rasa yang berbeda...

    ReplyDelete
  2. tetep sukaaaa tongseng dan satenyaaaa... dipake gadon juga maaauuuuu ^_^

    ReplyDelete
  3. Jogja banyak kuliner menarik ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa banyaaakkk... ayukkk ke siniii... ^_^ trimakasih sudah mampir yaa mak liaa...

      Delete
  4. Aaaaak mau kesini, ini dekat Borobudur ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mbaa.. sebelums ampai borobudur kalau dari arah jogja.. masih jalan magelang km 10, perempatan belok ke timur ada tulisan jejamuran.. selamat kulneran dan trimakasih sudah mampir ^_^

      Delete
  5. Tempatnya asyik y mak. Musim liburan mungkin ramai bgd ya mak

    ReplyDelete
  6. iya mak inda,, tapi mereka siap layanan,, dulu pas bukber rame juga nunggunya gak lama,, trus pas hujan mereka siap juga dengan shuttle car... sealmat kulineran akhir pekan ya mak ^_^

    ReplyDelete
  7. wah ,memang jamur itu sehat. kadang tektur jamur hamoir seperti daging, saya pernah ekcele makan sate disangka aku sate ayam ternyata sate jamur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mb tira, memang rasanya kayak daging ayam.. Makanya bisa untuk mengelabui kl mau makan sayur rasa daging, hihihihi... Trimakasih sudah mampir ^_^

      Delete
  8. Waduuh mbak... langsung laper lagi aku liat postingan ini. Aku suka jamur, tapi sayang di Batam belum nemu tempat yg jual aneka makanan olahan jamur gini...
    Oiya, dan sepertinya aku memang harus beli tongsis ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke jogjaaaaa yaaa ditunggu mb dee an.. Kalau tongsisnya wajib punya biar gak mengorbankan 1 org jadi tripod yaaa.. Wkwkwkwkwk... *_*

      Delete
    2. Iya mbak, selama ini kalo gak mau ngorbanin 1 orang buat jadi tripod biasanya cari meja, atau batu, atau apapun buat tempat kamera.. trus set timer :D :D

      Delete
    3. udah pernah juga pake joby si robot tripod, tapi kita musti lari2 pake timer juga... kalau pake tongsis lumayang ngebantu mb Dee an... ^_^

      Delete
  9. Huaaaaa.... aku juga belum sempat nulis tentang tempat ini. Jadi kangen suasananya. Apalagi waktu itu pas buka bersama, yah. Makasih ya, Ima, Mas Elton, keluarga pelancong sudah diajak makan2 enak di sini. Kami mau kok diajak, lagi. #ehhh. hehehehe. ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditungguuu lagiii yaaaaa keluarga pelancong... Mbaaa liputan yg taman sari juga blm kita aplot lhooo... Xixixixixixi... Ayuukk berburu harta karun di folder foto.... *_* misss uuu so mucchh emak syifa dan imran...

      Delete
  10. Aku jarang makan jamur. Kalo di Palembang pas makan tekwan/model baru deh ada jamur-nya. Eh tapi kemarin pas kondangan ada sup jamur, lumayaaan *lha ini komen apa sih? xixixixi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayukk cobain kl pas ke jogja ya mas... jamin ketagihan selama nggak alergi sama jamur, wkwkwkkwk ^_^ makasih sudah mampir..

      Delete
  11. Mba, lucu bgt sih Rafisqy

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa mb zahraaa.. ambil sudhu2nya Rafisqy lagi poseeee.. ^_^ nanti disampaikan salamnya ke Rafisqy ya onty zahra...

      Delete
  12. Informatif banget mbak. Aku suka sekali jamur. Kalau tahu ada rumah makan jejamuran ini, sudah dari dulu pasti aku sambangi.

    Tongsis narsis emang berguna banget ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaa.. jamur masak rumahan juga gampang yaa.. ^_^ kalau ke jogja mampir yaaa....

      Delete
  13. wah, jamur itu salah satu makanan kesukaanku, mak.
    sayang jauh di Jogja hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pas mampir ke jogja ke sini yaaa mbaaa ratnaaa... ^_^

      Delete
  14. Aku udah pernah ke sini loohhh. Enaaakkk. Bikin nagiiih. Hihi. Cuma kalau dari gedong kuning jauh, waktunya abis di jalan :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaa mb lestari di jogja juga yaaa... kapan2 bisa kopdaran ni kulineran.. ^_^ makasih yaa udah mampir...

      Delete
  15. Ini tempat yang aku cari sebetulnya saat ke Yogyakarta bareng keluarga 2 tahun yang lalu...
    Tapi gak nemu tempatnya Mak...hiks
    Do'a in bisa main lagi ke Yogya dan bisa mampir di tempat ini...
    Aku hobi banget jejamuran Mak...
    Jadi ngiler nih sekarang.....
    :-P

    ReplyDelete
    Replies
    1. mak dhona, ditunggu lagi kedatangannya di jogja yaa.. japri aja kalau ke jogja, nanti saya denahin ke sana ^_^ semoga ngiler ngiler mupeng baca artikel ini yaa... trimakaish sudah mampir *_*

      Delete
  16. kadang lewat klo pengen lewat jalan tembusan ke sekolah mbak, tapi mampirnya saya malah belum pernah haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. naahhh udah baca liputan ini, harus mampir yaaa *berasa marketingnya jejamuran niii* hihihihihi... makasih sudah mampir yaaa ^_^

      Delete
  17. Oya sudah pernah kesini. Lumayan rasanya. Itu masih baby dah narsis ihiiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mak mumpung masih kecil narsisnya... *_*

      Delete
  18. kayaknya enaaak niiih...aku suka jamuuur dan segala olahannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa cocok ni mb indah kalau pas ke jogja mampir yaaa... *_* trimakasih sudah tinggal jejak disini...

      Delete
  19. Wah, ini makanan favoritku, mak...lha wong vegetarian. Kalo ke Jogja, saya kontak ya mbak. Tak minta anter ke tekape. Hahaha...Di Surabaya juga ada resto khusus jamur, mak. Namanya O Jamur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayukkk ayukk kalau pas ke Jogja wajib mampir yaaaaaaaa.... kabar-kabariii aja kl bingungg... *_*

      Delete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D