Monday, 9 February 2015

Sarapan Pagi Mudah Berbahan Roti Tawar


Halo sahabat tamasyaku, sudah masuk di hari Senin ya.. Tentunya sederet To Do List sudah menanti untuk dikerjakan. Apapun jabatannya, kebanyakan seorang wanita memulai paginya dari dapur, seperti : menyiapkan minuman hangat, sarapan dan bekal ke sekolah/kantor. Rutinitas pagi juga terjadi di dapur manda, di catatan tamasya kali ini, kita kuliner sarapan ke dapur manda ya... 


Jaman sekarang, mencari asisten rumah tangga (ART) yang setia dan dapat dipercaya juga tidak mudah lagi. Oleh karenanya, perlu bagi kita para wanita mempersiapkan alat-alat yang praktis untuk membantu pekerjaan kita di dalam rumah. Alat-alat yang bagi keluarga kami membantu pekerjaan pagi, diantaranya :
dispenser, water heater, dan blender manual. Bersyukur menjadi istri di jaman yang serba mudah dan praktis.

Sepertinya akan menarik, ketika alat yang kami gunakan untuk membantu kegiatan rumah tangga manda (yang tanpa ART) adalah blender manual. Pasti masih ingat kan ya? Bagaimana tarif listrik sekarang ini baru "terasa" di kantong dan keluhan sering mati listrik. Bukan mati lampu ya, kalau mati lampu ya tinggal ganti lampunya, hehehehehe. Kehadiran blender manual ini memudahkan manda untuk menyelesaikan kegiatan menyiapkan sarapan atau bekal ke kantor dengan lebih mudah dan cepat.


Wisata kuliner ke dapur manda kali ini menceritakan sarapan mudah apa saja yang bisa dijadikan sebagai alternatif yang cepat dan mudah untuk disajikan kepada seluruh anggota keluarga. Beberapa bahan makanan yang harus ada salah satunya di box penyimpanan manda :
  1. Roti tawar, lengkap dengan keju, selai atau coklat.
  2. Lauk tersimpan dalam freezer : nugget dan kentang goreng.
  3. Lauk instant, seperti : abon.
  4. Lauk tersimpan di chiller : tahu, marinade ayam, ayam bungkus tepung.
  5. Oatmeal dan buah-buahan favorit kami : pisang, stroberi, dan mangga.
  6. Telur.
Seru ya bunda kalau sudah membahas tentang apa-apa yang ada di dapur. Kuliner sarapan ke dapur manda kali ini akan membahas bahan-bahan di atas untuk diproses dengan blender. Apa aja ya bunda?
  1. Roti tawar dengan keju, selai atau coklat, pastinya sajian yang paling sederhana untuk dibuat dan dijadikan bekal. Prosesnya bisa dimodifikasi dengan dipanaskan di wajan teflon dengan margarine, dipanggang menjadi roti bakar, atau langsung dimakan atau dibawa sebagai bekal.
  2. Meskipun kami masih berdua, selera sarapan kami mudah sekali bosan.. Roti tawar isi 10 lapis, kadang-kadang 2 hari sudah bosan untuk dihabiskan. Solusi manda dengan menghaluskan roti tawar yang sudah bosan dimakan dengan blender manual, tambahkan daging cincang dan telur sampai adonannya tidak terlalu padat dan tidak terlalu encer. Bumbuin dengan garam dan merica. Lalu kukus dan siap diolah menjadi bekal sebagai lauk.
  3. Ambil bahan dari freezer dan chiller lalu goreng atau panggang, seperti : nugget, ayam goreng, ayam marinade yang dipanggang, kentang goreng.
  4. Oatmeal juga enak dipakai untuk sarapan dengan menambahkan air, masak sebentar di atar api kecil, tuang ke dalam mangkuk dan tambahkan stroberi potong di atasnya. Menu sarapan ini favorit manda panda. Stroberi bisa diganti dengan buah-buahan favorit teman-teman ya.. 
  5. Dari bahan di atas, telur adalah bahan yang paling mudah untuk diolah. Dicampur bahan-bahan dadakan juga jadi, seperti : telur ceplok, telur dadar isi daun bawang, telur masak pedas, tahu telur yang favorit manda lengkap dengan sambal kecap. 
Nah, bagaimana teman-teman? Ternyata kuliner sarapan dari dapur itu mudah ya... Sehat di awali dari sarapan pagi dan memilih menu sarapan yang mudah dan praktis untuk disajikan adalah pilihan kita para ibu rumah tangga. Selamat beraktivitas sahabat tamasyaku! Semoga hari ini penuh berkah dan dimudahkan segala aktivitasnya. Aamiin.

Salam/manda

12 comments:

  1. Aku pernah nyoba oatmeal, bosan juga kalo gak ditambahi steawberry gitu. Boleh dicoba nih ^^
    TFS ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa mb sulis... jadi oatmealnya gak eneg.. sarapan segerrr apalagi setelah oatmeal dan stroberinya masuk kulkas sebentarr.. nyammiiii... selamat mencoba yaa ^_^ salam kenal...

      Delete
  2. saya dan suami belum terbiasa makan oatmeal. padahal sehat ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak lia... tapi karena lidah jogja, tetep kalau belum makan nasi masih belum bisa konsisten ni sarapan sehatnya.. hehehe.. trimakasih sudah mampir mak ^_^

      Delete
  3. Pas di sini udah pernah makan Mesli gak, Ma? Yang lebih keras dari oatmel itu? hehehe. Kesukaan anak-anakku itu. Kami dicampur susu dulu, agak lembek baru dimakan. Kalau orang sini dilembekkan pakai jus buah dan masih ditambai buah-buah segar lagi. ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa pernaahh mbaa.. musli itu kesukaan panda... sayang di jogja gak ada yang seenak di sana.. *jadi kangeennn* makasih sudah mampir ya mba iraaa....

      Delete
  4. Yummy... Makasiiii tips praktisnya ya maaak siap2 mau praktekin aaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sudah mampir mak nurul.. sudah kepikiran mau bikin sarapan apa besok pagi? ^_^

      Delete
  5. Waah, banyak info tips praktis makanan nih, bisa dicoba.
    Pernah makan oat meal, belum terbiasa saja lidah ini
    Blognya bagus mba, blogku masih sederhana

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mb tite.. semoga menginspirasi yaa.. ayukk saling blogwalking yaa.. biar semangat terusss untuk share apa yang kita ingin bagi dengan orang lain... saya jug amasih terus update upgrade belajar nii mbaa ^_^

      Delete
  6. Mba, kalo saya oatmeal sebagai pengganti nasi saat sarapan kalau laper banget.
    Jadi oatmeal plus sayur, Mba. hihihi.
    Biasanya sarapan buah, Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh mb pipit bisa bagi tipsnya oatmeal nya dimasak gimana untuk bisa dimakan bareng sayur? jenis sayurya apa saja? TFS ya mbaa.. makasih sudah mampir ^_^

      Delete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D