Thursday, 19 March 2015

Tips Berhijab Untuk Tamasya

Halo sahabat tamasyaku, kali ini ingin berbagi cerita tentang pengalaman berhijab saat bertamasya. Postingan kali ini jadi terkesan narsis karena foto modelnya diri sendiri, mohon dimaafkan yah. Berhijab atau berjilbab bagi seorang muslimah adalah sesuatu yang menyenangkan. Kenapa? Karena terlindungi apa-apa yang sebaiknya kita lindungi. Aurat bagi seorang wanita adalah seluruh tubuhnya, kecuali kedua telapak tangan dan muka. Lalu bagaimana bertamasya bagi seorang muslimah yang berjilbab?


tips memakai hijab
Jilbab Segiempat

Jalan-jalan atau piknik atau tamasya atau rekreasi atau liburan hendaknya dilakukan untuk merelakskan pikiran dan menyegarkan kembali otak agar siap refresh kembali ke rutinitas. Tamasya sendiri dilakukan bersama orang-orang yang tersayang sehingga perlu sebuah kenyamanan dalam pemilihan pakaian dan tentunya jilab atau hijab. Alternatif tempat liburan bisa di pantai, gunung, tempat bersejarah, wisata dalam kota, atau bahkan mall. Dari alternatif tempat-tempat tersebut pastinya membedakan pilihan yang akan dibawa untuk menyesuaikan dengan suhu daerah tempat tujuan. Beberapa tips ini semoga bisa membantu teman-teman dalam memilih hijab yang tepat digunakan saat bertamasya ya.. Dari foto di atas, jenis jilbab atau hijab yang manda pakai biasanya jilbab segi empat, selendang atau pashmina, topi atau hoodie, dan jilbab terusan atau kolongan.

Jilbab Segi Empat.
 
Praktis dan bisa dimodifikasi menjadi banyak model. Pilih bahan yang tidak mudah kusut, yang tidak licin dan adem dipakai. Paling aman jika membawa serta ciput atau daleman jilbab yang membuat rambut tidak keluar-keluar saat memakai jilbab. Jilbab segi empat bisa dipadu padan dengan warna pakaian apa saja (termasuk pakaian yang bercorak). Gaya berjilbab dengan jilbab segi empat bisa menyesuaikan dengan acara tamasya non formal atau formal.

tips memakai hijab
Jilbab Segi Empat

Selendang atau Pashmina.

Jenis jilbab ini sering manda pakai untuk bertamasya di daerah yang relatif dingin. Selain tentunya membawa jilbab lain, pashmina ini bisa dipakai untuk membuat lebih tebal jilbab atau untuk dipakai sebagai shawl. Jenis jilbab pashmina atau selendang ini biasanya berbahan yang halus tipis atau halus tebal. Ketika ingin menggunakan pashmina dimodifikasi, silahkan dipilih jenis yang berbahan tipis, tidak licin dan mudah menempel dengan bentuk kepala. Pashmina bisa dimodifikasi dengan daleman jilbab model topi juga lho.

tips memakai hijab
Pashmina

Topi atau hoodie.

Berhijab model topi atau hoodie biasanya manda pilih ketika bertamasya yang bener-bener tamasya. Bahan kaos yang elastis, adem saat dipakai dan siap beraksi santai di saat tamasya. Cocok banget untuk yang suka tamasya rempong, karena memakainya praktis dan cepat. Jangan salah lho yaaa... Jilbab topi juga bisa dipakai ke acara formal, asal kita pas memadu padan dengan pakaian yang kita pakai. Tentunya, daleman jilbab juga harus diperhatikan untuk dibawa ya karena leher masih bagian dari aurat. *_*

tips memakai hijab
Hijab Instant

Jilbab terusan atau kolongan

 Tetap menjadi pilihan membawa jilbab terusan untuk acara-acara santai di dalam hotel seperti bertamu atau bertemu dengan orang yang ketuk pintu (seperti : roomboy yang mengantar room service), hehehehe.. Lagian jilbab terusan berbahan adem menjadi pilihan alternatif yang simple dan praktis untuk dibawa bepergian.

tips memakai hijab
Jilbab Terusan

Ketahuan ya bagaimana mengambil gambar ala tamasyaku. ^_^ Karena hal baru dan fresh hanya kita dapatkan ketika kita keluar dari rutinitas. Dan salah satunya dengan bertamasya.

Lalu, hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih jilbab yang akan dibawa bertamasya? 

Kesesuaian tema liburan, mau di tempat panas atau di tempat dingin Kalau di tempat yang dingin, pakai bahan-bahan yang tebal dan bawa daleman jilbab (atau ciput) sehingga kepala dan leher bisa hangat. Sesuai pengalaman, membawa jenis jilbab shawl atau pashmina sangat membantu di saat liburan di tempat dingin. Kalau di tempat panas, pilih bahan jilbab yang tipis dan berbahan adem sehingga nyaman dipakai pada cuaca yang panas.Tema liburan menyesuaikan jenis bahan jilbab yang akan kita bawa.

Segi kemudahan memakai, apabila tamasya dilakukan bersama-sama pilihlah jilbab yang mudah dipakai agar orang lain tidal kesal menunggu kita memakai jilbab gara-gara salah bawa jilbab yang berbahan licin dan mudah kusut. Jika itu liburan yang sekaligus acara formal, bawa kombinasi jilbab sehingga tidak perlu membawa banyak melainkan lakukan kombinasi dalam memakai jilbab. Jenis jilbab yang bisa dengan mudah dipakai adalah topi dan jilbab terusan.

Pilihan warna dan corak. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah soal warna. Berikut beeberapa warna favorit manda yang bisa membuat wajah lebih tampak ceria, seperti : fanta fuchsia, biru sparkling, orange, hijau daun, merah marun atau merah gonjreng, Pilihan warna-warna netral juga memudahkan kita melakukan kombinasi terhadap pakaian yang kita bawa, seperti : warna nude, warna hitam, warna biru dongker, dan warna putih. Jika terpaksanya membawa jilbab yang bercorak, pilih pakaian yang mendekati polos untuk dibawa, setidaknya buat kombinasi setelan : jilbab bercorak - atasan polos - bawahan bercorak atau jilbab polos - atasan dan bawahan bercorak. Selamat mencoba memadu padan yaaa...

tips memakai hijab
Cantik dengan Hijab

Selamat bertamasya nyaman dengan hijab yang pas ya....

Salam,
manda

23 comments:

  1. cantiknyaaa...*gagal fokus hihihi...kalau aku suka yang instan kalau jjs..tapi kerudung segi empat bagus juga sih, simpel..

    ReplyDelete
  2. hihihihi mba dedew... ini gegara belum ada dana buat alokasi sewa model.. makasih yaaaa... *_*

    ReplyDelete
  3. Aku nggak pernah pakai jilbab model topi mbak. Kayaknya nggak di muka aku. Tapi ini cuma nebak aja sih, belum pernah nyoba, hahaa...
    Btw, yang favorit adalah jilbab segi empat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mb ecky sebelumnya juga nggak pernah make, tapi setelah dicoba jadi boleh lah sesekali dipakai, hihihihihi *_*

      Delete
  4. Aku punya jilbab model topi, tapi belum pernah dipakai. Itu juga dikasih orang, hihiii...
    Eh, Manda beneran lho, cantiiiiik ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mba.. ayukk dicoba jilbab topinya, sesekali modifikasi berhijab...

      Delete
  5. Sampai saat ini, jilbab segi empat dan jilbab terusan alias bergo masih tetap menjadi favoritku dalam setiap kesempatan. Dan untuk motif, aku selalu pilih yang polos, dan berwarna hitam, hehehe.. Beneran deh, gak PD aku mbak kalo kudu pake jilbab-jilbab cantik bermotif seperti yang dipake model cantik di postingan ini ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. andalan banget warna hitam mba Dee.. toss kita yaaa... *_* makasihhh....

      Delete
  6. aku masih tetep dan cinta sama Jilbab segi empat yang polos, alias gaya paris. Kalau jibab terusan aku pakai didalam rumah saja. Kalau gaya pashmina dengan gaya bulet mbulet kurang suka karena ribet. Sekarang macam model jilbab dan gaya semakin bertambah ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba zulfa.. banyak modelnya dan kadang2 udah beli gak bisa pakainya.. hihihihi...

      Delete
  7. klo saya cocoknya pake jilbab opo yo mbak ima? #dikeplak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan pake tapi beliin jilbab aja mas priyo ^_^ hihihihi...

      Delete
  8. Modelnya pasti dibayar mahal banget ini hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu-satunya yang bilang begini.. makasih yaa.. padahal alasan pake foto sendiri karena gak kuat abyar model.. hihihihihi..

      Delete
  9. kudu simpel dan gampang bongkar pasang waktu solat ya kak

    ReplyDelete
  10. blm bisa konsisten pake jilbab nih mba -___-.. Selama ini make kalo k kantor doang...tp di luar itu msh buka2 :D.. Moga2 bisa beneran make tnpa buka2 kedepannya :)

    ReplyDelete
  11. Ragam jilbabnya bikin iri mbak :D
    Bagus-bagus dan menarik. Kalo aku dikit, kalo foto jilbanya itu lagi itu lagi hahaha

    *modus minta dihadiahi jilbab*

    ReplyDelete
  12. Sekarang aku jarang pakai jilbab segi empat. Pakai jilbab instan. Apalagi klo pergi2... hehehe. ira

    ReplyDelete
  13. aku seringnya pakai kerudung instan dan segi empat mbak. biar praktis

    ReplyDelete
  14. Model hijab yang Mbak kenakan itu aku suka semua... Lebih simpel dan sederhana saat dikenakan utk beraktifitas dalam setiap kesempatan.. Entah itu ngantor, kondangan, jalan2 atau saat kita travelling...nggak ribet dan praktis...

    ReplyDelete
  15. satrianto11:42

    Wah manda cantik jadi model...setidaknya untuk artikel sendiri..hahahaha. Terima kasih panda juga sempet nongol juga di artikel ini...hehehehe

    ReplyDelete
  16. wah... mba ima cantik <3
    mau di model apa juga ttp gorgeous! :)

    ReplyDelete
  17. jilbab segi empat dan jilbab terusan ini sedang tren ya. Hmm

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D