Tuesday, 3 March 2015

Tips Liburan Saat Musim Hujan ala Tamasyaku

Hayoo siapa yang takut sama hujan? Merasa nggak nyaman begitu tahu hujan akan turun? Merasa hujan adalah gangguan? Bagaimana tetap ceria di saat perjalanan wisata kita sudah terlanjur direncanakan dan ternyata memasuki musim penghujan yang kadang tidak diprediksi? Yuk, samakan presepsi dulu dan terus positive thinking bahwa hujan adalah berkah dan hujan identik sama adem (baca : dingin). Jalan-jalan kali ini tamasyaku akan menikmati hujan di Singapura dan mengajak orang-orang tercinta dalam hidup kami. Menikmati Singapura dengan berjalan kaki dan memanfaatkan MRT. Seruuuuuu!!!


Bepergian di iklim tropis seperti Indonesia dan negara tetangganya, mewaspai bulan November Deesember Januari karena di bulan-bulan itu kemungkinan turun hujan dengan curah hujan yang tinggi. Bahkan ada kepanjangan untuk Desember (gede-gedene sumber) dan Januari (hujan sehari-hari).

Apa saja persiapannya ketika kita sudah merencanakan liburan di bulan-bulan tersebut?



  • Payung
Hujan yang tak bisa dielakkan membuat kita selalu siap sedia dengan membawa payung lipat yang siap dibuka kapan pun hujan datang dan tidak memenuhi space serta tidak berat. Keuntungan membawa payung lipat dari Indonesia ketika bepergian ke luar negeri adalah tidak membuang biaya tambahan untuk membeli payung yang harganya lumayan bisa untuk beli oleh-oleh 5 kotak coklat (25 SGD), hihihihi..

  •  Hati yang bahagia dan gembira.
Hati yang gembira adalah OBAT. Itulah mengapa persiapan wisata di bulan dimana curah hujan tinggi adalah HATI yang bahagia dan gembira. Selain mood terjaga baik dan bisa berpikir jernih tanpa emosi, kerianggembiraan dan keceriaan adalah kehangatan. Mood saat berwisata atau berlibur adalah hal utama yang dijaga. Pastikan bepergian sudah banyak membaca tentang PETA WISATA, alat TRANSPORTASI dan info tempat MAKAN.


Hati yang bahagia itu bisa dibangun dengan memberikan pengalaman-pengalaman baru dan menikmati dengan santai, sesekali duduk dan foto-foto membuat mood terjaga. Mengajak kedua orang tua berwisata di Singapura dengan menggunakan MRT dan sekalian JOGGING menuju Merlion adalah hal baru yang kami lakukan untuk menunjukkan "eropanya Asia", bismillaahh SEHAT yaaaaa...Hari pertama di Singapura dan saat masih FRESH energinya kita manfaatkan untuk berjalan sehat menuju Patung Merlion melewati Fullerton dan Cavenach Bridge.


Pemandangan saat kita jalan asriii bangeetttt... MRT yang masih kosong karena mulai berangkat dari hotel pukul 09.00 sehingga orang-orang bekerja dan anak sekolah sudah lebih awal berangkatnya. Kami semua menikmati jalan-jalan dan sesekali duduk, berfoto dan melihat betapa bersih dan teraturnya di Singapura.


Setelah melewati perjalanan yang lumayan melelahkan karena pelan dan mengajak orang tua yang usianya kepala 6 merupakan kebanggan untuk kami melihat semangat mereka dan tidak terlihat capek. Saatnya makan siang chicken rice khas Singapura yang porsinya pasti habis niii.. hihihihihi.. Sungguh sebuah kebahagiaan untuk kami berdua bisa mengajak orang-orang tercinta berlibur. Semoga akan selalu mudah untuk kami dan dimampukan memberikan senyuman di hari tua mereka. Aamiinn...


  • Cadangan Pakaian dan Kaos Kaki
Nah,, selain payung dan mood yang terjaga selalu riang gembira, hal lain yang harus diingatkan adalah membawa cadangan pakaian dan kaos kaki. Tentunya gak harus satu lemari dibawa kan ya? Mungkin berjaga-jaga membawa cadangan 1 stel pakaian dan 1 kaos kaki. Baju yang basah bisa dikeringkan ketika sudah sampai di hotel, namun untuk bisa tetap bepergian tidak mungkin menunggu bajunya kering kan? Kecuali ada hairdryer yang bisa membantu mempercepat mengeringkan baju. hihihihihi..


  • Obat-obatan
"Selalu sedia payung sebelum hujan", pepatah tersebuh bisa juga berarti payung dalam artian konotasi, yaitu : OBAT. Perlu dibawa adalah obat-obatan pribadi untuk gejala flu, demam dan pusing. Selain itu bawa juga koyo hangat kalau-kalau butuh dihangatkan tapi tidak mau bau minyak. Dan koyo adalah andalan manda mengatasi nyeri dan capek saat bertamasya. Kalau papa mama saya, bepergian begini tetap membawa seko (pemanas badan elektrik), jadi sampai di hotel mereka menyehatkan badan dengan menyeko bergantian. Unik yaaa orang tua itu .... Karena mereka kita ada dan seperti hari ini..
  • Sendal Jepit
Iniii niiii yang mau tidak mau harus nyelipp nyelipp dibawa *meskipun kadang-kadang ada sendal hotel* tapi tidak siap dipakai bepergian ke luar ruangan kalau hanya mengandalkan sendal gratisan dari hotel. Membawa sendal yang ringan dan trepes adalah hal terselip (karena masukinnya pasti paling akhir dan diselipin) yang manda selalu bawa ketika bertamasya di musim penghujan.

Demikian ya sahabat tamasyaku, beberapa tips yang bisa dicoba saat merencanakan liburan di mudim penghujan. Jangan takut sama hujan yaaaa.. Segera mencari tempat berteduh dan YAKIN bahwa hujan adalah BERKAH.

29 comments:

  1. Seru ya mbak bisa jalan-jalan ama keluarga besar gitu... karena suasananya hepi, jadi hujan pun bukan penghalang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa mb Dee An... ternyata yang terpenting adalah menjaga hati tetap dalam kondisi baik saat menghadapi hujan.. hihihihihihi..

      Delete
  2. payung, bener banget mak.. yang satu itu menurutku penting untuk musim hujan maupun panas.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiyaa yaaa.. benerrr.. pas panas juga butuh niii yaaa.. makasih sudah mampir dan salam kenal mak.. ^_^

      Delete
  3. Hihi, aku udh bbrp kali jalan pas musim hujan. Malah sempet hujan-hujanan di singapura, ngga bawa payung sih, tp asik2 aja, apa lagi anakku, malah bahagia :D betul, hujan membawa berkah, ngga boleh dikeluhkaan

    ReplyDelete
  4. iyaaaa beneeerrrr... hujan berkah yaaa... trimakasih sudah mampir.. salam kenal ^_^

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah asyik banget bisa jalan rame-rame sama keluarga. Kalau hujan gak enaknya cuma gak bisa leluasa motret aja. Kalau yang lainnya mah asyik-asyik ajah. :) ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbaaa motretnya diplastikin trus lobangnya lensa di bolong.. abis itu di pake seloti biar gak lari2 plastiknya,, huhuhuhuhuhu kesian amat yaakk.. ^_^

      Delete
  6. payung dan sandal jepit. barang wajib itu ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyeessss benerrrr mak liaaaa... kadang sendal jepit nggak senyaman kita punya kalau gak bawa sendiri, hihihihihi

      Delete
  7. Serunya bisa jalan-jalan bareng keluarga. Mau panas, mau hujan nggak masalah ya, yang penting happy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mb lianny berasa seneng,, tapi ada kawatirnya membawa orang tua takut kalau kecapekan sekarang.. ^_^ trimakasih sudah mampir..

      Delete
  8. Lihat foto-fotonya jadi sirik huhuhu. Udah lama gak liburan bareng keluarga >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sirik positifnya mas ^_ ^ semoga dimudahkan juga jalan-jalan bareng seluruh keluarga yaa.. aamiinn...

      Delete
  9. Serunga jalan2 bareng keluarga mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mb zahra.. matur nuwun *_*

      Delete
  10. Kalo aku daripada payung, mending bawa jas hujan sekalian. Hehe. Kl hujan angin ga kebasahan..*btw, ujan di singapura ganas kayak di Indonesia ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihih suka kata-kata "ganas"nya mak dibaa.. kebetulan kl di luar Indonesia, kl hujan gak sebanjir di indo.. paving road juga gak sebecek indo.. jadi sepatu gak kelelep.. *_*

      Delete
  11. Terima kasih tipsnya, mbak Ima. Jangan takut hujan yaaaa.
    Itu sdg payungan imut banget siiiih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. efek kameraaa mb Rieeenn... sengaja diimut-imutin mumpung sama orang tua, berasa anak lagi... hehehehehe *_*

      Delete
  12. hujan itu romantis loh.. apalg kalo pas diperjalanan bareng org2 tercinta.. rasa hati ttp hangat walo hawanya dingin.. hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaaa mak iprih.. tapi tetep was was kalau kalau masuk angin, hihihihi.. makasih sudah mampir yaa ^_^

      Delete
  13. Senengnya bisa jalan2 bareng keluarga, apalagi ngajak ortu :). Sehat trus ya Mak Prima biar bisa jalan2 & ngabar2 i kita hasil jalan-jalannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiiinnn aamiinnn mb vhoy.. semoga bermanfaat ya tulisannya... makasihh *_*

      Delete
  14. mikir panjang buat liburan di musim hujan ni dakuw mak ternyata seru juga yaa, asyik lagi bareng keluarga besar gituuu :*

    ReplyDelete
  15. iyaaa mb riekaa... mungkin karena blm ada anak-anak jadi nggak begitu kawatir.. *_*

    ReplyDelete
  16. Suka dengn quota ini "Hati yang bahagia itu bisa dibangun dengan memberikan pengalaman-pengalaman baru dan menikmati dengan santai" Makanya daku suka ngebolang. hehehe. Aku payung lipat selalu masuk list gembolan mbolang. kecuali pas nanjak gunung. ganti jas hujan

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbaa zulfaaa.. tosss yaaa kitaaa *tapi nunduk karena belum apa2 nii sayanya* pingiinnn one day ngebolang ke mahameru,, *mauu diajakin ke ranukumbolo* :) :)

      Delete
  17. Yeayyy...jjs sekeluarga tuh asik emang. Liburan makin hangat ya Manda, meski digempur hujan heheheheee

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D