Wednesday, 29 April 2015

Awas Konsumsi Alpukat

Halo sahabat tamasyaku, sekalian mencatat musim buah-buahan di blog ini. Bisa jadi reminder nanti kalau sedang pingin buah tertentu, hihihihi. Bulan ini di Jogja sedang musim buah duku, alpukat dan rambutan walau sudah mau habis. 

Buah duku 


Sekedar informasi, duku Palembang dijual di pinggir jalan Gejayan persis depan Jembatan Merah, Gejayan di kiri jalan kalau menuju arah Utara (rong road) sekilonya 14,000 - 17,000 rupiah. Duku yang dijual terjamin manis dan tidak menipu, karena banyak orang mencantumkan Duku Palembang tapi ternyata bukan. Buah duku memanjakan lidah kita dengan rasa manis yang khas dari duku dan unik kalau kita tergigit isinya yang pahit, maka sensainya makan buah duku menjadi TIDAK BERHENTI.

Kalau orang Jawa bilang, 

kalau berhenti pahit *artinya : jangan berhenti

Kami menyukai buah duku ini, tetapi tidak tahu vitamin apa yang dikandung buah duku ini. Untung fasilitas google memudahkan kita untuk belajar tentang yang kita ingin tahu ya.. 


Dari http://onewebid.blogspot.com, saya mendapat informasi yang saya butuhkan. Ternyata, buah duku mengandung vitamin C dan vitamin E. Oh pantas saja, karena rasa asamnya mungkin membuatnya mengandung vitamin C ya.. Dan ternyata juga memiliki sifat anti-oksidan seperti buah-buahan lain mengnadung anti-oksidan yang tinggi seperti : stroberi dan kiwi. Eh iya, dari sini pula saya jadi tahu kalau di dalam buah duku terdapat kandungan lanzones yang dapat mencegah diare hanya dengan memakan buahnya saja. Wah, jadi semakin semangat mengkonsumsi buah duku ni.. Kebayang manda panda seharian di hari minggu habis 3 kilo duku, wkwkwkwkwk..

Pembahasannya di topik ini adalah beberapa alternatif menyantap buah alpukat, tapi karena keinget si duku, maka ceritanya bergeser dikit ya.. *mohon dimaafkan*

Buah Alpukat


Siapa yang tidak kenal dengan buah alpukat?

Buah alpukat terkenal sekali dengan kandungan vitamin dan menjadi buah kontroversi. 

Bagaimana disebut sebagai buah kontroversi? Karena ada yang bilang bahwa buah ini mengandung lemak dan tidak bisa dikonsumsi bagi penderita diabetes.

ternyata, hasil googling ketemu http://www.carakhasiatmanfaat.com/ yang menuliskan bahwa Alpukat mengandung lemak baik. Di artikel ini memang dibenarkan bahwa alpukat mengandung tinggi lemak . Namun lemak tinggi pada alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal ataulemak baik ‘. Nah lemak baik ini yang akan membantu menjaga kesehatan jantung dan membantu untuk menurunkan tekanan darah. Lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam alpukat juga dapat membantu untuk membalikkan resistensi insulin yang dapat mengarah pada diabetes tipe 2.

Ternyata OH Ternyata...

 

Letak kesalahannya adalah CARA MENYANTAP BUAH ALPUKAT.

Menikmati Daging Buah Alpukat


Nah, cara yang BENAR menyantap buah ALPUKAT adalah seperti buah-buahan pada umumnya. Kupas Kulitnya dan NIKMATI buah Alpukat yang dipotong-potong seperti pepaya dan TANPA menambahkan gula atau susu.

Buah Alpukat
Buah Alpukat Mentega
Tapiiii.... untuk anak-anak masih boleh dong yaaa disantap dengan gula dan susu, karena dengan cara itulah asupan energinya baik untuk pertumbuhan anak.
 

Menikmati Alpukat Gula


Duhhh.. kalau yang ini mah favorit manda bangeettttttt... Alpukat yang dipotong-potong masukkan ke dalam gelas, tambahkan gula sedikit, lalu tumbuk dengan sendok di dalam gelas itu. Potongan buah alpukat masih ada dalam bentuk kecil ditambah manisnya gula yang bikin alpukat nyaaamm disantap selagi masih dingin *kan masuk ke kulkas sebelumnya*

buah segar tropis


Menikmati Jus Alpukat Susu


Alpukat mengandung lemak baik .

Anda mungkin pernah mendengar bahwa Anda harus menghindari alpukat karena kandungan lemaknya yang tinggi. Memang benar, alpukat mengandung tinggi lemak . Namun lemak tinggi pada alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal atau ‘ lemak baik ‘ , yang akan membantu menjaga kesehatan jantung, dan membantu untuk menurunkan tekanan darah. Lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam alpukat juga dapat membantu untuk membalikkan resistensi insulin yang dapat mengarah pada diabetes tipe 2.
- See more at: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/10-manfaat-makan-buah-alpukat-bagi-kesehatan.html#sthash.juHoW83w.dpuf

Alpukat mengandung lemak baik .

Anda mungkin pernah mendengar bahwa Anda harus menghindari alpukat karena kandungan lemaknya yang tinggi. Memang benar, alpukat mengandung tinggi lemak . Namun lemak tinggi pada alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal atau ‘ lemak baik ‘ , yang akan membantu menjaga kesehatan jantung, dan membantu untuk menurunkan tekanan darah. Lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam alpukat juga dapat membantu untuk membalikkan resistensi insulin yang dapat mengarah pada diabetes tipe 2.
- See more at: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/10-manfaat-makan-buah-alpukat-bagi-kesehatan.html#sthash.juHoW83w.dpuf

Alpukat mengandung lemak baik .

Anda mungkin pernah mendengar bahwa Anda harus menghindari alpukat karena kandungan lemaknya yang tinggi. Memang benar, alpukat mengandung tinggi lemak . Namun lemak tinggi pada alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal atau ‘ lemak baik ‘ , yang akan membantu menjaga kesehatan jantung, dan membantu untuk menurunkan tekanan darah. Lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam alpukat juga dapat membantu untuk membalikkan resistensi insulin yang dapat mengarah pada diabetes tipe 2.
- See more at: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/10-manfaat-makan-buah-alpukat-bagi-kesehatan.html#sthash.juHoW83w.dpuf
Naahh kalau yang berikut ini, kesukaan panda... Jus Alpukat ditambah taburan susu coklat diatasnya. Masuk ke kulkas dan dinikmati selagi dingin. Jadi saat nge jus Alpukat tidak pakai es, tapi air dingin aja, trus dimasukkan ke dalam kulkas, lebih nikmat deh cobain...

buah segar tropis

Masih belum mau mengkonsumsi si obat diare dan si buah kontroversi?

salam/manda

11 comments:

  1. iya, sih, gula dan susunya yang justru gak baik hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihihi iyaa mak,, ternyata makan buah alpukat juga enak yaa... ^_^

      Delete
  2. Kalau apulkat sih paling enak dibikin jus yang dicampur dengan susu cokelat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak dan kenyang ya mas fahmi... hehehehehe...

      Delete
  3. Kalo aku sukanya dikupas kulitnya, dipotong dadu, nikmati dengan sedikit taburan gula pasir, persis makan buah iris

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaahhh menikmati sehat kalau tanpa gula nih pak.. trimakasih jamuannya untuk kami siang ini di Pringsewu ya pak..

      Delete
    2. Sami-sami mba manda... smoga sehat selalu gih...

      Delete
    3. Sami-sami mba manda... smoga sehat selalu gih...

      Delete
  4. Aapun prosesnya, buah alpukal ini memang nikmat untuk di makan, apalagi dlaam keadaan dingin. Rasanya seuger banget deh Mba, boleh nambah ? ha,,, ha,, ha,,,

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Duku dan avokad sama2 kusuka. ira

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D