Saturday, 18 April 2015

Kuliner Tengkleng Gajah, Yogyakarta

Tengkleng Kambing kok Gajah

Tengkleng GAJAH, serem yaaa baca namanya, kebayang daging gajah yang dibikin tengkleng. Ternyata, tengkleng gajah itu karena porsinya yang JUMBO dan identik BESAR seperti badan gajah. Tengkleng Gajah ini sudah sejak SMA kami kenal (sekitar tahun 2000an), rasanya pun tidak berubah. Lokasi kuliner Tengkleng ini berada di Jogja Utara. Kalau dari arah selatan, masuk jalan Kaliurang masih lurus ke utara, sesudah ring road melewati gardu PLN, masih ke utara, nanti ketemu pertigaan jalan Damai masih ke utara dan sebelum traffic light Merapi View belok kanan/ke arah Timur.

Tengkleng Gajah
Tengkleng Gajah

Porsi tengkleng GAJAH memang besar, tapi ada porsi standar untuk menikmati gulai, tongseng, sate, dan tengkleng yang khas dari Tengkleng Gajah ini. Harga per porsi masih standar rumah makan di Jogja sekitar 30 ribuan. Itulah yang membuat hidup di Jogja beneran ISTIMEWA dan berhati NYAMAN.

Tengkleng Gajah
Tengkleng Gajah

Tentu saja tengkleng gajah ini ramai dikunjungi baik saat makan siang atau makan malam karena termasuk rumah makan sahabat mahasiswa, nasi putih BEBAS nambah. Nasi putih di sediakan di tempat terpisah dan mengambil sendiri dengan satu kali bayar.
Jogjakarta kan kota pelajar, banyak mahasiswa yang domisili di Jogja dan seneng banget dengan rumah makan yang NASI PUTIHnya bebas ambil. 

Menikmati tengkleng kambing yang khas aslinya dari Solo,saat mencari daging yang masih menempel di tulangnya, serta sensasi daging yang nyelip di gigi sesudahnya. Belum lagi rempongnya menikmati sumsum tulang yang kalau bukan penyuka tengkleng tentu tidak bisa menikmati.

Tengkleng Gajah
Tengkleng Gajah

Berbagi tips menikmati TULANG ala manda yaa... Tulang sumsum baik dimasak gule, tengkleng, atau sop kaki tetap hal yang asik buat manda. Sumsum tulang yang besar, sisa ambil sedotan dan masukkan ke dalam tulang dan sedot sumsumnya pakai air kuah gulai. Kalau tulangnya kecil, bisa diambil atau disogok dengan tusuk gigi atau biting yang disediakan.

Tengkleng Gajah
Minuman Segar


Minuman di atas artinya masih sadar umur niii.. hihihihihi
  • Membeli minuman dingin, yang perlu diperhatikan adalah ES BATU yang dipakai. Selama es batunya bundar dan bolong tengahnya, kemungkinan es batu dari air mentah kecil. Karena es batu tersebut memang didistribusikan oleh perusahaan es batu dan layak konsumsi.
  • Jus mentimun atau kadang es timun. Karena makanan berbahan dasar kambing memicu naiknya tekanan darah dan kolesterol, antisipasinya dengan memilih minuman penetral tekanan darah seperti es mentimun ini. Es timun ini rasanya segar dan adem di leher dan perut.
  • Jeruk nipis hangat. Minuman ini favoritnya manda panda yang memberi sensasi nggak eneg setelah menyantap kuliner yang berlemak atau ngendal.
Selamat berwisata kuliner di Yogyakarta yaa...

13 comments:

  1. wow tengkleng, sering denger tapi blum pernah nyruput, sepertinya segerrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dicoba mak gustya... *_*

      Delete
    2. Tengkleng ini memang enak sekali kok :D sensasi nyruputnya itu lho~ wauw! :D

      Delete
    3. benerrrr... hanya pecinta tulang yang bisa merasakan sensasi tengkleng, hehehehehe..

      Delete
  2. Wiih. Jadi pengen kesana. Seporsi buat rame2..banyakin ambil nasinya..*pengiritan banget. Wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mak dibaaaa hahahahahhaha >_<

      Delete
  3. wah wah wah tenglengnya yummy. pengen kesana ahh.. seneng banget sama tengkleng. Bukanya jam berapa mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. mari kita coba kuliner jogjakarta ya mak rian *_*

      Delete
  4. Wah wajib nyoba nih secara kami semua suka tengkleng, makasih infonya mak. Soal es batu tengahnya bolong gitu udah ada di Pekanbaru & Batam sejak 10th lalu ketika sy kesana. Di Jawa ini yg heran masih ngepruk2 aja hahahaaa.... jadi soal es batu ini di Jawa termasuk jadul. Apalagi yg masih pake es balok, hiiii itu kan bukan buat minum tapi buat mendinginkan ikan di pasar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. naahh benerrrrr mak lusi.. di jogja kudu ati2 kalau mau pesan es teh atau es jeruk +_+

      Delete
  5. Pernah beberapa kali lewat sana tp blm pernah mampir, kayaknya enak yaa, jadi pengen nyoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa enak mak prima.. sekalian mampir rumahku yaa deketan soalnya,, ^_^

      Delete
  6. harusnya tadi siang ke tengkleng gajah,tapi gak jadi..

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D