Thursday, 28 May 2015

Segarnya Soto Kadipiro, Yogyakarta

soto kadipiro
Soto Kadipiro

Egois itu punya informasi soto versi sayuran paling enak se-Yogyakarta baru di-review sekarang. Eh, emang soto menurut tamasyaku ada berapa versi? Ah, ini mah cuma kategori manda aja sebagai penyuka soto. Mau tahu versi soto menurut manda, yaitu :
  • soto sayuran, orang familiar nyebutnya soto ayam
  • soto sapi
  • soto sulung, ini yang khas dari madura
  • soto seger, kalau yang ini khas boyolali
  • soto kudus

Soto itu identik dengan sarapan dan makan siang, jarang banget nemu soto yang buka sampai malam. Eh enggak juga dink, soto sulung yang barengan sama sate ayam madura biasanya juga buka sampai malam dan soto kudus juga buka sampai malam. Ya udah, berarti versi manda aja kalau sarapan atau makan siang cocoknya pakai soto. Akur ya???


Entah sudah berasa lama soto kadipiro yang asli ini mulai jualan, yang saya ingat, ima kecil yang kurang lebih 30 tahun ini sudah melihat soto kadipiro itu buka. Jam bukanya kurang lebih jam 7 pagi dan sampai habis. Keren ya, sampai habis lho. Kira-kira habisnya jam berapa? Saya pernah pengalaman jam 11 siang udah habis lho. Uhhh senangnya kalau jualan laris manis, barangnya habis.

Soto kadipiro ini termasuk soto terenak yang dirindukan selain legendaris dan rasanya khas. Banyak sih cabang-cabang yang membuka di sekitarnya, mungkin keponakannya, mungkin canggahnya, mungkin tetangganya atau pernah bekerja di soto kadipiro yang asli. Yah namanya mencari rejeki, selama halal tidak usah meragukan rejeki sudah diatur kok. Iya kan? Kalau saya, memang soto kadipiro yang ada di foto atas sendiri itulah yang paling enak. Kalau bahasa Jawanya, "miroso".

Suasana Soto Kadipiro

Sebelum posting-posting makanan, anggap aja ini masih nunggu dilayani ya. Kita foto-foto dulu pemandangan khas di soto Kadipiro ini, ada kandang burung. Simbol rumah orang Jawa priyayi adalah burung dan wayang. Keduanya ada di dalam warung soto kadipiro ini. Ih, trus bau kotoran burung dong? Tenaaaangg, sangkarnya kosong kok. hehehehehe.


Dan jangan dibayangkan soto kadipiro ini sepi ya sodara-sodara. Soto Kadipiro ini sejarahnya selama saya makan di sini, gak pernah yang namanya sepi. Wajar aja kalau kita harus sabar dan mau berbagi tempat makan dengan orang lain. Maklum lah, anaknya penulis blog wisata kuliner, orang tuanya ikut narsis ya.. *_*

soto kadipiro

Monggo dikedhepin, silahkan dikedepin. *plesetan, red.
Monggo dikedhapi, silahkan dicicipi, *ini baru benarnya.

Menu soto kadipiro ini nyaaamm nyuusss banget. Satu porsi tidak cukup kalau buat manda panda, kami berdua memesan 3 mangkok soto. Artinya 1 mangkok tambahan bisa untuk berdua. Sayangnya gak bisa memilih menu soto 1,5 porsi, hehehehe. Pelengkapnya bisa memilih ayam ungkep atau perkedel. Di toples-toples juga disediakan mulai dari krupuk, rambak, peyek, sampai segala macam kletikan yang bikin berisik saat makan soto, hehehehe.

Ritual Makan Soto Ala Manda

Ritual makan soto ala manda adalah :
  1. Memfoto tampilan mangkok dan sotonya.
  2. Berdoa.
  3. Mencampur sambal dan kecap.
  4. Menambahkan tomat dan bergedel (baca : perkedel).
  5. Tangan kanan pegang peyek dan sendok bergantian.

Nah ini adalah pelengkap makan soto, yang bagian tepong adalah favoritnya panda. Ayam ungkep ini enak banget, rasanya agak manis, gurih dan pastinya ayam kampung. Entah mengapa, rasanya sah aja makan banyak kalau makan ayamnya ayam kampung.

Ati Ampela Bawang Goreng

Kalau yang ini, sudah pasti pesanan manda. Nggak tahu dari jaman jemot baheula ya pesennya mesti ati ampela diiris tambahin bawang goreng. Tahu nggak sensasi rasanya? Emmmmmm, enak bangeettttt. Paduan kecap yang dinikmati bareng potongan ati ampela dan bawang goreng itu surga dunia. *maaf ya, deskripsinya agak lebay* Nah, udah puas-puasin ya lihat fotonya sampai pingin banget. Kalau mau ke sini, ajak-ajak ya. Selamat berwisata kuliner di Jogjakarta.

Salam. Manda.


10 comments:

  1. Ati ampelanya bikin ngiler aja mba :G

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus pesen dan nyoba pokoknya ya...

      Delete
  2. Aku suka semua jenis soto... paling enak makan soto itu ditambah perasan jeruk nipis plus sambel, gak ketinggalan krupuk. Dijamin makin endang gulindang...
    Btw bagian tepong itu opo to mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tepong itu paha atas, hehehehehehe...

      Delete
  3. Saya dan Aim suka soto, kalau makan soto Aim lahap makannya. Foto-foto sotonya nampak menggiurkan sekali Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayukk keluarga biru main ke Jogja dan icip soto ini yaaaa.... ditungguuuu ya Aim...

      Delete
  4. Aku tu nggak sukanya disini aksesorisnya banyak wkwkwkk.... Sotonya cuma 1-2 mangkok per orang tapi aksesorisnya nyomot terus. Jebol dompetku tiap kesini. Tapi gimana lagi, saudara2 klo ke Jogja mintanya diantar kesini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhahaha benulll mak lusi, mulai comot perkedel sampai comot emping dan peyek, trus nyomot lagi ayam kampung ungkep yang nyusss.. hahahhahaha

      Delete
  5. Aku blm perna nyobain yg di jalan wates ini, kapan lalu nyobain yg deket bandara arah ke prambanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusss nyobain ya sini mas, ini manteepp markotooppp, bedaaa sama yang di arah bandara... *_* *berasa marketingnya soto kadipiro niii, hehhehehe

      Delete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D