Tuesday, 16 June 2015

Tips Liburan Bijak ala Tamasyaku

Perkembangan informasi dan teknologi yang semuanya mudah diakses secara online dan hanya dari sebuah kotak kecil sebesar tangan yang kita sebut gadget, apapun merknya. Terhubung secara murah dengan kartu pra bayar, pasca bayar dan sekali pakai untuk bisa mengakses segala informasi dari android. Jaman sudah berubah dan saya bersyukur menikmati era online ini sebisa mungkin mendapat informasi yang bermanfaat dan berbagi manfaat kepada sesama onliners di dunia maya (sebut : dumay).

tabungan
Cermat berfinansial!

Cermati keuangan keluarga!

Seorang manda dalam keluarga satrianto adalah direktur keuangan keluarga *lumayan mentereng ya jabatannya* Bersyukur sejak pacaran menikah, kita terbiasa mengelola keuangan berdua dengan transparan. Kalau orang jawa ada istilah "tumbu ketemu tutup", orang yang boros ketemu sama orang yang hemat, hehehehe. Kecanggihan akses internet dalam dunia keuangan dimanfaatkan oleh www.cermati.com untuk memberika informasi yang berguna bagi pembaca yang ingin mengetahui beberapa hal terkait keuangan.

Saat melihat ke webnya, saya terpesona dengan taglinenya :

Mari jadikan orang Indonesia CERMAT berfinansial!


Beberapa produk finansial bisa diakses dari sini, meliputi : kartu kredit, kredit tanpa agunan, kredit multi guna, artikel keuangan, kredit motor, tabungan, tabungan berjangka dan deposito. Entah karena emak-emak, saya langsung melihat bagian tabungan dan ingin tahu informasi apa yang bisa saya peroleh.

cermati
Produk Keuangan Tabungan

Bisa terlihat dari capture dari web cermati.com yang menyajikan informasi tabungan seperti : fitur, setoran awal, bunga dan beberapa kelebihan dari masing-masing jenis tabungan yang disediakan oleh kurang lebih 17 bank di Indonesia. Senang sekali rasanya ketika informasi-informasi seperti ini disediakan secara online dan tidak perlu mengakses dari banyak laman web masing-masing banknya. Trimakasih cermati!

Mengenal Kartu Kredit


cermati
Blog Wisata dan Kuliner

Sejak menikah, manda mulai menuliskan catatan perjalanan kami di dumay yang bisa diakses secara virtual kapan saja ketika sedang kangen dengan suasana atau mengingat kembali kenangan dan ceritanya. Hobi berwisata dan kuliner membutuhkan konsekuensi dari segi investasi, dan solusinya adalah menyisihkan sebagian penghasilan memang untuk bertamasya. Hingga akhirnya, kami sepakat untuk membuat kartu kredit khusus untuk perjalanan wisata kuliner blog www.tamasyaku.com.

Sepakat ber kartu kredit!

Keputusan ini kami ambil untuk mempermudah akses memesan hotel dan alat transportasi. Kemudahan online yang ditawarkan dari rumah yang berakses internet, membuat saya ketagihan untuk menyelesaikan pembayaran secara internet banking menggunakan token (tidak lagi ke ATM). Nah, dari ketagihan tidak keluar rumah itulah, kesepakatan berCC atau berkartu kredit kami ambil!

Nggak takut tagihan jebol sampai over limit?

Saya dulu paling takut sama kartu kredit, anggapan bahwa kartu kredit menjerumuskan orang untuk konsumtif tapi di luar kemampuannya. Dan anggapan itu yang membuat saya enggan untuk mengetahui tentang kartu kredit. Padahal, kalau kita menggunakan kartu kredit secara bijak, anggapan konsumtif itu tidak selamanya benar.

Hotel
Memesan Hotel Via Agoda

Boleh tidak setuju dengan kartu kredit. Hanya saja, kartu kredit yang dikelola akan membantu kita untuk mendapatkan harga terbaik dan diskon redeem dari Agoda. Dan selama kami bepergian ke luar negeri dan luar kota, fasilitas booking online, membayar dan mengeprint dari rumah memudahkan saat kita check in  dan menikmati perjalanan wisata.

penerbangan
Memesan Penerbangan Online

Boleh sekali lagi tidak setuju dengan kartu kredit. Untuk beberapa item pembayaran, masih ada beberapa yang menyediakan fasilitas pembayaran dengan kartu debit. Selama bisa dilakukan dengan internet banking, masih oke-oke dan akan saya kerjakan dengan senang hati.

Pingin banget share tentang pembelian tiket penerbangan dengan kartu kredit. Kalau perjalanan dilakukan untuk bersenang-senang atau tamasya, masih okelah HARUS MENABUNG dan TERENCANA! Saya buat Capslock dan Bold karena panda mendidik manda seperti ini untuk urusan tamasya. Nah, kalau perjalanan dilakukan secara mendadak karena ada saudara sakit atau meninggal, padahal kondisi cash money kita akan dipakai untuk membantu keluarga yang tertimpa musibah. Lantas solusi membeli tiket penerbangan dengan kartu kredit masih masuk dalam kategori bantuan kan ya? *mari kita CERMATI!

air asia
Membeli Tiket Penerbangan

Cara Bijak ber-Kartu Kredit ala Tamasyaku

Memilih Kartu Kredit

Nah, dari ulasan cerita kami di atas, kartu kredit yang kami sepakati adalah kartu kredit untuk travelling.

Bagaimana cara tamasyaku bijak berkartu kredit?

  • Merencanakan Liburan
Bagi kami, liburan yang perlu direncanakan adalah liburan yang membutuhkan perjalanan lebih dari 2-3 hari. Selain menyesuaikan liburan panda, juga menyesuaikan musim dan harga tiket *biasanya perjalanan liburan ke luar kota. Liburan yang kami rencanakan bukan hanya di 1 tempat, melainkan ada OPSI lain. Kenapa harus ada opsi? Untuk bahan pertimbangan dari segi KEMAMPUAN.

Bijak itu sesuai kemampuan!


  • Menyesuaikan Budget
Sudah deal dengan tempat yang akan dituju, saatnya blogwalking ke cerita teman-teman yang pernah mengunjungi tempat tersebut. Manda ni yang meng-arrange acara dan membuat ala-ala proposal ke panda *nggak usah dijilid kali* cukup tertulis : mau kemana, naik apa, kapan, budgetnya, hotel, agenda perjalanan, dan mencari kesepakatan berdua. Kalau urusan googling, sepertinya panda sudah cukup lelah dengan pekerjaannya, hehehehehe. Nah, dari blogwalking inilah saya ketemu dengan pengalaman teman-teman me-review hotel, alat transport dan pengalaman-pengalaman yang bisa menjadi bayangan seperti apa kalau saya ada di tempat itu. Kebayang mahalnya sebuah blogwalking ya..

Bijak itu taat kesepakatan!


  • Menyiapkan 2-3 bulan untuk Menabung

Cara panda mendidik saya adalah tidak grusa grusu ketika akan bertamasya ke luar, kalau hanya ke objek wisata yang masih bisa ditempuh Sabtu atau Minggu, panda mah ayuk jalan! Untuk yang membutuhkan planning, 2-3 bulan sebelumnya harus menyisihkan untuk ditabung.

Kenapa harus menabung? Karena liburan itu untuk refreshing, bukan pulang-pulang pusing karena tagihan hutang! Sepakat ya! 


Menabung itu nantinya dipakai untuk membayar pengeluaran hotel dan tiket perjalanan ketika kita memilih menggunakan kartu kredit untuk pemesanannya. Menabung juga mempersiapkan anggaran untuk transportasi, makan, membeli oleh-oleh dan tak terduga lainnya. Jadi tetep ya solusinya, menyisihkan!

  • Menggunakan Kartu Kredit
Nah, ketika sepakat menggunakan kartu kredit untuk pemesanan hotel dan tiket perjalanan. Pastikan untuk tidak eman-eman membayar sesuai tagihan yang dipakai bulan ini. Karena kadang-kadang kita tidak menyegerakan untuk membayar sebesar yang sudah kita pakai. Itulah yang membuat kartu kredit membengkak di bunga dan tagihan. Yuk, sama-sama belajar bijak menCERMATI keuangan!

Bijak itu tidak memaksakan!

 

Quote di atas, tidak memaksakan artinya ketika 2-3 bulan kita hanya bisa menyisihkan uang untuk ke tempat B (yang merupakan opsi dari tempat A), ya jangan dipaksakan untuk tetap ke tempat A.

Dengan pemikiran : "kan limitnya masih banyak dan cukup untuk terbang ke tempat A"

*hmmmm, penyakit emak-emak ni biasanya *butuh panda yang kokoh pendirian, hehehehe.

  • Membayar Sejumlah yang Dipakai Sebelum Jatuh Tempo
Sepulang dari jalan-jalan efeknya segar, seneng, refresh, pingin balik lagi ke sana, melihat foto-foto, numpuk bahan tulisan, dan jangan lupa bulan depannya membayar sejumlah tagihan yang dipakai untuk liburan bulan ini.

  • Menggunakan Promo Kartu di Lounge dan Diskonnya
Kebetulan saya memilih kartu kredit untuk travelling, jadi promo-promonya pas, seperti : lounge, diskon kuliner, diskon hotel dan manfaatkan keunggulan kartu kita untuk mendapatkan manfaat lebih!

Demikian ya cerita tamasyaku mengulas liburan bijak dengan kartu kredit! Semoga bermanfaat!

17 comments:

  1. kadang2 mikir juga pengen bikin kartu kredit gitu mbak, buat jaga-jaga. tapi entah kenapa sampai sekarang saya belum berhasil meyakinkan suami hiks...hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga di saat yang tepat bisa bersepakat mempunyai CC ya mba.. Kalau gak dipakai, aman kok...

      Delete
  2. Kalau digunakan secara bijak, kartu kredit itu bermanfaat banget yaaa....mana banyak diskonnya lagi hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba Dedew, promonya juga lumayan bagi yang langganan newsletternya.. tergantung bagaimana si empunya aja ya.. hihihihi

      Delete
  3. Aku pertama punya kartu kredit 15 tahun lalu hehehee iya aku dah tua. Ingat banget pertama kali make utk membership sportclub di sebuah hotel berbintang di Batam. Jatuhnya murah banget utk setahun, berlaku utk seluruh anggota keluarga, ditambah fasilitas handuk dan buah2an. Kalau bijak, kartu kredit bisa menguntungkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujuu mak lusiii... promo hotel berbintang dan fasilitas gym renangnya juga cakep untuk setahun.. *_*

      Delete
  4. CC banyak manfaatnya selama digunakan dengan cermat dan bijak. Aku juga pakai kok :D

    ReplyDelete
  5. pakai kartu kredit saat liburan memang asyik ya mbak, tapi harus cermat pemanfaatannya ya. Aku pakai kartu kredit untuk memanfaatkan point biasanya:)/ Salam kenal mbak terima kasih sudah mampir ke blogku ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mba lia.. bijak yang agak ketat biar gak kebobolan ya.. hihihihi..

      Delete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih udah mampir mba lia..

      Delete
  7. ternyata banyak ya kegunaan kartu kridit kalo kita cermati, aku sih belum pernah pake karena memang belum terlalu paham sama kegunaannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba devina, dulu saya juga gak paham.. selamat mencoba ya, pilih sesuai kebutuhan..

      Delete
  8. saya masih butuh CC. Apalagi buat saya yang memang masih suka sembrono. Suka lupa kalau naro uang. Tapi memang harus bijak juga penggunaannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mak kalau lupa naruh uang begitu besok maen rumah saya ya.. siapa tahu dapat angpao tinggalan, hehehe.. *_*

      Delete
  9. Belum punya kartu kredit dan masih takut bikin kartu kredit, takut pengen ini pengen itu banyak sekali mba hehehe...

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D