Sunday, 21 June 2015

Ramadhan 1436 H, Langit pun Bertasbih

Alhamdulillah, sudah memasuki hari ke-4 kami umat muslim menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1436 H. Semoga senantiasa diberi kemudahan, kelancaran, kesehatan dan kemampuan dalam beribadah di bulan yang penuh berkah ini. Aamiin.

Sumber : Fanpage Swaragama

Subhanalloh dua malam ini setiap berangkat tarawih, langitnya cantik sekali. Jogja kebetulan cerah dan bulan bintang terlihat memesona. Allohu Akbar, seraya bertasbih mengagungkan asmaNya, malam ini baru tahu bahwa bintang terang yang terlihat di langit Jogjakarta dalam dua malam ini adalah planet Jupiter dan planet Venus. Dengan mata telanjang kita bisa menyaksikan bintang tersebut begitu indah.

Langit pun ikut bertasbih di malam bulan Ramadhan 1436 H


Datangnya bulan Ramadhan sangat dinanti oleh seluruh kaum muslim di belahan dunia manapun, ada yang menunaikan ibadah puasanya dalam batas wajar 12 jam tetapi ada pula yang menjalankan ibadah puasanya hampir 21 jam. Sungguh, kemuliaan ibadah yang hanya diketahui oleh kita yang menjalankan. Selain mengendalikan diri, berpuasa melatih kita jujur karena amalan ibadah puasa hanya diketahui kita dan Alloh SWT.

To Do List Ramadhan 1436 H

Selama ini kita paling jago nih mengisi agenda kerja dengan to do list yang panjang setiap harinya mulai dari bangun tidur sampai jelang istirahat malam. Lalu bagaimana kita membuat to do list selama bulan Ramadhan? Masih di hari ke-4 dan semoga tulisan ini masih bisa bermanfaat yaaa...

  • Dzikrulloh dan membaca Al-Qur'an 
Alhamdulillah, mendengarkan ceramah salah satu ustadz tentang keutamaan bacaan astaghfirullohal'adzim, yang artinya : Aku memohon ampun kepada Alloh yang Maha Agung. Berusaha istiqomah berdzikir dengan menggunakan tasbih digital yang memudahkan kita berkonsentrasi pada lafadz dan bukan menghitung jumlahnya. Tasbih digital ini selain menyimpan memory hitungan jumlah dzikir kita, juga bisa direset untuk mengembalikan ke angka 0, sehingga mudah bagi kita untuk mengetahui dalam sehari semalam berapa astaghfirullohal'adzim kita lafadzkan.

ramadhan 1436H
Tasbih dan Al-Qur'an

Selain berdzikir kepada Alloh yang Maha Kuasa dan pemilik alam semesta ini, amalan membaca Al-Qur'an dan artinya juga merupakan amalan berpahala besar di bulan Ramadhan. Bagi-bagi tips untuk yang membaca tulisan ini, membuat target khatam Al-Qur'an di bulan Ramadhan yuk. Waktu-waktu membacanya bisa dipilih di antara waktu-waktu ini :
  1. Menunggu imsak sampai adzan subuh.
  2. Sesudah sholat wajib.
  3. Sesudah sholat dhuha dan tahajjud.
Hayoo siapa yang kalau tarawih berjamaah di masjid, pas saat kultum antara sholat Isya' dan Tarawih suka bengong dan bingung? Mendengar sayup-sayup ustadz berceramah yang kadang-kadang kalah dengan suara anak-anak yang ikut tarawih dan sound system yang kadang kurang mendukung atau bahkan materi yang mungkin tingkat tinggi. Nah, kesempatan pada saat kultum ini manda membaca terjemahan dari surah yang dibaca seharian tadi. Untuk arti yang bagus dan mengandung doa, manda beri tanda. Menyenangkan lho kalau sudah diamalkan!

  • Sahur dan Buka Puasa

Mengakhirkan sahur dan mengawalkan berbuka


Sebagai seorang manda, sahur dan buka puasa adalah dua hal yang perlu persiapan terutama dapur. Menyajikan menu sahur dan berbuka yang bervariasi *setidaknya pas di lidah dan nyaman di perut manda dan panda* Tentunya yang utama adalah mempersiapkan menu dan menyimpan bahan makanan di kulkas dan almari penyimpanan. Setidaknya sabtu dan minggu adalah hari mengisi ransum, lalu apa saja yang menjadi bahan favorit kulkas manda?
  1. Buah-buahan favorit : pisang, mangga gedong, anggur, stroberi, manggis, markisa, jambu, nanas, apel, pir.
  2. Sayuran : wortel , tomat, sawi, buncis, kangkung, loncang (daun bawang), kubis, kentang, brokoli, kol putih, terung, gambas (oyong), jipang, jagung manis, timun, cambah, cabe.
  3. Lauk : telur, daging giling, daging semur, dada ayam, rolade, kekyang, dan sosis.
  4. Lauk instant : dulu (kornet dan sarden), sekarang (nugget, abon, kripik belut, dendeng)
Nah, bahan-bahan di atas adalah bahan yang mudah sekali diolahnya, baik saat tergesa-gesa atau saat membuat menu resep mudah untuk sahur dan berbuka. Wah, manda rajin sekali ya memasak? Eits, jangan salah.. sudah menyiapkan bahan, tergantung mood juga untuk memasak, begitu tidak keburu memasak, maka delivery order ke panda adalah solusi, hehehehe..
  • Amalan Sunnah
Berusaha menyusun to do list selama bulan Ramadhan memang mudah, karena rencana tanpa eksekusi adalah tinggal rencana. Berusaha istiqomah menjalankan apa yang sudah menjadi rencana harian dan berusaha konsisten, kalau bisa bertambah baik dan bertambah banyak setiap harinya

Bisa karena biasa, biasa karena pembiasaan.


Amalan sunnah yang mudah dan bisa dikerjakan, lalu dibiasakan dikerjakan akan menjadi ringan. Yuk sama-sama saling mengingatkan untuk subuhan dan tarawih di masjid, setidaknya kita bisa mengerjakan sholat sunnah Tahiyatul Masjid. Dan menunggu waktu iqomah, kita bisa mengerjakan sunnah Qobliyah.

Ayuk semangat bangun lebih awal sebelum sahur, untuk menyempatkan sholat tahajjud dan meminta sebanyak apapun permintaan kepada Alloh SWT. In sha Alloh, YAKIN bahwa Alloh akan mengabulkan. AAMIIN.

Dan pastinya jadi semangat mandi pagi *setidaknya jam 9* untuk menunaikan sholat sunnah dhuha, bacaan doa dhuha enak banget didengarkan di you tube search : Doa Solat Dhuha (Lyric) - Unic. Dilanjutkan tadarus Al-Qur'an beberapa lembar dengan batas ruku' (tanda 'ain). Harus punya target untuk mengkhatamkan minimal 1x Al-Qur'annya yaaa...


  • Siraman Rohani
Alhamdulillah, dengan jaringan  internet indihome, streaming pengajian ustadz Yausuf Mansyur, ustadz Aa Gym, ustadz Wijayanto dan ustadz Anwar Zahid menjadi menyenangkan dan menenangkan. Mudah-mudahan online juga bisa mendatangkan kebaikan di bulan Ramadhan ini. Aamiin.

Mudah ya to do list itu dibuat, yuk mari kita eksekusi dengan kesungguhan dan kedisplinan.
Kita yang butuh Alloh, kita yang berlomba-lomba untuk masuk ke dalam syurgaNya.

Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1436H.

28 comments:

  1. Ramadhan kali ini nggak banyak target, soalnya sering kecewa sama target yang dibikin sendiri. Cukup dijalani sebaik mungkin, hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iy amba, kemarin-kemarin seringnya begitu juga,, tapi setidaknya setiap tahun lebih baik.. lancar Ramadhannya ya mba....

      Delete
  2. Oh yaa, pantes kalo pulang taraweh liat langit ada bintang yang terang banget. Apalagi cuaca pas bagus banget. Ternyata planet ini to. Subhaanallah...

    Eniwei, makasih Mak Prima udah ngingetin to do list Ramadhan-nya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mak vhoy.. iyaaa dari sini masih kliatan sampai tadi malam, di sana juga kah? semoga ibadah kita dilancarkan ya mak.. aamiinn

      Delete
  3. Aku belum punya tasbih digital Mbak..masih pakai tasbih yg biasa.. Aku juga suka merhatiin langit terang lantaran ada dua bintang bersinar sgt terang.. bisa dilihat kasat mata kan Mbak? Subhanallah ya... Kalau aku pas tarawih di masjid itu ketika ketemu imam yg baca surat2nya yg panjang2 rasanya gimana gitu..., hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tooss ya mba rita.. iyaa benerr, kalau dalam 1 solat tarwih menyelesaikan surat panjang dan kita nggak biasa, jadi kehilangan konsen, hihihihi... *_*

      Delete
  4. Semoga ramadhan tahun ini penuh berkah ya :)

    ReplyDelete
  5. Pengennya banyakin ibadah mb...tapi hari ke 3 dah bolong...dapet jatah bulanan Maks...:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat ya mba... masih bisa menjalankan ibadah yang lain selama kedatangan tamu kan... semoga sehat sehat yaa...

      Delete
  6. Naksir tasbih digitalnya, cocok buat aku yang pelupa neh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas ihwan, lebih bisa konsen palingan intip2 seringnya kebablasan.. hihihihihi

      Delete
  7. Akhir-akhir ini aku jarang buat to do list ramadan :( tapi ibadah tetap jalan sih, hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting ngejalanin ya mba ecky.. kebanyakan TDL tapi gak jalan juga sama wae.. hihihihihi

      Delete
  8. Di sini sejak awal Ramadan mendung terus dan adem. Dan malem2 jarang merhatiin lagi, hehe. Waa.... alhamdulillah sekarang dah ada tasbih digital, yah... ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. lancar puasanya ya mba di sana... sehat sehat semuanyaa... tasbih digital udah ada dijual online juga mba.. *_*

      Delete
  9. Amin, semoga tahun ini ibadahnya lancar dan penuh berkah ya :)

    Salam kenal dari KEB, sudah di follow nih blognya ya hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah follow balik ya mak... aamiinnn berkah Ramdhan kita ya mak....

      Delete
  10. Waaah nggak memperhatikan langit Jogja, habis maghrib didalam rumah semua. Terawih di mesjid juga enggak krn bapaknya LDR, nggak bagus perempuan2 jalan ke mesjid yg agak jauh tanpa pendamping muhrim. Jadi terawih & tadarusnya dirumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak lusi.. lancar ibadahnya yaaa.. selamat berkumpul nanti pas lebaran.. aamiinn...

      Delete
  11. Kalau pake tasbih digital memang lebih konsen.

    Subhanallah langitnyaaaa bagus banget.

    Mbaaak, makasih udah ngingetin to do list saat Ramadhan , yaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mak, saling ngingetin yaa,, semoga berkah Ramadhan kali ini yaa.. aamiinn

      Delete
  12. Subhanallah, ternyata itu dua planet yaa..aku heran kok terang banget bintangnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mba dedew, dengan mata telanjang bisa melihat planet itu subhanalloh...

      Delete
  13. Belum punya tasbih digital. Btw, udah difolback ya mak #KEB. http://elly-hasilmasakanku.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. done ya mak.. waaahhh blognyaa bikin laper mataaa mak elly.... *_*

      Delete
  14. Sudah difollow blognya mak, follback blog saya ya http://republiknindy.blogspot.com/ #KEB

    ReplyDelete
    Replies
    1. done ya mak... seru yaa follow followan begini.. bisa jadi mupeng mukena juga *_*

      Delete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D