Friday, 3 July 2015

Tips Serba Serbi Pisau Dapur dari Dapur Manda

Siapa sih yang nggak suka denger kata : GRATIS ? Iya, GRATIS itu berarti mendapatkan sesuatu dengan cuma-cuma. Wah, seneng ya!

Tapi tentu saja,

Buah itu bisa dipetik setelah ditanam ya.. Kalau tidak pernah menanam mana mungkin bisa memetik.


Totally agree!


Pisau Russell Hobbs

Kali ini rejekinya manda mendapatkan satu set pisau dapur dari bisnis cantik manda bersama Oriflame. Alhamdulillah, saatnya belajar macam-macam pisau biar bisa bermanfaat ini semuanya, hehehehe.


Jenis Pisau

Di bagian belakang ada beberapa tips dan penjelasan yang sekiranya nanti berguna untuk sahabat tamasyaku. Kan wisata kuliner dari dapur manda, alat utamanya : pisau, makanya perlu tahu jenis pisau, kegunaan, dan cara merawatnya ya..

Dalam satu set pisau ini, isinya : 
  • Pisau Juru Masak
  • Pisau Pahat (pisau ukir)
  • Pisau Serba Guna
  • Pisau Kupas

Udah Dipraktekin

Begini nih jadinya, kalau nggak tahu *apa-apa perlu belajar ya.. Learning lesson sore ini adalah :

  1. Pisau yang saya pakai ngiris bawang merah adalah pisau ukir. *tetot 1*
  2. Pisau yang saya pakai motong sayuran ternyata adalah pisau iris. *tetot 2*
Dari googling dan membaca sana-sini, di pas-pas kan dengan bentuk pisaunya, para pemilik satu set pisau Russell Hobbs bisa tahu kegunaannya ya..

Russell Hobbs
Pisau Serbaguna

Yang paling besar di paling kanan adalah pisau serbaguna, yang bisa digunakan untuk memotong bahan sayuran dan mememarkan bawang. Kebanyakan pisau dapur yang kita miliki adalah jenis pisau ini.

Russell Hobbs
Pisau Juru Masak

Kalau dari bentuk pisaunya, pisau juru masak di set pisau Russell Hobbs nomor 2 dari kanan ini adalah pisau fillet. Pisau jenis ini biasa digunakan untuk mem-fillet daging ayam dari tulangnya, memisahkan ikan dari duri tengahnya, membuat slice tipis daging dan membuang urat/lemat daging.

Russell Hobbs
Pisau Kupas

Sekilas bentuknya menyerupai pisau serbaguna, hanya lebih kecil ukurannya. Pisau ini terletak nomor 3 dari kanan di set pisau Russell Hobbs dan disebut pisau kupas. Beberapa sumber mengatakan bahwa pisau ini masu ke dalam kategori pisau iris. Fungsinya untuk mengupas dan mengiris ya pastinya..

Russell Hobbs
Pisau Pahat

Nah berikutnya adalah pisau yang berada di paling ujung kiri, pisau pahat. Orang kebanyakan menyebutnya pisau ukir, biasa digunakan untuk membuat finishing cantik atau membuat garnish dari timun, wortel dan tomat.

Seneng ya bisa jadi tahu macam-macam kegunaan pisau! Di dapur aja perlu belajar kan yaa...

Russell Hobbs
Gunting Dapur

Keberadaan gunting dapur juga akhirnya menggantikan gunting yang sudah menemani dapur manda dari tahun 2010 *idiihh awet yaaaa* Alhamdulillah pas rusak sebenarnya gara-gara dipakai menggunting "jambal roti" di awal Ramadhan lalu, hehehehe.

Di dalam paket bungkusan pisau Russell Hobbs ini juga ada beberapa petunjuk penting yang kadang-kadang kita suka terlewat saat memiliki pisau, diantaranya :
  1. Sebelum penggunaan pertama, cuci dengan air sabun hangat, deterjen ringan dan kain yang lembut. Lalu keringkan secara menyeluruh.
  2. Gunakan tangan yang kering saat menggunakan pisau dan gunting.
  3. Ambil dan pegang kuat pada gagang pisau.
  4. Selalu gunakan papan potong plastik atau kayu (telenan) untuk mencegah pisau menjadi tumpul atau menggores permukaan meja.
  5. Pisau harus diasah berkala untuk menjaga ketajaman pada tepi pemotongan.
  6. Jangan gunakan ujung pisau sebagai obeng atau pembuka kaleng, karena dapat merusak mata pisau.
  7. Jangan gunakan pisau untuk memotong makanan yang beku. Makanan dari freezer harus dibiarkan beberapa saat terlebih dahulu di suhu ruangan.
  8. Jangan jatuhkan pisau atau gunting.
Wah lumayan jadi tahu banyak ini... *lonjak lonjak dapat ilmu baru*

Selanjutnya terdapat pula informasi pembersihan dan penyimpanan :
  1. Pisau tidak cocok dicuci menggunakan mesin pencuci piring.
  2. Cuci pisau dengan tangan dengan busa yang lembut.
  3. Segera setelah dicuci, langsung keringkan dengan handuk dapur.  
  4. Kontak dengan air kapur atau jenis makanan tertentu mengakibatkan noda pada baja tahan karat.
  5. Jangan gunakan penggosok abrasif untuk membersihakn pisau karena menyebabkan korosi.
  6. Jangan biarkan pisau atau gunting terendam di tempat basah dalam jangka waktu yang lama.
  7.  Pisau dan gunting bisa dipoles nodanya dengan menggunakan cuka atau bahan pembersih baja tahan karat standar. Setelah dipoles segera bilang dan keringkan.
Selamat merawat pisau dapur kesayangan ya..

7 comments:

  1. wah banyak juga yaa gunting nya, apalagi bagi yang baru belajar masak, harus selalu ada tuh pisau serba gunanya :)

    ReplyDelete
  2. Saya milih satu aja deh Mak, pisau serbaguna saja... secara masak juga kurang terampil wkwkwkwkkw

    ReplyDelete
  3. Pasti tambah rajin masak ni Mak Prima ^^

    ReplyDelete
  4. Asyiknya... Pisau mah kebutuhan pokok Emak-Emak, nih... :) ira

    ReplyDelete
  5. Koleksinya komplit ya, ratu dapur nih Manda :)

    ReplyDelete
  6. Terima kasih tips merawat pisaunya mbak :)

    ReplyDelete
  7. dan set pisau punyaku masih utuh mpe sekarang

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D