Wednesday, 5 August 2015

Belanja dan Jalan-Jalan di Pantai Baron, Gunung Kidul

kulit kerang
Souvenir Laut


Tamasyaku pernah membuat tulisan tentang Pantai Baron di artikel "Indahnya Pantai Gunung Kidul, Yogyakarta", ada beberapa gambar view dan lauk ikan yang dijual di Pantai Baron ini. Kali ini ceritanya bersambung dari tulisan perjalanan tamasyaku menginap di Pantai Slili, Gunung Kidul. Karena menginap di Pantai Slili yang relatif dekat (hanya 15 menit menuju pantai Baron), kami meluangkan banyak waktu untuk jalan-jalan. Dari yang biasanya hanya beli lauk dan kemudian memilih pantai lain untuk menikmati makan siang di tepi pantai, kini kita bisa membuat liputan jalan-jalan di sekeliling Pantai Baron.

parkir pantai baron
Pelataran Parkir Masuk

Memasuki kawasan Pantai Baron, kita akan disediakan tempat parkir kendaraan yang luas, dan disambut para penjual buah-buahan yang menjual beberapa jenis buah yang tergantung musim (sirkaya) dan buah yang selalu ada yaitu pisang tanduk, pisang kapok, pisang susu dan pisang ambon. Jangan nyari pisang emas di sini yaaa karena pisang emas adanya di Kaliurang, hehehehe.. Di sini juga biasanya tersedia tempe khas Wonosari yang dibungkus daun jati, duuhhh goreng kering asin (baca : tempe garit) rasanya nyuuss bangeett..



Pasar Ikan di Tepi Pantai Baron

Pantai Baron ini merupakan pantai paling dekat jka kita bertamasya ke gugusan pantai pasir putih di Gunung Kidul. Pantai terdekat ini pula, merupakan satu-satunya pantai yang pasirnya berwarna hitam di antara seluruh gugusan pantai di Gunung Kidul yang pasirnya berwarna putih. Istimewanya lagim di Pantai Baron ini ada pertemuan antara sungai air tawar dengan laut selatan yang berair asin. Ada pertemuan air payau di sisi sebelah Barat yang bisa dimanfaatkan untuk berbilas dan bermain air yang tidak lengket. Entah mengapa, berlibur di pantai pasir putih di Yogyakarta selalu terasa lengket *berbeda dengan kebanyakan pantai di Pulau Bali.

tamasyaku.com
Souvenir Cantik

Terdengar suara penjaga pantai yang menjelaskan kondisi angin, ombak dan beberapa peringatan, sehingga membuat pantai Baron ramai *menurut telinga manda* Hiruk pikuk suara peluit, suara pengeras suara, musik membuat pantai Baron ini menjadi pantai paling ramai di antara pantai-pantai lain berikutnya di gugusan pantai di Gunung Kidul. Melewati pintu masuk, melewati rumah makan yang menyediakan masakan laut, kita juga menjumpai penjual souvenir yang bercirikan laut (dari kulit kerang dan kulit hewan laut lain). Souvenir ini termasuk yang unik dan lucu untuk dibeli sebagai oleh-oleh. Harganya juga terjangkau dan membeli banyak lebih untung *otak emak-emak*

pantai baron
Souvenir Gantung

Seumur saya melihat souvenir kayak begini dari kecil sampai tua, tep aja bawaannya pingin beli. Cuma pingin aja, selalu aja pertimbangannya mau ditaruh dimana, hehehehehe.. Selain pertimbangan tempat, kira-kira belum ada pojokan yang matching di dekorasi bersama dengan gantungan-gantungan nan cantik ini.

Souvenir Gantung

Pilihan souvenir yang banyak, mulai dari bros untuk jilbab, tempat tissue, pajangan kecil, pajangan besar, sampai pajangan gantung ada di sini. Beragam harganya, mulai dari 2,000 rupiah juga ada. Lucu-lucu dan pas kalau dibeli untuk oleh-oleh dari pantai. Kemanapun pilihan pantainya, silahkan mampir beli souvenir untuk oleh-oleh di pantai Baron yaaa..

Cinderamata Laut

Tujuan ke pantai Baron, pasti identiknya dengan makanan, ya! Disinilah surganya cemilan yang fresh from frying pan, hehehehehe. Masih hangat-hangat mulai dari ikan jambal yang digoreng tebal-tebal dan rasanya gurih enaaakk, ikan-ikan lain yang namanya nggak hafal tapi bisa dicobain lho.. Kalau kami, beli dan cocol sambal kecap udah surga bangeett untuk cemilan sehat.. Belum lagi ada wader goreng yang renyah kriyuk kriyuk favorit panda, dibuat seplastikan kecil aja doyan banget dipakai nyemil.. Nah yang merah kecil itu kepiting kecil atau lemburi yang digoreng renyah bangettttt, enaaakk! Oh iya, ketagihan sama rumput lautnya, enak banget deh!

tamasyaku.com
Aneka Gorengan dan Cemilan Laut

Inget jaman kita masih kecil ya *jaman SDku mungkin berbeda dengan SDmu*  berasa tua atau berasa muda niii,, hihihihihihi.. Jadi jaman saya SD, ada kepompong yang kalau ditiupin (baca : diababin) akan keluar dan jalan-jalan. Kepompong laut ini cangkangnya diwarnai jadinya lucu kalau dipakai piaraan. Dipiara ya bukan disiksa *catet*

Kepompong Hidup

Nah, asyik jalan-jalannya, asyik ngemilnya, asyik mejeng-mejengnya, sekarang saatnya balik ke penginapan dan nyemilin rumput laut untuk makan siang barengan sambel dan beberapa jenis ikan yang gurih rasanya. Kalau favoritnya manda, ikan jambal ya.. Ikan jambalnya jangan dibayangin ikan asin yang dijual di supermarket yaaa.. ini bedaaaaa!!!

Cobain sendiri yaaaa, silahkan berkunjung ke Pantai Baron... 


Nenteng Belanjaan Khas Pasar

12 comments:

  1. souvenirnya cantik2, mauuuu mbaaa....

    ReplyDelete
  2. ternyata sekarang sudah sebegitu ramainya ya. aku ke sini waktu kecil masih sepi

    ReplyDelete
  3. Aneka gorengan dan cemilan laut.
    Penasaran


    Hihihi
    Ketauan doyan makan

    ReplyDelete
  4. waaaa, camilan laut pasti sami suka ini dia kan pecinta kuliner pantai :)

    ReplyDelete
  5. souvenirnya lucu2 ya mak

    ReplyDelete
  6. Iwak wader, enak banget.
    Pas ke Yogya kemarin ga ke sini, huhuhuhu.
    Mbaaa, samaan SD-nya, mainan keong yang dikasih abab dulu hahhah terus keongnya nongol. Aiiiihhh :)

    ReplyDelete
  7. Sudah ke GUnung kidul, baru sampai di pantai sadranan MBak. Sjk lama pengen ke BAron belum kesampaian *hiks*

    ReplyDelete
  8. lucu-lucu deh souvenir nya hehehe

    ReplyDelete
  9. setiap ke pantai mau beli souvenir gantungan lupa mulu :(

    ReplyDelete
  10. Souvenirnya bagus2 yahh. Sayang kmaren pas saya ke gunung kidul, ga kesini.

    VONNYDU

    ReplyDelete
  11. itu souvenir dan cemilannya bkiin mupeeng, baru sekali ke Baron, kangeeen...

    ReplyDelete
  12. Beberapa kali beli sovenir gantungan ataupun kerey hasilnya cm disimpen, Baron emang paling ramai ya mak, enaknya mandi disungainya, apalagi udang gorengnya murah bingit.

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D