Wednesday, 26 August 2015

Mengurus SIM Tanpa Calo

Surat Ijin Mengemudi (SIM) bukanlah kartu bebas kecelakaan.


Mengurus SIM Tanpa Calo
Yeaaayyy, SIM Baruuuuu dan SENYUM!

Di jalan-jalan, orang berkendaraan HARUS memiliki SIM. Sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, SIM A diperuntukkan pengendara kendaraan roda empat dan SIM C diperuntukkan bagi pengendara kendaraan bermotor roda dua. Nah, memperpanjang SIM setiap LIMA TAHUN SEKALI dan sebenarnya dilema karena kadang kelamaan masa pakainya, tiba-tiba nggak sadar sudah kadaluarsa *agak ngeles*. Intinya, warga negara yang berkendaraan dan mau memperpanjang SIM bisa dikategorikan warga negara yang BAIK dan TAAT HUKUM. *kasih senyum ke diri sendiri*

Mengurus SIM Tanpa Calo
Jam Pelayanan di Satpas

Banyak orang salah paham dengan istilah Polresta dan Samsat, ternyata satuan yang bertugas mengurusi tentang perSIMan adalah SATPAS. Kepanjangan dari satpas adalah Satuan Penyelenggara Administrasi SIM. Melihat jadwal yang ada di pintu pengurusan SIM, kita harus meluangkan waktu untuk memperpanjang SIM yang hanya dibatasi sampai jam tertentu. 

Hari ini saya datang jam 8 pagi dan ternyata kronologi pengurusan SIM saya yang sudah kadaluarsa ini sedikit apes *baru sadar bahwa KTP masih di atas meja kerja panda*. Oleh karenanya, manda membuat cerita pengalaman ini agar bisa diwanti-wanti untuk yang akan mengurus perpanjangan SIM agar sudah menyiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan. Cerita apesnya nanti yaaa..

Syarat yang dibutuhkan untuk Perpanjangan SIM :

  1. KTP asli atau fotocopy, lalu disiapkan 2 lembar.
  2. SIM asli yang akan diperpanjang. BATAS KADALUARSA adalah 3 BULAN. 
  3. Surat Keterangan Sehat untuk mengurus SIM, bisa di klinik/puskesmas.
  4. Masukkan ke dalam MAP warna kuning (perpanjangan) dan biru (pembuatan baru).

Bagaimana jika terlambat perpanjangan SIM sampai lebih dari 3 bulan? Akan mengikuti PROSEDUR seperti pengurusan SIM baru, yaitu : WAJIB LULUS ujian Teori dan ujian Praktek.



Yuk, kita ikuti proses demi proses mengajukan PERPANJANGAN SIM yang ternyata MUDAH diurus sendiri.

  • Setelah melengkapi syarat yang dibutuhkan di atas (KTP, SIM, Surat Kesehatan)
  • Masuklah kita ke loket PENDAFTARAN. Di sana, kita akan diberi BLANGKO yang harus diisi. Tipsnya bawa BOLPEN SENDIRI biar tidak berebut dan mempercepat kerja kita.
Mengurus SIM Tanpa Calo
Mengisi Blangko
  • Selesai mengisi dan jangan lupa tanda tangan ya.. Kembali ke loket pendaftaran dan kita akan diberi blangko pembayaran. Segeralah kita ke BRI yang ada di samping loket.pendaftaran.
Mengurus SIM Tanpa Calo
Biaya Administrasi
  •  Setelah membayar, kembali ke loket pendaftaran dan kita bersiap dipanggil ke ruang UJIAN TEORI. *maklum kadaluarsanya lebih dari 3 bulan*
Mengurus SIM Tanpa Calo
Ujian Pakai Bolpen dan Kertas

Karena Ujian Teori hari pertama GAGAL *hiks hiks hiks* saya datang keesokan harinya untuk ujian teori ulangan. Dan di ujian teori berikutnya, saya LULUS dan mendapat ilmu berlalu lintas bersama rekan-rekan yang mengulang ujian teori. Hayooooo kalau di jalan, sudah tahu marka serong dan arti tangan polisi belum? *nunduk malu bisanya cuma nyupir*. Oh iya, untuk LULUS Ujian Teori dibutuhkan 21 jawaban BENAR dari 30 soal. Dan saat ujian teori SIM C saya benar 16 dan saat ujian teori SIM A saya benar 28, yeaaayy..

Di depan Ruang Ujian Teori

  • Setelah lulus ujian Teori, kita lanjutkan UJIAN PRAKTEK

ASRAMA POLISI YOGYAKARTA
Lokasi Ujian
Widiiwwwwww sejak di jalanan tahun 2000, baru kali ini saya mengunjungi tempat ini. Dan baru kali ini saya di UJI naik motor dan mobil. Baiklah, mari kita ujian! Tenaaannggg, bagi yang tidak membawa motor, akan dipinjami dari pihak sini, demikian pula untuk mobilnya.

Jam Layanan Ujian Praktek

Mengurus perpanjangan tidak bisa 1 hari ya, saya yang di hari pertama udah pake warna hijau berharap seger nampang di SIM, alhasil GAGAL mendapatkan SIM dalam satu hari. Untuk hari kedua ini, semoga dimudahkan! 
  • Setelah dinyatakan LULUS Ujian Praktek, kita kembali ke Satpas di Polresta Yogyakarta untuk FOTO DIRI dan proses pengambilan SIM
Ruang Foto

Menurut mitos orang tua, foto SIM itu nggak boleh senyum. Saya pingin ah bikin SIM yang kayak senyum. Tanyalah saya ke pak polisi,

"Pak, kalau foto SIM boleh tidak ya senyum?"
"Ya boleh mbak, kalau perempuan kebanyakan senyum kok"

Baiklah, harus PD yaaaa kalau mau senyum di depan kamera bapak polisi.... dan ciiisssss *_*

12 comments:

  1. Sabar, mbak Ima.. yuk yuk sini.. kita ngemil dan ngupi-ngupi dulu... ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa niii,,, antriannya WOW .... *_*

      Delete
  2. Wah lama banget ya manda, aku kebiasaan di sim keliling antri aja paling 30 menit dan semua selesaaiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. maakkk SIMku kadaluarsa kabeehh, nggak bisa di sim keliling :D :D :D

      Delete
  3. Gak perpanjangan di Sim Corner JCM aja to Mak? Kalo bete, lumayan ada hiburannya. :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. besok lagi gak telat lama mak Noni biar bisa perpanjangan di JCM dan jalan-jalan sekalian yaaa... *_*

      Delete
  4. Perpnjangan SIM pke ujian ya mb skrng? Punyaku abis taon dpn. Perpanjangan kmrn...aku urus sendiri juga krn mesti mutasi. Pengalaman pas nyari SIM dulu....kayaknya mmng gitu....ga bakalan lolos klo ga nyogok. Lulus di tulis, pasti gagal di praktek..... Akhirnya menggiring masyarakat tuk ambil jalan pintas. Kita mau tertib, sesuai prosedur, tp dipersulit.... Salahnya siapa coba? Teorinya aja mb...bebas KKN....prKteknya..sama aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba sulis,, semoga segera ada kebijakan yang sekiranya memudahkan kita semua untuk tertib hukum dengan membuat SIM yaaa...

      Delete
  5. Sebenarnya perpanjangan SIM tidak memakan waktu lama. Apalagi di kantor polrestanya langsung. Aku baru bulan Juni kemarin perpanjang SIM. Hanya 45 menit selesai.

    Bagi yang ingin perpanjang, perlu tahu apa saja yang mesti dibawa supaya sampai di tempatnya nggak bolak balik menyiapkan keperluan. 5 lembar FC KTP. SIM asli yang lama. Itu aja.

    Kalo yang kemarin aku alami seperti ini mbak:

    1. Datang, daftar, dapat nomor antrian, menyerahkan FC KTP + SIM asli
    2. Cek kesehatan (cek tensi, ukur tinggi, timbang badan) Rp 25.000
    3. Bayar Asuransi Rp 50.000
    4. Mengisi formulir (data diri) + menjawab beberapa pertanyaan tertulis
    5. Bayar SIM Rp 80.000
    6. Foto Rp 30.000
    7. Ambil SIM baru
    8. Selesai

    Semua dilakukan di satu tempat, tapi beda-beda ruang kecuali tempat pembayaran.
    Kalo datang pagi masih sepi. Kalo datang jam 9, bakal ramai dan antrinya lama. Tapi ga pernah ada yang harus datang besok atau lusa. Semua kelar dalam hari itu juga.


    ReplyDelete
    Replies
    1. di Jogja butuhnya 2 lembar aja mba Rien, nggak ada asuransi, dan nggak ada biaya foto jugak.. Lebih murah di jogja yaa.. Oh iya, kalau belum telat emang enak bisa cepet.. Kalau sudah telat 3 bulan, musti ujian sekarang..

      Delete
  6. Dan diriku nggak lolos ujian praktek SIM A, sampai sekarang nggak berani wus wus pakai mobil. kemarin perpanjangan SIM C, bisa, mesti telat setahun :)

    ReplyDelete
  7. kmrn aku ga lolos di ujian praktik.. ntah apa salahkuu huhuuu..
    tp skrg sih udh lolos

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D