Wednesday, 19 August 2015

Aneka Lomba Tujuh Belasan

"Tujuh belas Agustus tahun empat lima"


17
Tujuh Belasan Satu RT

Potongan lirik di atas pasti tahu yaa... Yap benar, potongan lirik lagu kemerdekaan Republik Indonesia..

Kalau di tempat tinggal saya, bulan Agustus selalu identik dengan beberapa hal sebagai berikut :
  • Bendera merah putih berkibar.
  • Umbul-umbul dipasang meriah.
  • Lingkungan hunian dan jalan yang mendadak bersih.
  • Halo halo terdengar mengumumkan lomba-lomba mulai awal bulan.
  • Warga kompak menyambut kemerdekaan.
Bagaimana di lingkunganmu?


Silaturahmi Satu RT


Ya, hari kemerdekaan kita jatuh pada bulan Agustus. Sudah menjadi tradisi merayakan hari kemerdekaan dengan kemeriahan lomba tujuhbelasan dan diakhiri dengan malam tirakatan dan upacara. Kurang lebih 20 tahun saya mulai paham tentang merayakan kemerdekaan Republik Indonesia yang tiap tahun berganti dan penuh modifikasi.

balon pesta
Balon Warna Warni


Kemeriahan pesta rakyat disimbolkan layaknya pesta yang harus dipersiapkan. Salah satu perlengkapan pesta yang menyimbolkan kemeriahan adalah balon yang warna-warni. Balon juga merupakan salah satu alat yang bisa dipergunakan untuk merancang lomba 17an. Jaman saya SD, lomba tujuhbelasan yang berkesan adalah lomba balap karung, lomba memasukkan sedotan/bolpen ke dalam botol, lomba kipas balon, dan lomba kelereng. Kalau untuk remaja dan dewasa, lomba-lomba dalam rangak tujuh belas agustus adalah sepak bola daster, perang bantal, ambil koin dan panjat pinang.

kemerdekaan RI
Aneka Lomba 17an

Tentunya, lomba-lomba yang diadakan dalam rangka memeriahkan keceriaan hari kemerdekaan diharapkan mampu membuat warga masyarakat suatu lingkungan menjadi guyup rukun dan sesekali berkumpul dalam suasana yang ceria. Dalam setiap lomba yang diadakan, serunya bukan di besar kecilnya hadiah, melainkan rasa memiliki dengan menghangatkan dan mengakrabkan sesama tetangga di suatu wilayah. Terutama yang tinggal di wilayah kompleks, dimana warga bertemu bisa satu bulan sekali hanya pada saat arisan RT (itupun kalau bisa datang karena waktunya yang sore hari).

Kumpul Warga

Seiring perkembangan IT, kebayang ya besok-besok kita nggak menemukan lagi lomba 17an yang sudah menjadi tradisi, melainkan ketemu lomba 17an melalui banyak-banyakan like di media sosial atau aneka permainan yang dimainkan online dan hadiah bagi pemenangnya dikirim via pos. Semoga saja tidak terjadi sehingga interaksi antar manusia justru menjadi lebih akrab dan dekat dengan difasilitasi oleh kecanggihan teknologi.

Ibu-ibu Bapak-bapak

Ah, ini mah wisata tradisinya jadi ngelantur kemana-mana, lanjut yukkk...

Di lingkungan perumahan kami, kategori lomba dibagi menjadi anak-anak, dewasa dan orang tua. Berbagai macam lomba yang diusulkan muda-mudi di RT kami, diantaranya :
  • Lomba kipas balon
  • Lomba makan kerupuk
  • Lomba memasukkan bolpen ke dalam botol
  • Lomba memasukkan benang ke jarum
Memasukkan Benang ke Dalam Jarum

  • Lomba ambil coin dalam terong yang diberi mentega arang
Terung Kecap

Melihat seru-seruan dari bahan yang tidak berbahaya, seperti mengambil koin yang diselipkan ke dalam terung yang sudah diolesin dengan mentega dan arang. Pemuda-pemuda di RT kami yang before after nya bisa bikin para penonton ngakak dan sejenak refreshing melihat anak-anak mereka coreng moreng.
  • Lomba merias pasangan
Merias Pasangan

Kalau wanita bersolek itu hal yang biasa, namun kadang-kadang yang menurut wanita cantik, menurut laki-laki belum tentu lho. Buktinya, saat para bapak merias ibu, apa yang terjadi?

Wajah lebih coreng moreng, lipstik lebih menor, blush on yang terlalu pink, dan pinsil alis yang ketebelan digambar tidak sejajar.

Ternyata selera bapak-bapak hanya seperti itu kok, so tidak perlu menuntut diri merias berlebihan ya.. wkwkwkwkwkwk..

Tapi juga sekaligus pelajaran ni buat bapak-bapak, bahwa dandan yang kita lakukan dan sering dikomplain kelamaan, itu karena "dandan tidak mudah". *asik asik bisa nyari pembelaan*
  • Lomba balon tepung


Yuk kita lestarikan tradisi merayakan tujuh belasan di tempat masing-masing, hanya setahun sekali kok...

1 comment:

  1. Hari ini tempatku ditutup dengn jalan santai berhadiah :D

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D