Monday, 28 September 2015

Soto Mbok Djinten, Condong Catur, Yogyakarta

Soto Seger ala Mbok Djinten

Pagi-pagi yang sebenarnya tidak terlalu dingin di kota Yogyakarta, tapi entahlah, soto hangat selalu identik dengan sarapan pagi yang maknyus. Di Yogyakarta, banyak sekali tempat makan soto yang menjadi favorit manda, seperti : soto Kadipiro, soto Sulung, soto Soleh, soto Mustofa, soto Kudus dan aneka soto seger. Tentunya beragam jenis soto memiliki rasa dan ciri khas tersendiri. Kali ini tamasyaku membahas tentang soto seger ala mbok Djinten yang jam 7 pagi sudah ramai disambangi oleh ibu-ibu dan bapak-bapak yang membeli sarapan segar.

Telur Puyuh Bacem

Kolesterol adanya di laboratorium, selama kulineran di tempat makan nggak dijumpai kolesterol. *ngeles

Soto seger rasanya gurih dan disebut soto seger karena kuahnya tidak terlalu berempah. Karena kuahnya bening dan sayuran di atasnya juga tidak terlalu banyak *seperti makan nasi pakai kuah soto* , maka butuh makanan manis yang mendampingi.
Salah satunya seperti foto telur puyuh bacem yang famous disebutnya sate telur. Cara membuatnya mudah banget, telur puyuh direbus, dikupas kulitnya, dimasak semur/bacem intinya masakan manis berkuah kecap, tunggu sampai airnya menyusut dan telur berwarna kecoklatan, lalu tusuk dengan tusukan sate. Sudah bisa disantap di rumah sebagai lauk pelengkap atau cemilan kesukaan anak-anak yang proteinnya tinggi.

Waduh, ceritanya malah resep membuat telur puyuh ni.. Maklum terbawa suasana dapur dan maklum juga seneng kalau bisa berbagi resep sederhana dan mudah untuk dicoba. Next ya, lanjut mengintip menu manis pendamping dari soto seger ala mbok Djinten ini.

Sate uritan

Nyaaamm,,, jelas nggak bisa nolak, kalau di piring tinggal 3, kemungkinan habis dilalap manda panda dan paroan manda panda, hihihihi. Sate uritan yang dimasak manis, dan tekstur yang lunak dari bahan uritan ayam. *glek nelan ludah sendiri.

Tempe Goreng Kremes

Manda menyebutnya tempe fenomenal, karena kalau nggak pagi nggak kebagian ni tempe. Tempe goreng tipis yang rasanya renyah. Seperti makan kripik tempe tapi agak tebal potongannya. Bikin sendiri kok ya belum bisa, makanya nggak bisa cerita resepnya.

Sate Ati Ampela

Wiiidiiiwwww, soto segernya emang murah, tapi makanan pendampingnya yang membuat mupeng mata dan lidah untuk dicomot dari piring sajiannya ke mangkuk soto kita. Ah beginilah nasibnya kalau masih pagi jajan soto dan menunya masih komplit.

Perkedel Kentang

Menu favorit manda untuk membuat kuah lebih keruh dan terasa lebih gurih. Entah kenapa, di soto Kadipiro dan soto Seger, manda selalu melumat perkedel kentang di kuah soto biar agak keruh dan lebih nyammi rasanya *bisa dicoba yaaa..

Soto Pedas

Taraaaa.. mari kita sarapan.. Soto seger ala mbok Djinten sudah tersaji di atas meja di depan manda. Saatnya meramu rasa soto ala manda, tambahkan sambal, kecap, jeruk dan perkedel. Dicicip lagi, milih menu pendamping, dan menyantap soto seger dengan riang gembira.


Harga satu mangkuk soro seger ala mbok Djinten ini masih standar sarapan di Jogja, soto ayam 6,000 rupiah dan sate-sate pendukungnya masih di bawah 5,000 rupiah. Seru ya sarapan murah tapi meriah!

Kalau sedang berkunjung ke Jogjakarta, silahkan mampir ke soto seger dimanapun dia berada ya!


13 comments:

  1. wah, kalau telur puyuh bacem sih favorit saya :9

    ReplyDelete
  2. kuahnya bening yak, kayaknya segeeerre, aduuhh mantb manteb,

    ReplyDelete
  3. Murah meriah ya mbaa, aku biasanya soto sama tempe goreng aja cukup, tapi tempenya ga cukup satuu hihiii

    ReplyDelete
  4. Pantes laris.. Harganya bersahabat ;)

    ReplyDelete
  5. solo ama jogja ini emg fav sarapannya soto seger ya mba :).. Tiap mudik k solo, sarapanku pun slalu soto... tp memang sih, yg paling diincer itu malah pendampingnya ;p... lbh enak2 hahahah...dan lbh ga sehat ;p

    ReplyDelete
  6. Aduuuh.. jadi pengen makan soto pake uritan gitu, mbak...

    ReplyDelete
  7. Ah..bikin laper mak, COncate sebelah endi mak cantik

    ReplyDelete
  8. Saya juga udah nyicipin warung ini, enak sotonya, ulasannya juga udah nangkring di jogjaready.com. :) paling suka tempe garitnya yg krispy...

    ReplyDelete
  9. sotonya sih aman ya mba, pendampingnya ituuu ngga cukup kalau cuma satu hihihi...aku paling ngga tahan sama kerang hiks hiks...

    ReplyDelete
  10. wah2 mau donk ati ampelanya, iki aku mau diajaaaakkk

    ReplyDelete
  11. muraaaaaaaaaaae.... ndek sini ndak ada harga segituuu huhuhu

    ReplyDelete
  12. Sueger banget pagi2 makan soto. Apalagi ada macem2 pendampingnya. Slurrrp

    ReplyDelete
  13. Wkwkwkw. iki mah depan kost aku...

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D