Wednesday, 9 September 2015

Tips Cara Memasak Telur Supaya Cantik

Rice Cooker

Hayooo siapa yang tidak bersyukur hidup di era yang apa-apa mudah? Bersyukur yuk, dikasih kemudahan menanak nasi tinggal KLIK dan udah mateng aja. Kebayang kalau jaman nenek saya dulu masih pake ketel *walaupun suka masih kangen makan nasi yang tanek pake ketel* , yang intipnya nasi masih bisa diolah menjadi sesuatu yang enak banget kalau digoreng kasih gula jawa cair, nyaamm... #eh

Sebelum gagal paham ke makan lagi, yuk kita bahas topik kali ini tentang cara manda memanfaatkan rice cooker tidak hanya untuk menanak nasi. Apapun merek rice cooker nya, semua pasti ada fasilitas COOK dan WARMnya. Fungsi COOK digunakan saat beras dan air akan dimasak menjadi nasi, sedangkan fasilitas WARM untuk menjaga nasi agar tetap hangat.

Kali ini wisatanya ke dapur manda yaa.. Saya mau berbagi tips sederhana di dapur, utamanya yang berhubungan dengan telur. Pasti tahu kan ya, telur ayam kampung mengandung protein yang baik untuk tubuh. Bentuknya yang imut membuat telur ini bisa tinggal lep untuk porsi makan dewasa, hehehehehe..

Tips Mematangkan Telur



#Siapkan air panas dalam wadah

Terinspirasi sewaktu membeli sarapan di Singapura, mereka menyajikan telur rebus hanya dari gelas aluminium yang diisi air panas, telur dimasukkan dan ditutup gelasnya pakai tatakan. Dan ternyata ... Wuiihhh telurnya matang dan bisa sesuai selera. Mau setengah matang kuningannya atau matang well done. Dari pengalaman itulah, manda tidak lagi merebus di atas api menyala kalau merebus telur. Cukup didihkan air di dalam panci, lalu masukkan telur yang akan dimatangkan, dan tutupi panci tersebut kurang lebih 15 - 20 menit untuk bisa matang sempurna.

Tentunya, jumlah telur yang dimatangkan juga dikira-kira. Kalau airnya cuma 3 gelas untuk mematangkan 6 telur ya mustahil bisa matang. Telur-telur itu menyerap panas dari air dan otomatis kalau jumlahnya banyak, maka panas yang diserap masing-masing telur hanya sedikit. Alhasil, telur jadi tidak matang semua.

#Gunakan Rice Cooker


Kalau rice cooker mode WARM mengalirkan uap panas, berarti bisa dong dipakai untuk mematangkan telur. Cara pertama yang saya lakukan adalah menanak nasi dan sekaligus mematangkan telur di atasnya dengan menggunakan wadah stainless. Ternyata berhasil, nasinya matang dan telurnya juga matang. Waktu memasaknya juga relatif tidak lama *kalau tergesa-gesa malah nggak akan matang* hehehehe.

Nah, cara kedua perlu ni di coba, nasi sudah matang dan mode rice cooker warm. Saya lakukan hal yang sama dan ternyata waktu matangnya telur sedikit lebih lama daripada sewaktu dimasak dengan mode COOK bersama-sama dengan beras dan air.

Nah, kedua cara tersebut bisa dicoba untuk mematangkan telur yaaa...

Siapa yang kalau mengupas telur selalu nggak rapi?

Saya juga tunjuk jari sebelum ketemu caranya. Begitu telur matang, segera celupkan ke dalam air es (bukan air biasa). Kalau kebetulan nggak punya es atau sayang air matangnya dibuang-buang, ya udah siapkan baskom isi air mentah, masukkan ke freezer sebentar bersamaan dengan mematangkan telur. Sesudah kurang lebih 15-20 menit, ambil telur dari panci/rice cooker rendam sebentar ke air es tadi.

Semoga berhasil ya membuat telur rebus yang cantik.

5 comments:

  1. Owh, cuma dimasukin ke air panas bisa ya Mak? Biasanya kalo ngrebus telur, aku masukin air ke panci terus telur baru ditaruh diatas kompor hihihi. Bolehlah dicoba. Itung2 ngirit gas xixixixi

    ReplyDelete
  2. Aku masih ngrebus krn buru2 terus. Harus insyaf nih, hemat energi :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran mak lusi, saya juga setelah tahu masaknya cuma begini jadi keterusan.. sedih aja tahunya nggak dulu-dulu, hehehehe.. selamat mencoba yaa..

      Delete
  3. Aish gampang banget hahaha

    ReplyDelete
  4. aku biasanya tak kasih air biasa, dan belepotan semua telurnya waktu dikupas.
    ternyata gampang bangat ya masak telur.

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D