Wednesday, 4 November 2015

Kuliner Murah dan Sehat, Lotek dan Gado-Gado

Lotek Teteg

Suatu siang di kota Yogyakarta, tepatnya di daerah Baciro, Yogyakarta. Lotek Teteg yang sudah melegenda sejak saya masih remaja belia. Racikan olahan kacang yang dipadu dengan sayuran yang khas rasanya, membuat lotek dan gado-gado menjadi salah satu kuliner sehat yang bisa masuk ke perut manda. Kuliner lotek dan gado-gado menjadi pilihan kuliner sayuran yang murah. Porsi jumbo dari lotek dan gado-gado dengan komposisi kupat (baca : ketupat), sayuran, dan gorengan cukup membuat perut tahan kenyangnya sampai makan malam. Keunggulan makan serat kan memang begitu, awet kenyangnya karena makan sayuran banyak mengandung serat.



Menu Lotek dan Gado-Gado Teteg

Makan siang sehat di Jogja dengan menu lotek dan gado-gado yang daftar menunya bikin kantong berasa penuh terus ya. Biaya makan sehat dengan lotek dan gado-gado yang porsi cuma 15,000 rupiah tentunya bikin ngiler orang-orang yang tinggal di ibukota ya? hehehehehe.. Lotek dan gado-gado teteg yang fenomenal ini memang sudah dikenal masyarakat Jogja dan selalu ramai dikunjungi oleh pelangganya. Bisa jadi karena enaknya, bisa jadi karena murahnya, bisa jadi karena kuliner sehatnya, bisa jadi karena porsinya, bisa jadi karena letaknya di dekat pusat kantor pemerintahan kota Yogyakarta (baca : timoho, balaikota). Penasaran seberapa besar cobek untuk membuat lotek di lotek teteg ini?


Cobek Raksasa


Lotek Gado-gado Teteg ini terkenal karena letaknya di samping teteg (baca : palang pintu kereta api). Letaknya memang di samping rel kereta api dan dekat dengan stasiun Lempuyangan. Bagi sahabat tamasyaku yang belum pernah menyantap lotek dan gado-gado, berikut deskripsinya.


Lotek Teteg

Lotek berisi sayuran matang dan sayuran mentah yang dicampur ke dalam bumbu kacang dengan daun jeruk purut yang khas membuat bumbu lotek yang dicampurkan menjadi khas. Sayuran matangnya berupa bayam dan kacang panjang. Sayuran mentahnya bisa irisan kubis, tomat dan mentimun. Sebenernya bisa lho bikin bumbu lotek sendiri dengan campuran : kacang tanah, bawang putih, cabe sesuai selera, kencur, daun jeruk, dan air asem sedikit. Tambahan bakwan, tahu dan tempe yang dipotong-potong serta kupat membuat lotek menjadi kenyang disantap di siang hari.

Gado-Gado

Gado-Gado berisi sayuran matang berupa kentang dan tahu, serta sayuran mentah berupa kubis, tomat, timun, slada, dan telur rebus. Gado-gado menggunakan bumbu kacang yang tidak sepekat lotek dan tidak ada daun jeruk purutnya. Pedasnya gado-gado ditambah dengan sambal yang terpisah serta enak ditambahi kecap *seperti bumbu siomay. Taburan krupuk dan emping membuat gado-gado terasa lebih enak dan nyus.


Gorengan

Gorengan ini biasanya digunakan untuk lauk pelengkap atau bisa jadi sebagai camilan sebelum pesanan lotek dan gado-gado datang. Isi gorengannya standarm ada bakwan, tempe, tahu dan pisang goreng. Yap benar, awas kolesterol ya.. hehehehehe..


Minuman

Kali ini kami bertiga memilih menu gado-gado dan lotek serta minumannya jeruk hangat dan tape hangat. Nyussss dinikmati siang hari dengan porsi yang jumbo. Selamat kuliner sehat di Jogja!

Makan Siang Syantik

5 comments:

  1. Kami sekeluarga senang banget makan olahan kacang. Pokoknya kalau ada bumbu kacangnya, kayak gado2, somay, pecel, tahu bumbu, pasti deh laris manis. ira

    ReplyDelete
  2. Mbak....itu cobekannya kayu atau batu? Bagus cobeknya

    ReplyDelete
  3. sayur wae saiki larang yaaa :(

    ReplyDelete
  4. Lotek senang banget mbak. Tiap kali ke Jogya selalu makan Lotek. Serignnya makan yang dekat sama kampus UGM, ntah lupa namanya tapi memang rame dan super enak. rasa gado gadonya juga beda.

    ReplyDelete
  5. Sopo kui ada dua gadis melu eksis hmm :p

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D