Thursday, 17 December 2015

PGN Anti Korupsi - Komitmen PGN dalam Menambah Pelanggan Rumah Tangga Semakin Menjadi

PGN Anti Korupsi - Satu-satunya badan usaha penyalur gas bumi di Indonesia adalah Perusahaan Gas Negara atau biasa disingkat dengan PGN. Perusahaan milik negara tersebut saat ini melayani penyaluran gas ke masyarakat umum dan melayani kebutuhan usaha kecil dan menengah, mode transportasi dan pembangkit listrik serta sektor komersial besar seperti supermarket dan rumah sakit. Namun, rumah tangga masih menjadi pelanggan terbesar dari perusahaan negara tersebut. Meskipun sektor rumah tangga masih menempati jumlah pelanggan yang paling banyak, namun penyaluran sambungan rumah tangga yang baru-baru ini sedang digencarkan PGN masih belum merambah keseluruh penjuru Indonesia.

Dan saat ini Badan Usaha Milik Negera tersebut sedang berkomitmen untuk menyebar luaskan sambungan rumah tangga tersebut dengan berbagai langkah matang yang telah mereka rencanakan. Cara pertama yang mereka tempuh untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak adalah dengan berusaha mengembangkan jaringan gas untuk rumah tangga secara mandiri. Yang artinya mengenai masalah modal, investasi dan lain sebagainya akan menggunakan dana dari perusahaan sendiri. Direktur Utama PGN, Hendi Prio Santoso menjelaskan bahwa sistem tersebut telah berlaku dibeberapa wilayah di Indonesia seperti Sumatera Utara dan Selatan, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, dan juga Kepulauan Riau. 


Jumlahnya pun sudah cukup banyak yaitu mencapai angka seratus ribu lebih sambungan rumah tangga. Dan untuk saat ini, PGN tengah fokus dalam memperluas jaringan tersebut pada wilayah baru dan wilayah eksisting yang masih belum terjamah jaringan ini. Dalam upayanya mengembangkan jaringan sendiri, PGN bukan hanya menggunakan gas bumi dari pipa-pipa PGN saja yang telah tersambung pada sumber gas bumi yang ada di perut bumi, namun mereka juga tengah membuat pioneering berbentuk clustering CNG. 

Salah satu daerah yang sudah menjalankan sistem ini adalah Semarang, Jateng. Dalam prakteknya, gas yang disalurkan ke pelanggan rumah tangga dengan bentuk CNG diangkut dari Jawa Timur dengan menggunakan truk. Dan cara lain yang PGN lakukan untuk memperluas jaringan adalah dengan terus bekerjasama dengan Kementerian ESDM.

5 comments:

  1. Semoga tak ada lagi korupsi dinegri ini yaaa

    ReplyDelete
  2. Indonesia harus bersih korupsi , tapi generasi skrang akeh seng korupsi wkwkw :v terus pie solusine..? :3

    ReplyDelete
  3. mbak iparku kerja di PGN, katanya klo untuk gas yang bisa dialirkan dengan sambungan rumah tangga harus di tempat yang gak terlalu jauh dari sumber gas alamnya

    ReplyDelete
  4. di papua ga ada gas hiks...

    ReplyDelete
  5. Udah ada di rusunawa deket rumah, mba. Gasnya jadi kaya sistem Air Pam gitu..

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D