Saturday, 13 February 2016

Apa Itu Breadcrumb?

PT. Markaindo Selaras

Kebutuhan bahan makanan olahan di dapur orang yang hidup di jaman modern menuntut kita lebih selektif dalam memilih produk olahan yang banyak tersedia di pasaran. Bahan makanan olahan yang akan dipakai dalam campuran memasak membuat masakan yang biasa menjadi istimewa. Seperti apa contoh bahan makanan olahan yang bisa membuat citarasa masakan rumahan jadi istimewa? Kalau di dapur manda, salah satunya penambahan sosis dan nugget yang membuat masakan biasa jadi bercitarasa restoran.

Keberadaan cemilan-cemilan yang disulap dari bahan makanan olahan seperti sosis bakar juga turut andil bagi ibu rumah tangga untuk bisa menyajikan cemilan sehat untuk keluarganya seperti yang dijumpai diluaran. Keberadaan sosis dan nugget menjadi senjata ibu rumah tangga yang sampai saat ini mujarab untuk membuat keluarganya betah menikmati cemilan di rumah.


Salah satunya kita pernah mendengar PT. Markaindo Selaras, sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang pengadaan bahan baku industri makanan yang bermotto "supplier of quality food ingredients". Sudah sejak tahun 1982, perusahaan yang bertujuan memasok dan menjaga ketersediaan bahan baku yang berkualitas untuk industri makanan, khususnya industri pengolahan daging dan hasil laut.

Seperti apa sih kebutuhan dapur di rumah tangga modern yang cenderung ke sebuah gaya hidup yang menyukai olahan instant yang memudahkan kita mengolah bahan yang akan dimasak. Salah satu yang familiar adalah sosis yang kebanyakan disediakan oleh supplier yang bekerja sama dengan perusahaan asing. Kekhawatiran akan produk yang akan kita beli dijamin oleh PT Markaindo Selaras dengan 3 karakteristik yang setidaknya harus dimiliki bagi bahan baku yang akan disuplai oleh perusahaan ini, yaitu : bersifat fungsional, food grade, dan HALAL. Di usianya yang hampir 30 tahun, PT Markaindo Selaras telah bekerja sama yang harmonis dengan banyak perusahaan di Indonesia selaku customer maupun prinsipal dari berbagai negara, diantaranya : Bremil Industria De Produtos Alimenticios Ltda..

Textured Soy Protein

Mengenal Bremil indutria De Produtos Alimenticios Ltda, sebuah perusahaan dari Brazil yang memproduksi berbagai jenis bahan baku  untuk industri pengolahan daging, seperti : textured soy protein, isolated soy protein, breadcrumb, bumbu-bumbu dan food additives (curing salt, pewarna makanan dan preservatives). Salah satu produk andalan Bremil adalah Textured Soy Protein (TSP) yang dihasilkan dari tepung kedelai yang telah diambil kandungan lemaknya (defatted soy flour) dengan proses ekstrusi dalam mesin ekstruder. 

Selama proses ekstrusi, pulp dari defatted soy flour diberi perlakuan dengan suhu dan tekanan tinggi sehingga mengalami ekspansi volume. Ekspansi volume terjadi sedemikian rupa sehingga membentuk struktur produk akhir yang porous dan terbuka dengan kadar protein antara 50 – 54% (dry basis). Perlakuan ini menghasilkan produk dengan kemampuan menyerap air (hidrasi) yang sangat tinggi. Setelah mengalami proses hidrasi (penambahan air kembali) tekstur dari TSP menyerupai tekstur daging giling yang lunak namun tidak lembek.

TSP sangat umum digunakan dalam industri makanan, khususnya industri pengolahan daging seperti sosis, burger, nugget, bakso, corned beef dan lain-lain. Fungsi utama produk TSP ini adalah sebagai bahan pengisi yang mampu menekan biaya produksi dengan tetap mempertahankan kuliatas akhirnya. Kelebihan TSP Bremil dibanding produk sejenisnya, antara lain : memiliki kemampuan untuk menyerap air sebanyak 3 kali dari bobotnya sendiri, aroma bau langu kedelai yang tidak terlalu kuat, dan telah bersertifikat Non GMO dari Cert-ID yang menyatakan bebas dari bahan-bahan hasil rekayasa genetika atau GMO (Genetical Modified Organism).

Dengan penjelasan di atas, kita jadi semakin tahu tentang breadcrumb dan bahan isian dari sosis yang selama ini kita santap dan nikmati di rumah. Tentunya, pemilihan produk dari suplier terpercaya membuat kita nyaman dalam membeli produk olahan yang tersedia di pasar modern.

15 comments:

  1. Tulisannya kok kecil manda? Dulu suka pake iregano buat bikin spagetti ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sudah dibenerin yaaa mak diba.. sekarang kalau mau beli bumbu dan bahan makanan musti dilihat supliernya dulu ya.. hihihihi

      Delete
  2. Wahhhhh jadi nambah ilmu tentang perbumbuan ni hihi

    ReplyDelete
  3. bisa dibeli dimana ini mba?

    ReplyDelete
  4. Aku kl di dapur jarang pakai yg sophisticated kayak gini. Tunjukkin ART ah biar dia coba hahaha *main lempar*

    ReplyDelete
  5. smenjak menikah dan mulai turun ke dapur jd mulai memperhatikan asal muasal bumbu & bahan2 makanan nih. Lg blajar buat pake yg aman dan halal. Ini bli dmn mandaa?

    ReplyDelete
  6. elton21:45

    baru tahu ternyata sosis itu gak semuanya daging ya..hmm..manggut-manggut

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan kita harus selektif memilih siapa supplilernya ya..

      Delete
  7. baru tahu ternyata bukan murni daging ya mba isian sosis? TFS

    ReplyDelete
  8. Aku baru tahu juga kalo isi sosis macam2. Mesti teliti ya kalo beli. Makasih Manda :)

    ReplyDelete
  9. Sebenernya aku enggak suka masak sih... tapi ini info wajib disave... makacih Manda... info yang bermanfaat :)

    ReplyDelete
  10. Mau donk nyicip sosis buatan Manda :)

    ReplyDelete
  11. suka bnget klo makan sosis di gooreng trlebih dulu. hheee

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D