Monday, 15 February 2016

Memilih Bubuk Oregano yang Berkualitas

Kebutuhan bahan memasak di dapur orang yang hidup di jaman modern tentunya berbeda dengan bahan memasak jaman nenek kita 30 tahun yang lalu. Paling terasa ketika kita memasak oseng-oseng dan bahan yang dipakai mulai ada perubahan dibanding oseng-oseng yang dimasak oleh nenek saya. Bumbu yang dipakai nenek, diantaranya : daun salam, laos, lengkuas, dan ebi. Sedangkan manda memasak oseng-oseng hanya dengan daun salam itupun yang sudah dikeringkan. Oseng-oseng atau tumisan pun nggak kalah enak dengan yang dibuat nenek. 

Nah, kehidupan modern yang menuntut fleksibilitas dan kecepatan dalam menyelesaikan setiap aktivitasnya membuat kita harus improve ingredients yang akan dipakai dalam campuran memasak. Jika menyimpan bumbu memasak yang segar akan mudah busuk, apa salahnya jika membeli yang sudah dikemas tahan lama (baca : daun yang dikeringkan dan disimpan dalam kemasan yang dijual di modern market).

wilberg

Dalam menentukan masakan di rumah pun, kita sebagai manda modern juga menyesuaikan dengan selera lidah modern, salah satu diantaranya menyajikan menu masakan berbahan pasta. Keberadaan restoran ala Italia yang sering kita nikmati, membuat kita tertantang untuk bisa menghadirkan masakan rasa restoran ke dalam rumah kita. Kemajuan teknologi dalam pengolahan bumbu membuat kita sebagai orang jaman sekarang merasa terbantu untuk memiliki bumbu-bumbu kemasan di rumah kita. Salah satunya kita pernah mendengar PT. Markaindo Selaras, sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang pengadaan bahan baku industri makanan yang bermotto "supplier of quality food ingredients". Sudah sejak tahun 1982, perusahaan yang bertujuan memasok dan menjaga ketersediaan bahan baku yang berkualitas untuk industri makanan, khususnya industri pengolahan daging dan hasil laut.


Kekhawatiran akan produk yang akan kita beli dijamin oleh PT Markaindo Selaras dengan 3 karakteristik yang setidaknya harus dimiliki bagi bahan baku yang akan disuplai oleh perusahaan ini, yaitu : bersifat fungsional, food grade, dan HALAL. Di usianya yang hampir 30 tahun, PT Markaindo Selaras telah bekerja sama yang harmonis dengan banyak perusahaan di Indonesia selaku customer maupun prinsipal dari berbagai negara.Tak lengkap berbicara tentang bahan makanan yang akan dipakai memasak tanpa membicarakan bumbu pelengkapnya. Salah satunya adalah bumbu yang diproduksi oleh Wiberg Berger & Co. G.m.b.H.
Seasoning and Spices

Ide awal perusahaan yang didirikan oleh Wilhem Berger pada tahun 1947 di Austria ini untuk menjaga ketersediaan campuran bumbu produk-produk daging olahan dengan rasa yang konsisten dari waktu ke waktu. Sebagai perusahaan bumbu terkemuka dengan pengalaman lebih dari 60 tahun yang didukung oleh riset yang handal, lebih dari 80% hasil produksi Wiberg ditujukan untuk memenuhi pasar ekspor ke lebih dari 76 negara di seluruh dunia.

Wiberg memiliki ribuan item produk dengan range sangat luas  yang secara garis besar diklasifikasikan menjadi beberapa kategori, antara lain :
  • Bumbu tunggal (single spice), yaitu satu jenis bumbu dalam bentuk utuh (whole) atau telah mengalami proses pengolahan seperti grinding (digiling), drying (dikeringkan), crushing (dihancurkan) atau perlakuan lainnya dengan tujuan untuk mempermudah dalam penggunaannya, contoh : Onion Powder, Mustard Flour, Paprika Delicacy Rio, Garlic Powder (bawang putih dalam bentuk bubuk kering). Onion Powder (bawang Bombay dalam bentuk bubuk kering), Oregano Ground (Bubuk Oregano dalam bentuk bubuk kering), Thyme Rubbed (Thyme dalam bentuk irisan kecil kering), dan lain-lain. Sesuai dengan trend saat ini, Wiberg juga menghasilkan produk-produk organik. 
  • Combi Product, yaitu campuran bumbu dan bahan tambahan makanan untuk produk-produk daging olahan tertentu. Produk combi ini sangat praktis dalam penggunaannya karena hampir semua bumbu dan bahan tambahan sudah terkandung di dalamnya. Selama proses produksi hanya garam dan natrium nitrit/nitrat yang perlu ditambahkan secara terpisah. Frankfurter Combi Forte dan Knacker Combi Forte merupakan contoh produk combi yang telah banyak digunakan di Indonesia.
  • Produk specialty, yaitu produk yang dibuat khusus untuk memenuhi pesanan konsumen. Dengan memberikan sampel bumbu atau mendeskripsikan karakteristik rasa dan aroma produk akhir, Wiberg dapat membuat produk speciality yang diproduksi khusus untuk konsumen yang memesannya.Combi Product

Komitmen Wiberg untuk menjaga kualitas produk dibuktikan dengan diperolehnya sertifikat ISO 9001 pada tahun 1994. Selain itu, sudah lebih enam tahun yang lalu Wiberg sudah mendapatkan sertifikat HALAL dari HFFIA (Halal Feed and Food Inspection Authority) yang diakui oleh LPPOM MUI (Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika - Majelis Ulama Indonesia). 

Dengan tersedianya bubuk oregano yang dikemas tahan lama, sekarang manda bisa dengan mudah menyajikan masakan pasta dengan rasa restoran dari dapur manda dan jaminan suplier berkualitas dari Markaindo Selaras membuat kenyamanan memakai produk yang terjamin kualitas dan kehalalannya.

4 comments:

  1. elton21:36

    Kalau membahas Oregano, jadi pingin dibuatkan roasted chicken sama spaghetti buatan manda yang pakai oregano kering..yummyy

    ReplyDelete
  2. oregano, basil dan thyme daun-daun yang membuat saus pasta yang dibuat berasa itali banget.

    ReplyDelete
  3. Mendadak lapar klo bahas pasta
    Manda haru tanggung jawab nih ngirim pizza sama spaghetti ya

    ReplyDelete
  4. Kalau ada oregano, sudah pasti rasa italianya terasa..

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D