Memulai Bisnis Kuliner dengan Smartphone

Lima tahun belakangan, bisnis kuliner semakin maju. Coba perhatikan, semua orang pasti jualan makanan. Temen SMA ada yang jualan cheese stick, temen kuliah jualan nasi ayam, temen kerja jualan sambal, temennya temen jualan overnight oat, ibunya temen jualan cake, dan seterusnya. Pokoknya setiap hari ada aja tawaran makanan untuk dibeli dan dicicipi. Apalagi 3 tahun belakangan, kampanye hidup sehat pun juga semakin gencar, jadi jenis makanan baru yang diperdagangkan pun jadi bertambah. Makanan sehat dari mulai raw food, katering sehat, cemilan non gluten, susu almon, terus bermunculan.

Kenapa sih bisnis kuliner ini nggak ada matinya?


Foto Makanan


Kalau menurut saya, hal-hal berikut yang bikin bisnis kuliner nggak ada matinya.
  • Manusia butuh makan 
Jadi, makanan pasti dicari dan pasti laku. Tapi tetep sih, rasanya harus enak! Walaupun soal rasa, ya subjektif juga ya. Tergantung lidah masing-masing. Tapi intinya, kalo mau jualan makanan, pastikan dulu rasanya memang beneran enak dan unik yaaa.
  • Manusia senang hal-hal baru, apalagi urusan makanan. 
Makanya kita seneng wisata kuliner, selalu senang mencoba hal-hal baru dan berbeda dari rutinitas sehari-hari. Jadi, kalau ada jenis makanan baru, atau jenis makanan lama yang di-twist dengan gaya baru, seperti martabak pakai selai coklat N*tella atau Ov*maltine gitu langsung dicari-cari dan dibela-belain antri untuk mendapatkannya. 
  • Makan-makan adalah hiburan 
Kalau diperhatikan, topik makanan selalu bisa jadi trending topik yang menarik, bahkan jadi ice-breaker di setiap pertemuan. Kegiatan makan-makannya pun jadi hiburan dan selalu dikaitkan dengan kegiatan kumpul-kumpul bareng teman dan keluarga. Pasti kita semua sering gini kan, ”Ketemuan yuk, sambil makan-makan!"
  • Memasak itu mudah! 
Maksudnya, semua orang sebenarnya bisa masak. Kalau bisa dan terpaksa pasti bisa. Jadi, tinggal sering-sering latihan, pasti bisa memasak sesuatu yang luar biasa. Bisa dibilang, memasak itu mudah dikerjakan.
  • Bisnis kuliner : bisnis yang menguntungkan. 
Balik lagi soal manusia butuh makan, kita-kita ini seneng jajan. Lapar atau enggak, pokoknya harus mengunyah! Jadinya, setiap kali disodorin foto makanan atau tukang bakso lewat di rumah bawaannya lapar aja terus. Jadiii…makanan pasti dicari terus. Paling gampang dan paling cepet laku.
Huawei G8

So, kalau tahun ini ada yang mau memulai bisnis kuliner secara online, saya bilang, yuk jalanin aja! Yakin deh, bisnis kuliner itu gak ada matinya karena selalu ada peminatnya. Cuma pastikan ya, kalau mau jualan di online, berhubung rasa itu subjektif, first impression is important. Dalam kata lain, foto makanan yang mau kamu jual harus menggiurkan. Harus bikin orang-orang yang lain ngiler berat.

Nah, untuk soal foto makanan, mungkin ini saatnya kamu ngecek smartphone Huawei G8. Untuk memulai bisnis kuliner secara online, smartphone yang bisa digunakan untuk berkomunikasi sekaligus punya kamera mumpuni untuk kebutuhan foto makanan, kayaknya udah cukup banget ya! 

Nanti-nantinya kalau bisnis udah semakin sukses, boleh deh mulai mikirin beli kamera DSLR, ya nggak? Kamera ponsel Huawei G8 ini punya fitur GoodFood di kamera ponsel Huawei G8 yang bisa membuat foto-foto makanan jadi tampak menggiurkan dan pantas buat dipajang di media sosial. 

Foto Pendukung Bisnis Kuliner

10 comments

  1. Emang bener, bisnis kuliner tuh nggak ada matinya. Tapi emang kudu kreatif dan tahan banting cos persaingannya ketat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga salah satu penggemar kuliner mas.. Makanya gak mati2 nih bisnis kuliner ya..

      Delete
  2. harus berani rugi ya mba kalau berbisnis

    ReplyDelete
  3. masak karena kepaksa.. itu saya banget.. tp jd ada hikmahnya dibalik itu hehehe... suskes ima dg segala bisnisnya ya.

    ReplyDelete
  4. meski ga bisa masak aku dulu sempet lho buka warung makan di daerah pasar demangan, tapi karena sibuk g bisa ngurusin ya ditutup deh

    ReplyDelete
  5. Bisnis kuliner lagi ramai. Mak Ima kan pinter masak, pasti laris manis kalo bisnis kuliner

    ReplyDelete
  6. Aku nggak suka masak mbak Ima. Tapi ingin sekali waktu pulang ke Indonesia (menetap) buka usaha kuliner. Semoga semesta merestui. Aaamiin

    ReplyDelete
  7. Aku bisa masak kalai suami pulang doang. Hahaha.

    ReplyDelete
  8. bisnis makanan g ada matinya ya mbak,kreatif2 sekarang....wa,baru tahu ponse ramah makanan,jadinya makin menggirukan gitu hehehe

    ReplyDelete
  9. elton19:23

    Wah fitur goodfood nya huawei 8 kaya fitur di dslr buat food fotografi nih kayaknya..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda