Sunday, 7 February 2016

Tips Memasak Sayur Bagi Pemalas



Memasak adalah hal yang mudah tapi butuh disegerakan untuk dieksekusi. Selain karena memasak berhubungan dengan bumbu-bumbu yang terutamanya sayuran tidak tahan sebulan di dalam kulkas *sejak dibeli. Memasak juga harus segera dilakukan tergesa karena jangan sampai mood memasak mendadak hilang karena tersela oleh lain hal. Memasak yang paling mudah adalah memasak lauk, yaitu : merebus atau menggoreng bahan yang sudah jadi. Jadi nggak mungkin kalau kita tidak pernah memasak, at least, itu membuat mie instant. Ya kan?

Nah, kali ini pingin berbagi tips memasak sayur buat pemalas. Kenapa pemalas? Karena kalau tidak malas pasti masaknya sayur asem dan sayur lodeh, yang aduhai persiapan sampai masaknya bisa butuh waktu minimal 1 jam, hahahaha. Kali ini berbagi tips memasak yang hanya hitungan menit saja, ya paling lama 15 menit karena menunggu kuah meresap di sayuran hijau sehingga rasanya tidak begitu langu sayuran. Bagi yang tidak menyukai sayuran, sayuran itu berbau khas dan menjadi rawan tidak dimakan jika bau sayurannya masih kentara.


Untuk menghemat waktu, sebaiknya mencuci bersih sayuran yang hendak dimasak di bawah nyala air kran yang menyala. Selain kalau ada ulat sayur lebih mudah untuk menghilangkanya, juga memudahkan kita untuk menjaga air tetap bersih untuk merendam sayuran. Mencuci bersih satu per satu sayuran dan menyiapkan wadah untuk merendamnya sesaat agar tanah yang masih menempel bisa luntur ke air. Sambil menunggu sayuran direndam, kita siapkan bumbu pelengkapnya untuk membuat tumisan sayuran.

Bahan yang Disiapkan

Tips Memasak Sayur Bagi Pemalas
  1. Pilih sayuran hijau yang gampang dipotongnya.
  2. Siapkan bawang putih
  3. Siapkan saori teriyaki atau kecap asin dan kecap manis kalau nggak ada saori.
  4. Pakai Pisau yang tajam biar kerjaan lebih cepat selesai.
Bahan yang harus dimiliki di dalam dapur pemalas adalah bawang putih. Bagi manda yang juga pemalas urusan dapur  (baca : memasak). Bawang putih adalah bumbu yang paling berkhasiat untuk segala bentuk kemalasan yang bisa diubah di dapur menjadi sebuah masakan yang lumayan bisa bersanding dengan nasi. Apa saja rekomendasi manda dengan bawang putih?
  1. Sambal kecap : cabe, bawang putih, kecap.
  2. Telur dadar : telur, garam, bawang putih, seledri.
  3. Mie rebus : mie instant, tambah bawang putih dan kubis.
  4. Goreng tempe : garam dan bawang putih dihaluskan, tempe digulingkan, lalu goreng.
  5. Sambal tempe bawang : cabe, bawang putih, tempe goreng, gula pasir sedikit.
  6. Adonan dasar bola-bola : telur, garam, bawang putih, daging cacah.
 Nah, lumayan kan ada bawang putih di dapur, aman.




Sekarang kembali ke tumis kita yang dimasak ala orang yang malas di dapur yuk..

  1. Siapkan 1 sdm minyak goreng untuk menumis bawang putih.
  2. Berwarna kecoklatan dan baunya sedep, segera tambahkan sedikit air (separuh gelas belimbing)
  3. Masukkan saos teriyaki dan sayuran hijaunya. 
  4. Tambahkan garam dan gula pasir sesuai selera.
  5. Tunggu air agak habis dan matikan kompor.
  6. Selamat menikmati camilan sehat ya.

5 comments:

  1. Bawang putih jadi bumbu andalan ya, Mbak :D
    Sy juga suka ditumis aja sayur2an. Simpel :D

    ReplyDelete
  2. Saya juga begitu masaknya :D emang pemales hehe.

    ReplyDelete
  3. Kalo lagi males aku paling masak terong digoreng trus nyambel tomat. Makannya pake nasi panas. Suami udah nambah mulu kalo masak begitu.

    ReplyDelete
  4. itu tumisnya akan pakai bumbu instan biar lebih cepat dan praktis ngga? :-D

    ReplyDelete
  5. Saya lebih suka njajan Manda#pemalas. Tapi emang bener dirumah kudu sedia bawang putih, paling enggak buat mask nasi goreng. Maksih tipsnya yaa

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D