Thursday, 10 March 2016

Rahasia Travel Writer Seorang Blogger, Dian Radiata

Friends are all about you and me

Melihat foto di atas, apa yang terbersit di benak kita? Wuiii, teman lama yang bersua kembali untuk reunian. 

Yap, jawaban Anda salah.

Kami adalah teman-teman yang dipertemukan waktu dan dunia maya selama baru kurang lebih hitungan bulan. Entah kenapa, chemistry itu cepat sekali membuat kita akrab dan alhamdulillah menjadi sebuah cerita di antara kenangan-kenangan bertemu teman-teman baik di dunia maya. Bagaimana keseruan kita sewaktu jalan-jalan ala blogger di Semarang? Tepatnya di Lawang Sewu..



Tulisan kali ini, didedikasikan untuk yang ingin mengenal Dian Radiata sebagai pemilik web travelling www.adventurose.com. Segudang prestasinya, selain menjadi travel blogger, mba Dee demikian panggilan akrabnya juga menulis di media sebagai travel writer. Penggemar kartu pos dan penyayang ular ini sangat suka dengan warna hitam. Di saat orang lain menganggapnya warna duka, mungkin bagi mba Dee, warna hitam itu seperti warna pink yang selalu cerah ya.. Mau mengenal Dian Radiata dari dekat? Ikuti interview saya  dengan mba Dee berikut ini ya...

Dian Radiata

Mba dee, mulai hobi menulis sejak kapan? Kalau boleh tahu detail perjalanan menulisnya yaa.. 

Dari nulis buku, nulis blog, nulis majalah, dan jadi travel writer kece kayak sekarang.. Aku suka nulis sejak SMP, nulis di diary Baru mulai ngeblog senak tahun 2007. Blog pertamaku dieend18.multiply.com Setelah multiply bubar baru deh bikin blog adventurose itu, sengaja langsung beli domain biar bisa balikin semangat nulis lagi Pertama kali nulis di media tahun 2012 di majalah Ummi, itu hasil rekomendasi dari Lalu Abdul Fatah, aku dikenalin ama editor Ummi, trus aku kirim naskah, eh beliau suka.

Salah Satu Tulisan Media Mba Dee

 Apa menurut mb dee yang membuat sebuah tulisan itu bisa layak dimuat dimedia cetak? Mupengggg tulisan mba dee selalu lolos masuk ke media.. 

Mungkin berusaha untuk memahami atau mengenal karakter medianya ya.. Cari tau tulisan2 yg sebelumnya pernah tayang di media itu. Caranya bisa cari epapernya, atau beli langsung majalahnya. Hampir semua temen yg sukses tembus media pake cara ini, ada mbak Ira, mbak Rien, mbak Zulfa juga


Wah on proses banget ya mba dee, tulisannya semakin terasah berarti ya.. Menurut mba dee, apa bedanya nulis untuk media dengan nulis untuk blog pribadi? 

Kalo untuk blog enak sih... Nulisnya bisa haha hihi aje.. Kalo utk media ya disesuaikan. Yang susah, kalo abis nulis di media trus nulis di blog, kadang bahasanya masih suka kebawa.. Jadi kalo baca tulisan di blogku, yg bahasanya agak2 formal, itu bisa dipastikan aku baru aja nulis utk media. Jadi gini, misal klo abis traveling ya, full versinya itu aku tulis di blog. Dan versi informatifnya aku kirim ke media

Boleh tahu nggak mba dee, kmrn mba dee bisa nulis artikel untuk sriwijaya. Bagaimana ceritanya? Kalau tidak salah. Berawal dari tulisan di blog ya? 

Yang utk sriwijaya itu gara2 aku liat mbak Rien posting klo tulisannya dimuat di Sriwijaya.. Trus aku berusaha googling alamat redaksinya. Eh dapet. Langsung aku kirim email sekalian kasih alamat blogku. Ama mereka dibales, dan mereka lgsg tunjuk tulisanku ttg Dusun Sade. Mereka bilang mereka suka tulisan itu.. alhamdulillaaaah

Setelah menjadi penulis diary, blogger dan penulis media, apa harapan ke depan mba dee? 

Harapannya.... Apa yaaaa? Pokoknya pengen bisa terus jalan2, bisa terus nulis, bisa terus sharing, itu aja sih

Mba dee, kerasa banget ya pertemanan yang tulus itu walau terbentang jarak masih tetap terjaga. Apa tipsnya menjaga hubungan jarak jauh dengan sahabat penulis dan sahabat blogger? 

Alhamdulillah mbak... Selama ini aku selalu awet kalo temenan.. Tipsnya apa ya? Mungkin selalu coba utk jaga perasaan temen kali ya. Intinya, jangan nyakitin temen klo gak mau disakitin.... Kalo jaman skrg pastinya lebih mudah ya mbak utk komunikasi, biar jarak sejauh apapun  Tapi yg terpenting sih ya itu tadi... Jaga perasaan temen jgn sampe nyakitin

Yang ima tahu kan, mba dee career woman dan mama dari seorang putri, hebat banget masih sempat jalan2 sama suami tercinta, masih bisa ngeblog, masih bisa nulis, boleh tahu nggak bagi waktunya seperti apa? 

Mom of two daughters

Hihihi.... Ralat mbak, anakku 2 looh... Yang satu udah umur 9 tahun. Masalah bagi waktu ya? Susaaaaaaaah... Pasti harus ada yg dikorbankan. Aku biasa ngedraft tulisan di HP. Trus manfaatin jam istirahat kantor buat posting. Kalo di rumah, kudu nunggu seisi rumah tidur baru bisa buka laptop. Kalo masalah jalan2 alhamdulillah, suami juga suka

IG : adventurose

Apa tips mba dee saat travelling, rasanya sehat terus roadshow dari batam, temanggumg, semarang, jogja, batam, dan udah di sidoarjo skrg, pulang dari singapura lagi. Emang gak pernah sakit ya? Hihihi.. Apa tipsnya buat menjaga kebugaran dan tetep bisa travelling terus? 

Hahaha.. Traveling itu bikin sehat mbak.. Karena mungkin kebawa perasaan hepi yaaa... Jadi bawaannya sehat seger bugar aja

Lawang Sewu Jadi Saksi
 


Terakhir yaa mba dee, apa pesan mba dee kepada temen2 newbie blogger yang suka travelling. 

Hihihi... Apa ya?! Soalnya klo menurut aku, traveling itu passion, personal, jadi semua dibalikin ke orangnya masing2... Yang jelas, aku selalu berusaha menikmati aja setiap perjalanan. Mau itu gak sesuai rencana, mau nyasar, mau kehujanan, mau gimana pun nikmati aja..

Keep Travelling!
Jika kau bertemu dengan orang baru di dunia maya, selalu percayalah bahwa hatimu tertaut di sana. Sehingga bentuk pertemanan seperti apa, akan terasa sampai ke hati jika kau libatkan hatimu di setiap pertemanan itu. (Manda, 2016)

25 comments:

  1. Jadi kepo in blognya mbak Dian. Pengen juga belajar nulis traveling. Makasih udah sharing manda

    ReplyDelete
  2. aseg dapet ilmu lage, makasih share ilmunya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru ya ilmunya sambil jalan-jalan....

      Delete
  3. Kenal Mbk Dian dari MP jg, inget warna item2 :D

    Eh saya kira Mbk Dian baru punya satu anak, ternyata udah dua :D

    ReplyDelete
  4. Mandaaaaaa.... Makaaih wawancara ekslusifnya yaaa. Seneeeeng banget bisa kenal ama mbak Ima yang manis, baik hati dan murah senyum ini :)
    Foto paling atas ituuuu bikin kangen jalan bareng deh. Hayuuuk kapan kita reunian? ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikooot..*anaknya suka ikut2an..wkwk
      Seneng bisa kenal Mb Dian. Kamut pamungkasnya Manda kece...

      Delete
    2. aku yang makasih mba dee, sudah berkenan berbagi ilmu di tamasyaku.. berkah terus ya ngeblognya... love uu..

      Delete
  5. jaga perasaan temen kali ya. Intinya, jangan nyakitin temen klo gak mau disakitin.... Kalo jaman skrg pastinya lebih mudah ya mbak utk komunikasi, biar jarak sejauh apapun Tapi yg terpenting sih ya itu tadi... Jaga perasaan temen jgn sampe nyakitin.
    Betul sekali apa yang disampaikan mbak dee.

    Dann quote dr Manda juga ruuuaar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. berkawan dengan hati ya mak nurul.. hihihihihi.. *_*

      Delete
  6. wkwkwkw wartawatinya salah inpoh, anak mba dee dua, mestinya colek aku dong mba ima untuk info detiul #plakk, makasih sharinyna mba dee, jadi dapat ilmu baru nii tentang nulis di media, suksees..makasih ya mba ima...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya, tanyaaaa.... hihihihi.. besok tanya mba Dedew kalau ada kesempatan ngreview yak...

      Delete
  7. Pingin belajar nulis tentang traveling yang lebih bagus nih, jadi tambah semangat. Makasih udah sharing ya mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mba Molly, salam kenal yaaa...

      Delete
  8. jadi teringat teman kantor dulu yg namanya juga Dee :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ini Dee an, yang temen mba kania Dee siapa? hehehe..

      Delete
  9. Mbak penyuka warna hitam ini memang keren. Penulis yang rendah hati dan tak pelit informasi. Suka bergaul dengannya. Udah pernah jalan bareng, dan aku mau jalan bareng lagi dengannya. Nggak sabar nunggu Mei buat ketemu dia lagi.

    Mbak Ima keren wawancaranya *jempol*

    ReplyDelete
  10. seru sekali ya, wawancaranya

    ReplyDelete
  11. Wahh kepoim ah hehehehe

    ReplyDelete
  12. Salah satu travel writer idolaku sejak jaman di Mp nih
    Love u full mbak dee

    ReplyDelete
  13. sudah lah, enakan nulis di blog dibanding nulis buat media, tapi kalau menulis topik yang rumit lebih baik di media sih ya, hehe

    ReplyDelete
  14. Salam buat mas Anang ya mbak Dian..

    ReplyDelete
  15. salam aja buat mbak-mbak blogger semuanya :)

    ReplyDelete
  16. Mbak Manda, entah kenapa ... aku selalu ngerasa pasangan yang bisa traveling bareng itu ... luar biasa. ^.^

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D