Monday, 13 June 2016

Traveler Sambil Kuliah Online, Siapa Takut? #MajuTanpaBatas

#MajuTanpaBatas
Binus Online Learning



Kemajuan teknologi telah memberi kemudahan tanpa batas untuk segala sendi kehidupan bahkan seluruh aktivitas kehidupan bisa dimudahkan secara mobile saat ini. Sederhananya, dulu tidak bisa membayangkan tunjuk nasi goreng, kemudian 15 – 30 menit kemudian, ada seseorang yang mengantarkan nasi goreng tersebut di depan pintu.  #MajuTanpa Batas inilah yang membuat orang jaman sekarang lebih kreatif melihat peluang secara online dan mengembangkannya untuk hal-hal yang memudahkan aktivitas hidup manusia modern. Salah satunya di bidang pendidikan.

Manusia bergerak dan bertumbuh sesuai dengan jamannya. Kreativitas dan kemampuan berpikir yang semakin maju membuat pendidikan adalah dasar yang harus dipunyai seseorang untuk lebih mengembangkan diri. Tentunya, dukungan skill yang terampil bisa membuat seseorang yang biasa menjadi luar biasa. Sukses adalah hak semua orang. Demikian pula, pendidikan adalah hak setiap orang.

Penting atau tidak penting, perlu atau tidak perlu, mau atau tidak mau, butuh atau tidak butuh,
pendidikan tetaplah menjadi tolak ukur kemampuan seseorang secara akademis. 
Baik itu menjadi pewirausaha, menjadi blogger, menjadi traveler, menjadi eksekutif muda, menjadi carrier woman atau menjadi writer, tetap perlu mendapatkan pendidikan. Karena pendidikan adalah hal yang membuat logika seseorang terasah dengan baik untuk menyelesaikan persoalan.


Sebuah pernyataan, “Mau kuliah, tapi nggak ada waktu.” rasa-rasanya bukanlah menjadi persoalan yang besar saat ini. Teknologi internet dan Binus University berkolaborasi memberikan fasilitas perkuliahan yang bisa dilakukan secara online

#MajuTanpaBatas
BINUS Online


Seperti apa kuliah online?


Kuliah yang lazim seperti biasanya, belajar, memperoleh materin ada sesi diskusi, yang membedakan adalah kuliahnya dilakukan secara online dengan melalui internet.

Apakah traveler juga bisa kuliah online untuk tetap bisa mempunyai gelar akademik?

Tentu bisa. Justru kuliah online Binus University ini diperuntukkan bagi kita-kita yang mempunyai waktu sedikit untuk bisa bertatap muka datang di kuliah offline, baik itu pagi atau malam hari. Beberapa program studi yang disediakan dalam kuliah online ini, dapat dilihat dalam gambar berikut ini.

#MajuTanpaBatas
Pilihan Prodi Binus Online Learning



Akhir-akhir ini, dunia pendidikan dihebohkan dengan kuliah jarak jauh yang tidak jelas, lalu menyelenggarakan wisuda dan membagikan ijazah, dengan waktu tempuh studi yang tidak masuk akal dan tanpa ada kuliah, tiba-tiba bisa wisuda. Padahal, dengan kuliah yang kita ikuti, harapannya adalah mendapatkan ilmu yang bisa dipakai untuk lebih mengembangkan diri. Ilmu dari perkuliahan yang bisa menjadi dasar kita menyelesaikan masalah di lingkungan pekerjaan sesuai majoring kita. 


Oleh karenanya, kita perlu menyeleksi universitas yang menyelenggarakan kuliah online. Dan Binus University adalah pilihan universitas penyelenggara kuliah online yang dapat dipercaya dan berkualitas. Kualitas inilah yang mencangkup kegiatan belajar serta interaksi mahasiswa selama perkuliahan online berjalan. Jadir memberikan kemudahan pendidikan untuk kita yang mempunyai keterbatasan waktu untuk tetap bisa berkuliah.


Sistem Binus Online Learning sangat fleksibel. Dalam kegiatan belajar mahasiswa dapat melakukan interaksi dengan dosen tanpa ada batasan waktu dan tempat. Kehadiran dalam tatap muka di ruang kelas tetap akan dilakukan, tetapi terbatas pada kegiatan yang bersifat pembahasan kasus, diskusi pemantapan pemahaman materi kuliah, dan pada saat mengikuti ujian.

Tata Cara Kuliah Online di Binus University

Meskipun kuliah, interaksi, tugas, diskusi dilakukan secara online,namun ada sesi offline yang harus dihadiri oleh mahasiswa. Bagi saya, justru kuliah online yang seperti ini yang masuk akal dan kelihatan mementingkan kualitas bagi lulusannya untuk #MajuTanpaBatas.

Kegiatan interaksi di kuliah online dengan dosen dan praktisi sangat diutamakan untuk mendapatkan dan meningkatkan kemampuan dan wawasan mahasiswa dalam kegiatan praktis dan pengambilan keputusan yang nyata.

Siapa saja yang bisa mengikuti kuliah online melalui Binus Online Learning?

Metode kuliah online ini sangat cocok untuk pekerja professional dan entrepreneur, ibu rumah tangga yang ingin melanjutkan studi S1 tanpa terkendala dengan waktu dan tempat, traveler yang waktunya di satu kota terbatas hanya beberapa hari saja, seseorang yang selalu haus dengan ilmu dan ingin memperdalam banyak majoring untuk pengembangan dirinya, dan siapa saja yang berhak duduk di bangku kuliah tetapi terbatas oleh waktu. Tidak ada alasan lagi untuk #MajuTanpaBatas sekarang.

Bagaimana sistem kegiatan belajar di kuliah online melalui Binus Online Learning ?

Untuk kegiatan belajar mahasiswa, Binus Online Learning sudah mempersiapkan dan memperhitungkan agar mahasiswa mendapatkan hasil yang berkualitas. Mahasiswa dapat fokus belajar dengan jumlah mata kuliah yang terbatas di setiap periode/semesternya, sehingga hasil yang diperoleh bisa lebih maksimal.
Mahasiswa Binus Online Learning juga akan mendapatkan Pembelajaran Global, dimana mahasiswa Binus Online learning tidak saja akan diajar oleh dosen dari kota lain seperti Jakarta, tapi juga dengan dosen-dosen yang ada di luar negeri.

Binus Online  Learning menggunakan LMS (learning management system) yang terintegrasi untuk membangun jaringan interakasi antara mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen dan mahasiswa dengan pembimbing akademis. Dengan demikian mahasiswa online learning dipastikan mempunyai kualitas yang sama dengan mahasiswa yang melakukan sistem perkuliahan pada umumnya.

Untuk metode perkuliahan, setiap mata kuliah akan diterima dalam beberapa bentuk, seperti : diskusi di forum, tugas individu / kelompok, video conference, video pembelajaran. Semua ini dilakukan secara online.

Lalu kapan saat tatap mukanya?

Di awal masuk perkuliahan, dan pada saat ujian setiap mahasiswa harus datang ke  Binus University Learning Community (BULC) atau kampus BINUS. Binus University Learning Community atau yang dikenal sebagai BULC sudah hadir di beberapa kota, diantaranya : Palembang, Semarang, Malang dan Bekasi. Dengan adanya BULC ini jika mahasiswa Binus Online Learning sedang ada tugas keluar kota dan bertepatan dengan waktu  ujian ataupun perkuliahan Face to Face, maka dapat datang ke BULC terdekat untuk mengikuti kegiatan tersebut.

#MajuTanpaBatas
#MajuTanpaBatas
Wah, cocok sekali kan dengan kita para travel blogger yang ingin melanjutkan kuliah S1 atau menimba ilmu baru untuk menunjang bisnis yang sedang ditekuni, bisa sambil ujian dan sesi tatap muka, sekalian bisa travelling dan menikmati wisata kuliner di kota yang sudah ada BULCnya. Seru ya! #MajuTanpaBatas yang memberi kemudahan bagi semua orang untuk mengenyam pendidikan.

Dengan progam EES (Employabiity Entrepreneurial Skill) yang dimasukkan ke dalam mata kuliah, Binus Online Learning tidak saja menyiapkan lulusannya untuk siap bekerja, tetapi juga menciptakan lapangan pekerjaan. Saat ini Binus Online Learning juga telah menghasilkan lebih dari 300 lulusan terbaik yang tersebar di berbagai instansi dan perusahaan baik nasional maupun multinasional.

Tentunya, dengan metode pembelajaran secara Online, memudahkan kita dapat #MajuTanpaBatas karena dapat kuliah kapan saja dan dimana saja. Tidak ada lagi batasan untuk bisa berkuliah, kuliah yang bisa dilakukan sambil bekerja, mengejar passion, mengurus bisnis, bahkan travelling ke luar negeri. Manusia modern yang dituntut untuk semakin kreatif perlu untuk menambah pengetahuan informalnya, yang bisa memberi nilai lebih pada hal yang dikerjakannya. Saya tertantang untuk melangkah #MajuTanpaBatas.

10 comments:

  1. Mirip sama UT yaa..
    Tapi sayang, S2-nya belum ada di Jogja. Eh, bukannya kalo serba online seharusnya bisa ya.. Cuma pas ujiannya harus di Jakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ke semarang aja maknoni..

      Delete
  2. Sekarang semua serba dipermudah termasuk pendidikan ya, semoga bisa makin maju & membantu semua lapisan masyarakat untuk bisa mengecap pendidikan

    ReplyDelete
  3. Waaaa...enak ini buat emak emak rempong yang susah keluar rumah hihihi

    ReplyDelete
  4. Lumayan ya buat Ibu Rumah Tangga, jadi ga ribet harus rutin ke kampus. Tinggal duduk manis pasang internet aja

    ReplyDelete
  5. semacam universitas terbuka gitu ya ini mbak? Semakin memudahkan untuk mencari ilmu ya

    ReplyDelete
  6. Makin gampang utk terus menuntut ilmu ya dg model perkuliahan spt ini.

    ReplyDelete
  7. Yang di dusun juga tetap bisa kuliah yo mbak..aku jadi mupeng..

    ReplyDelete
  8. Duh yang di Sby kok belum ada :( ujiannya harus ke Jakarta atau semarang dulu ya

    ReplyDelete
  9. wah enak iki kuliah online

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D