Wednesday, 8 June 2016

5 Tips Menyambut Libur Lebaran

Update Berita Travelling

Sebentar lagi kita akan menyambut datangnya masa liburan panjang yaitu libur lebaran. Liburan lebaran yang kemungkinan besar berlangsung mulai tanggal 2 Juli hingga 9 Juli 2016. Masa libur yang panjang ini tidak hanya dinikmati oleh umat Islam saja, namun juga oleh seluruh masyarakat Indonesia. Alhasil setiap tahun pada libur lebaran terjadi pergerakan massa yang luar biasa baik untuk mudik atau berwisata ke suatu daerah. Jaman sekarang apa-apa mudah diakses untuk bisa update berita terkini selama masa liburan.

Bagi masyarakat yang merayakan lebaran, maka budaya mudik atau kembali ke kampung halaman menjadi agenda tetap. Sedangkan bagi masyarakat yang tidak merayakan lebaran dapat menggunakan long weekend tersebut untuk mengeksplore keindahan Indonesia. Agar dapat menikmati mudik dan libur lebaran yang panjang ini, tentunya segala hal harus kita persiapkan sebaik mungkin dan jauh-jauh hari.

Berikut akan saya bahas beberapa tips yang bisa kita lakukan agar kita dapat menikmati liburan dengan sukses, meskipun ditengah peak season yang butuh kesiapan mental dan fisik menghadapi kemacetan.
  1. Memilih moda transportasi untuk bepergian. Untuk sampai tujuan mudik atau wisata, kita memerlukan alat transaportasi kesana. Beberapa pilihan yang biasanya diambil tergantung jarak tempuh perjalanan kita. Pesawat terbang dan Kereta Api biasanya menjadi pilihan utama untuk perjalanan jauh. Permasalahannya adalah, biasanya untuk libur lebaran seperti ini tiket pesawat terbang dan kereta api sudah habis terpesan dan relative mahal karena “peak season”. Jika pilihan kita tetap menggunakan pesawat atau kereta api maka pastikan kita memesan jauh-jauh hari agar agar tidak kehabisan tiket. Pilihan alternative adalah menggunakan kendaraan pribadi, atau sewa mobil. Untuk pilihan ini kita harus terlebih dahulu mengecek kesiapan mobil pribadi kita agar siap untuk menempuh perjalanan jauh. Saya biasanya memasukkan mobil saya untuk dilakukan service di bengkel resmi. Berdasarkan pengalaman tahun-tahun lalu, libur lebaran menggunakan kendaraan pribadi akan berhadapan dengan kemacetan, maka saya sarankan untuk selalu mengikuti berita terkini melalui gadget yang bisa dibuka kapan aja dan dimana aja.
  2. Mempersiapkan akomodasi di tempat tujuan. Berpergian jauh dari rumah jelas kita harus membutuhkan akomodasi / tempat tinggal kita selama di kota tujuan. Jika anda pemudik yang kembali ke kampung halaman mungkin tidak akan bermasalah dengan tempat tinggal. Biasanya pemudik ke kampung halaman akan tinggal dirumah orang tua atau kerabat. Namun jika kita berpergian untuk berwisata atau rumah orang tua sudah penuh dengan kerabat yang lain maka kita harus mempersiapkannya jauh-jauh hari juga.Banyak pilihan bagi pemudik maupun wisatawan dalam memilih akomodasi di kota tujuan. Bagi yang memiliki budget berlebih maka bisa memesan hotel berbintang sebagai akomodasi selama liburan. Bagi yang memiliki budget yang terbatas maka hotel budget, hotel melati dan home stay bisa menjadi pilihan rasional.
  3. Mempersiapkan transportasi selama liburan. Jika kita mudik atau bepergian menggunakan mobil pribadi maka masalah transportasi selama liburan tidak menjadi masalah, namun jika kita bepergian menggunakan pesawat atau kereta api, maka transportasi selama di kota tujuan harus kita pikirkan masak-masak. Pilihannya adalah rental mobil, ada baiknya kita pesan jauh-jauh hari agar kita sudah transportasi kita terjamin selama di kota tujuan. Karena biasanya pada musim mudik lebaran semua hampir semua rental mobil fully booked.
  4. Itinerary selama liburan. Rencana perjalanan selama di kota tujuan, ada baiknya kita persiapkan. Rencana perjalanan ini selain membantu kita mengalokasikan waktu agar tujuan wisata kita tercapai dan sesuai dengan rencana kita. Biasanya perjalanan tanpa disertai itinerary akan banyak melewatkan tujuan semula. Tips-nya sebelum mulakukan perjalanan sebaiknya membuat jadwal obyek wisata mana saja yang akan kita datangi. Inspirasi berita terkini dari tempat-tempat wisata tersebut dapat dilihat secara online dari cerita blog-blog tamasya.
  5. Keep Update. Nah tips yang terakhir kita harus selalu update dengan berita terkini, baik itu seputar kemacetan lalu lintas atau tentang obyek wisata terbaru atau kejadian-kejadian terbaru. Sehingga kita dapat mempersiapkan yang terbaik. Itulah tips-tips yang dapat berguna untuk mempersiapkan perjalanan dan liburan panjang kita besok. 
Selamat liburan dan tamasya! Semoga tips-tips ini dapat memberikan kenyamanan selama di kota tujuan.

1 comment:

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D