Sunday, 12 June 2016

Kuliner Wajib di Kota Bogor

Kuliner Kota Bogor

Halo sahabat tamasyaku, merencanakan ke Bogor dan menginap di hotel murah Bogor, sepertinya asyik ya! Menikmati kota hujan sambil kulineran dan jalan-jalan di kota Bogor ditemani rintik gerimis dan berada di samping orang yang kita sayangi, perpaduan yang pas saat liburan. Sebelum berencana ke Bogor, tentunya tamasyaku melakukan jalan-jalan maya untuk bisa mengetahui tempat wisata atayu tempat kuliner yang wajib dikunjungi saat membuat itinerary atau rencana perjalanan. Jangan mentang-mentang hanya berdua, trus kita seadanya aja pergi ke suatu kota. Biasanya akan wasting time, ketika tidak ada saudara di kota tersebut.


Bogor, kota yang dikenal sebagai kota penyebab banjir di ibukota Jakarta. Ya mungkin ada benarnya, karena julukan sebagai kota hujan yang membuat debit air dari Bogor yang melewati Jakarta melimpah ruah, terlebih di musim penghujan. Kuliner Bogor sebenarnya tidak asing di lidah manda dan panda, seperti asinan bogor, baik itu asinan sayur maupun asinan buah. Karena ada penjual asinan bogor yang enak di dekat perumahan kami tinggal, tapi tetap saja penasaran dengan asinan bogor yang dimakan di Bogor.

Baru asinan bogor saja rasanya tidak mewakili kuliner Bogor yang lain yang patut dicoba. Manda sendiri penasaran dengan toge goreng, bapatong, laksa bogor, dan doclang.

  1. Toge goreng ini sebenarnya tidak dimasak dengan cara digoreng, melainkan direbus. Toge yang direbus, dicampur dengan mie telor kuning dan irisan tahu goreng (terkadang juga ditambah ketupat). Campuran ini lalu disiram dengan bumbu berbahan dasar oncom dan tauco dan diberi tambahan kecap manis.
  2. Bapatong ini merupakan singkatan dari Bakso Kupat Gentong. Ketupat yang dipotong bentuk dadu disajikan dengan bakso ditambah dengan daging iga sapi yang dipotong-potong dan kuah bakso dari kaldu sapi. Kalau di jogja, saya membayangkannya bakso lombok idjo yang hampir kurang lebih mirip dengan bapatong ini.
  3. Laksa Bogor. Laksa yang dalam bahasa sanskerta artinya banyak, dimaksudkan bahwa laksa ini dimasak dengan menggunakan banyak bumbu. Bahan dasar yang membuat laksa bogor ini unik ada pada campuran oncomnya. Sama halnya dengan bapatong, laksa bogor juga menggunakan lontong atau ketupat dan bihun sebagai campurannya. Laksa bogor ini juga disajikan dengan toge dan daun kemangi segar. Kuahnya sendiri dibuat dengan menggunakan santan kelapa yang sangat gurih yang bertekstur yang agak kasar karena ada parutan kelapa yang dimasukkan ke dalam kuahnya. Laksa bogor ini juga disajikan dengan tahu kuning, telur rebus dan diberi taburan serundeng. Nyaaaamm, membayangkan saja sudah ikutan kenyang ya.
  4. Doclang ini mirip dengan kupat tahu dan lontong sayur. Doclang ini terdiri dari ketupat, irisan tahu goreng, irisan kentang rebus goreng, telur rebus, bumbu kacang cair, kecap dan kerupuk atau emping tangkil. 
Nah, jalan-jalan maya siang ini sudah membuat saya laper mata dan perut kemrucuk melihat dan membayangkan kuliner khas kota Bogor. Segera ah cari hotel murah bogor biar segera bisa menyantap anek kuliner yang sepertinya enak dan pas di lidah orang Jawa.

2 comments:

  1. Menggiurkan semuanya pilihan kuliner di Bogor ya manda..

    ReplyDelete
  2. Laksa bogor paling wajib, soalnya disana khas bgt rasanya :D

    Download/Watch London Has Fallen (2016)

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D