Tuesday, 14 June 2016

Resep Mudah Minuman Dingin Untuk Berbuka Puasa

Resep Minuman Dingin

Bagi follower saya di instagram @imasatrianto, sering melihat postingan minuman dingin selama #ChallengeDiriSendiri #DapurManda #CookingWithLove untuk disantap saat buka puasa. Tak terasa sudah masuk hari ke 9 di Ramadhan 1437H kali ini. Beragam resep minuman dingin bersliweran mulai dari timeline facebook sampai halaman google ketika mengetikkan menu berbuka atau resep minuman dingin. Tak ketinggalan manda, kali ini tamasyaku akan berwisata kuliner di dapur manda, dengan membuat resep minuman dingin yang mudah banget dan bahan-bahannya ada di sekitar kita tanpa mengenal musim.


Resep Minuman Dingin Ala Manda

Minuman dingin yang manda buat kali ini berbahan dasar buah-buahan yang segar, isinya sebenarnya bisa dimodifikasi sesuai dengan selera sahabat tamasyaku. Asalkan buah-buahan tersebut padat dan tidak mudah hancur. Karena kalau kita memilih buah-buahan yang mudah hancur, maka es buah kita tidak menarik untuk dilihat. Sebagai campuran buah-buahan dalam es buah kali ini, hindari memilih buah-buahan yang rasanya kuat, karena kita akan membuat resep minuman dingin yang segar ketika disantap saat berbuka.

Bahan-bahan membuat minuman dingin ala manda:
  1. Agar-agar 
  2. Sirsak, memberi sensasi asam
  3. Buah naga, memberi warna merah muda yang cantik
  4. Sirup pisang susu 
  5. Buah dan isian alternatif yang manda rekomendasikan : melon, blewah, nata de coco, kolang-kaling, leci, selasih, aloe vera atau lidah buaya, dan bisa menyesuaikan dengan buah favorit masing-masing keluarga.
Nah, sebelum mencampur semua bahan menjadi satu, terlebih dahulu kita buat agar-agarnya.

Resep Membuat Agar-Agar.

Sebenarnya mudah sekali membuat agar-agar homemade yang jauh lebih sehat karena gula pasirnya asli. Jika kita membeli agar-agar instant, ikuti saja petunjuk membuatnya. Siapkan air sesuai takaran yang dianjurkan di kemasannya, tunggu mendidih. Masukkan gula sesuai selera, kalau manda suka manis untuk satu kali resep agar-agar gulanya 4-5 sdm. Sebungkus agar-agar dilarutkan ke dalam air matang separuh gelas minum dengan air matang yang tidak panas. Lalu campurkan ke dalam larutan gula yang sudah dibuat. Setelah dingin, masukkan ke kulkas (bukan freezer) dan tunggu sampai bisa dipotong-potong menjadi dadu.

Siapkan buah-buahan seperti sirsak, masukkan ke dalam wadah dan boleh direndam dengan air sirup dari air gula. Fungsinya merendam sirsak ke dalam air gula adalah untuk membuatnya tidak terlalu masam ketika nanti dinikmati dalam es buah segar ala manda.

Potong-potong buah naga dalam ukuran yang disukai keluarga. Jangan terlalu kecil supaya tidak remuk.

Nah, ketika detik-detik berbuka puasa. Maka kita campurkan semua bahan dalam gelas, dan siram dengan sirup pisang susu, serta tambahkan es batu. Mudah bukan?

Selamat mencoba ya!

9 comments:

  1. Maaaakkk aku mau nyoba yaaa.. Seger banget kayanya. Pas banget nih, suami klo buka puasa hobbynya ya minum es. Kolak-kolak aj gitu nggak doyan.

    ReplyDelete
  2. Untung bacanya pas selesai buka puasa, kalau pas puasa bisa batal nih hehehe

    Saya sih masih suka pakai agar-agar yang instan mba, kadang kalau pas nyiapin untuk berbuka yang homemade kelamaan..dasar sayanya yang malas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, cemplang cemplung yang penting seger dan jadi ya mba..

      Delete
  3. Segaaaaar enaknyaaaa :)

    ReplyDelete
  4. aiissh segarnyaa.. pengen bikin juga aaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah berhasil bikin , mau dikirimin ya mba..

      Delete
  5. Mantab , resepnya bikin ngiler , belum buat aja udah seger nglihatnya
    Obat Batuk Herbal Anak

    ReplyDelete
  6. Wiii...Mba Mandaaa,
    Jd pingin krumah mba Mandaaa..😍😍#heehhee...

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D