Friday, 16 September 2016

Memetik Hikmah dari Cerita Perjalanan


Sebuah perjalanan menjadi menyenangkan jika perjalanan dilakukan saat tubuh sehat dan hati yang riang. Saat kita melakukan perjalanan tamasya, di sepanjang perjalanan kita akan bertemu dengan banyak hal bak sebuah cerita pendek anak yang mengharukan. Bagi manda, di beberapa daerah yang masih terhitung di pinggiran, anak-anak kecil usia sekolah selepas jam sekolahnya, mereka sedang mencari uang, seperti : menjajakan koran, menjual minuman, dan bermain musik (baca : ngamen).



Ya, tentunya dengan melihat cerita kehidupan di luar kita, kita lebih bisa bersyukur akan kehidupan yang lebih beruntung dari mereka dan lebih bisa membuka mata hati untuk berempati terhadap sesama di sekitar kita. Secuplik contoh yang sering kita lihat ketika berjalan-jalan di luar kota adalah anak-anak yang seperti di bagian prolog manda itu ya. 

Perjalanan selalu mengajarkan banyak hal untuk kita bersyukur, maka tamasyalah!(Manda, 2016)

Tentunya, perjalanan sendiri juga merupakan sebuah cerita bagi kita, sangat tidak mungkin sebuah perjalanan tidak meninggalkan kesan meskipun itu hanya satu hal. Intip yuk cerita kehidupan yang berhasil dipetik dalam perjalanan tamasyaku.com.

  1. Belajar sabar. Keadaan di jalan selama perjalanan mana tahu kan ya? Kadang lancar, kadang macet dan ada aja yang bikin emosi di jalan. Seperti kitanya udah pelan-pelan dan hati-hati, eh masih juga diuji kesabaran sama yang ugal-ugalan di jalan.
  2. Belajar menerima. Kalau ujian yang ini biasanya hal-hal yang berbeda dari rencana yang sudah disusun rapih dan estimasi liburannya akan menyenangkan. Eh tapi karena sesuatu hal, misal kuliner yang dituju ternyatanya habis atau tutup. Trus ke obyek wisata yang ternyata tidak sebagus gambarnya. Nah saat-saat seperti itu cerita perjalanannya penuh hikmah, yaitu : menerima.
  3. Belajar syukur. Banyak banget nikmat yang bisa disyukuri saat kita bepergian. Melihat ciptaanNya membuat kita bersyukur dan merasa kecil. Melihat pemandangan alam yang bikin merinding bahwa memang bumiNya itu Maha Luas. Bersyukur untuk hal kecil, seperti menemukan makanan yang enak dan tempat yang bagus saat bertamasya adalah hikmah belajar syukur.
Nah, dari apa yang kita alami selama di perjalanan, kita bisa mulai berbagi cerita pengalaman dengan teman-teman di dunia maya yang mungkin membutuhkan. Berbagi pengalaman yang menyenangkan maupun tidak adalah bagian berbagi agar teman-teman di dunia maya bisa berjaga-jaga jika bepergian ke tempat tersebut. Seandainyapun itu pengalaman yang buruk, kita bisa bermanfaat untuk orang lain melalui apa yang kita tulis, sehingga orang lain tidak perlu mengalami apa yang pernah kita alami yang tidak mengenakkan. 

3 comments:

  1. Super sekali mak... setuju bgt, terima kasih yaaa :)

    ReplyDelete
  2. bener banget perjalanan bisa untuk berbagi pengalaman. Saya biasanya sebelum jalan2 ke suatu tempat selalu cari2 info dulu biar paling tidak tau medannya

    ReplyDelete
  3. Perjalanan selalu mengajarkan banyak hal untuk kita bersyukur, maka tamasyalah! Suka ama quote ini.... yuk kita tamasya kemana, Manda?

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D