Sunday, 25 September 2016

Menyiasati Menu Masakan Bagi Ibu Rumah Tangga Pemula


menu masakan hari ini
Menu Masakan Dapur Manda


Rumah identik dengan peran seorang perempuan yang biasa mendapat jabatan sebagai istri rumah tangga. Seorang istri di jamannya dituntut untuk bisa kreatif dan soluable dalam segala hal yang berkaitan dengan rumah tangga. Lalu bagaimana peran suami? Layaknya presiden dan wakil presiden, urusan luar negeri dan dalam negeri yang punya porsi kewenangan sendiri-sendiri. Demikian pula seorang istri dan suami, suami adalah kepala keluarga, segala tanggung jawab keluarga ada pada suami. Dan istri, sebagai pendamping suami, adalah seorang kepala rumah tangga. Seorang istrilah yang mempunyai kewajiban untuk mempertanggungjawabkan urusan rumah tangga kepada kepala keluarga (baca : suami). 

Pembukaannya kepanjangan ya, intinya adalah tentang bagaimana bertanggung jawab urusan dapur kan ya, hihihihi. Urusan dapur yang diurusi istri rumah tangga adalah menyiapkan menu masakan hari ini dan berikutnya bagi seluruh anggota keluarganya. Terlihat sepele, tapi perlu membiasakan untuk menyiapkannya.

Bagi yang masih awal-awal menjadi istri rumah tangga, tentunya penyesuaian urusan dapur menjadi hal kecil yang mempengaruhi banyak hal karena menyangkut isi perut. Bagaimana mensiasatinya?


Menanak Nasi

Setiap perempuan pasti bisa kan ya menanak nasi, nggak usah bayangin masak nasi yang ribet-ribet. Beli saja rice cooker atau magic com yang memudahkan pekerjaan ibu rumah tangga di dapur untuk menyiapkan nasi sebagai makanan pokok dalam menu masakan hari ini.

Memasak Sayur

Sengaja Manda menyebut memasak sayur, karena memang sayur mentah dalam menu masakan hari ini harus dimasak, misalnya : tumisan sawi, sup sayuran, atau masakan bersantan lainnya. Nah pada bagian ini, memang agak sulit ketika memasak tidak diajarkan sejak kecil atau punya kemauan untuk bisa memasak. Memasak bukanlah hal yang sulit saat ini, karena tersedia banyak bahan instant yang memudahkan proses memasak. Menghemat waktu untuk mengulek atau menyiapkan bahan yang jumlahnya banyak adalah hal yang membutuhkan waktu yang lama untuk memasak menu masakan hari ini.

Lalu bagaimana dengan bahan instant pun tidak sempat memasak karena kesibukan di luar rumah atau punya anak kecil sehingga terbatas geraknya di dapur. Solusinya adalah membeli sayuran di luar rumah. Manda sendiri favoritnya beli di luar adalah cap jay dan paklay. Kalau masakan sayur ala Jawa bisa didapatkan di warung mahasiswa atau tempat makan yang menjual aneka macam masakan sayur dan lauk.

Menyiapkan lauk.

Bagian ini yang Manda suka, setelah menanak nasi, memasak sayur, bagian yang paling mudah adalah menggoreng lauk. Pilih lauk yang mudah disajikan kalau kita sibuk seharian mengerjakan banyak hal. Banyak pilihan saat ini, seperti : tepung instant untuk ayam atau ikan, bumbu rendaman untuk daging, telur, sosis, nugget dan banyak bahan lain yang memudahkan kita mempersiapkan menu masakan hari ini.

Perlu diingat, bahwa kita sebagai istri atau ibu rumah tangga bertanggung jawab secara tidak langsung pada gizi seluruh anggota keluarga. Cerdas di dapur artinya mengolah bahan makanan dengan memperhatikan kandungan gizi dan seimbang antara sayur, lauk dan buahnya. Nah, tertantang menjadi ibu rumah tangga? 


Yuk nikmati dan jemput pahala berlipat dari apa yang kita lakukan untuk keluarga kita. (Manda, 2016)

6 comments:

  1. Masak teh yg paling susah ngumpulin niatnya hihihi...

    ReplyDelete
  2. aku biasanya menyusun menunya mba :D untuk seminggu... trs serahkan ke mba di rumah untuk mengeksekusi :D

    ReplyDelete
  3. aku sih suak abnget bikin tumisan , mudah sekali dan gak butuh waktu lama

    ReplyDelete
  4. kalo saya sih jarang beli mbak 80% masak sendiri, lumayan hemat, hihihi #pelit

    ReplyDelete
  5. Kalau serba instan kira2 aman ndak? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya jangan semuanya instant atuh mba Nisa. yang kita gak bisa bikin aja, contohnya kecap. hehehe. selama bahan utamanya alami dan berkualitas baik, bumbu kan hny pelengkapnya. dan kami sekeluarga selalu NO MSG kl memasak, pun saat makan luar requestnya, gak ush pakai moto. begitu mba. ^_^

      Delete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D