Wednesday, 5 October 2016

ASUS ROG G752VS, Monsternya Notebook Gaming

ASUS ROG G752VS


ASUS, ROG dan Nvidia Pascal

Halo sahabat tamasyaku, cerita kali ini masih tentang wisata teknologi kita bersama produk-produk dari brand ASUS. Beberapa waktu lalu, saya menghadiri pembukaan ASUS ROG Store di Yogyakarta. Sempat tercengang dengan produk ASUS G752VS, karena ketercengangan itu akhirnya saya menyebutnya sebagai monster notebook gaming. Sebelumnya, saya akan menceritakan terlebih dulu tentang ASUS dan ROG. ASUS adalah pemilik brand Republic of Gamers (ROG), nama yang sangat identik dengan produk yang menawarkan pengalaman bermain terbaik. Sedangkan Nvidia adalah vendor pembuat prosesor grafis yang mengeluarkan chip grafis Pascal.

ASUS G752VS sendiri adalah produk ASUS dari lini notebook gaming yang sudah diperluat oleh chip grafis Nvidia GTX1070 berarsitektur Pascal. 

Berikut review saya tentang monster notebook gaming ini yang dirangkum dalam 13 Kelebihan ASUS ROG G752VS bagi gamers enthusiast. Seperti apa ulasannya, simak yuk!



1. Performa ASUS ROG G752VS. 

ASUS G752VS menggunakan rangkaian prosesor Intel Core i7 6100HQ yang mampu di overclock.  Prosesor ini memiliki frekuensi di angka 2.6 GHz dan bisa bekerja hingga 3.5 GHz dengan Intel Turbo Boost Technology. Chip tersebut juga memiliki nilai TDP sebesar 45 Watt.

Asus RoG G752 dilengkapi dengan storage sebesar 1000 yang dapat diekspansi. Varian yang direview kali ini belum menyediakan tambahan penyimpanan berbasis SSD menggunakan slot PCIE 4. Namun bagi Anda yang kurang puas dengan kapasitas penyimpanannya dapat menambahkan menggunakan HDD hingga 2000 GB dan keping SSD hingga 512 GB.

Sementara untuk RAM, varian yang direview menggunakan memori sebesar 8 GB. Akan tetapi pengguna juga dapat menambahkan memori sementara tersebut hingga 64 GB dengan menggunakan dua slot yang dapat diakes di bagian bawah notebook. 



2. Chip grafis Nvidia Pascal 

Nvidia GTX1000 series  untuk notebook pun memiliki kekuatan yang hampir setara dengan graphic card untuk kelas desktop. ASUS menyematkan chip grafis Nvidia 1070 pada notebook ROG G752VS. Nvidia mengklaim bahwa mikroarsitektur pada Nvidia pascal akan membawa banyak sekali peningkatan pada pada perangkat gaming. 

3. Desain monster notebook gaming ASUS ROG752VS. 

ASUS ROG G752VS masih menggunakan tubuh yang aerodinamis dengan struktur rangka keyboard non flat. Notebook bercorak warna perak ini menggunakan bentuk agak menukik kebawah mirip seperti sport car atau pesawat terbang. Desain yang seperti itu akan memudahkan para gamers dalam menggunakan keyboardnya karena  pergelangan tangan akan lebih mudah dan nyaman menjangkau papan keyboard.

Pada bagian depan atau LID cover, G752 dibuat menyerupai sosok pahlawan super Iron Man. Ada dua buah sirip yang dapat menyala mengapit logo ROG yang berada di tengah. LID cover terbuat dari bahan aluminum yang terasa elegan ketika dipandang. Karena terasa kokoh saat dipegang, saya terceletuk menyebutnya monster.
Pada bagian belakang, desain pada ruang ventilasi udara pembuangan panasnya  juga keren. Lengkungan pada bagian belakang dibuat simetris dan berpadu dengan corak warna perak dan emas ditambah dengan nama brand Republic of Gamers, membuat ROG G752VS semakin terlihat elegan. Perpaduan besar, kokoh, dan elegan dalam satu notebook gaming. 

4. Ukuran ASUS ROG G752VS yang mumpuni. 

Notebook gaming ROG G752VS ini berdimensi cukup besar. yaitu 385 x 255 x 32.4 mm. Dengan ketebalan kurang lebih 3 cm dan berbobot sekitar 4 kilogram, notebook ini terlihat berat dan kekar. Namun demikian, untuk ukuran notebook gaming kelas premium, dimensi seperti itu dapat dimaklumi mengingat mesin spesifikasi yang ada didalamnya. 


5. Fitur Nvidia G-Sync pada layar ASUS ROG G752VS. 

ASUS ROG G752 didesain dengan bentang layar seluas 17.3 inci. Layar yang sangat besar untuk ukuran notebook, tetapi pas untuk hardcore gamer. Display-nya juga telah mendapatkan finishing matte yang berguna untuk membuat mata para gamers tidak mudah lelah jika menggunakan notebook ini dalam jangka waktu cukup lama. Jenis layar seperti ini pun juga membantuk mereduksi pantulan sinar cahaya dari luar layar secara signifikan.
Dengan panel beresolusi Ultra HD (UHD) (3840X2160), layar G752VS telah dilengkapi dengan tingkat refresh rate 60 Hz. Artinya layar mampu menampilkan sebanyak 60 gambar per detiknya. Sudah sepantasnya memang, notebook berbekal kartu grafis mutakhir haruslah diimbangi dengan layar berteknologi mumpuni agar gambar yang dihasilkan bisa ditransmisikan dengan baik.
NVIDIA G-SYNC adalah sebuah fitur yang ditempatkan pada layar dari NVIDIA. G-SYNC memperhalus gerakan gambar dengan menyesuaikan refresh rate layar dengan refresh rate yang dihasilkan oleh GPU, sehingga layar yang sudah menggunakan teknologi ini bisa dipastikan memiliki gerakan yang lebih mulus dan mampu mengeliminasi gerakan patah-patah (screen tearing) yang diakibatkan oleh ketidak-cocokan refresh rate antara layar dan GPU. 

6. Layar berteknologi in-plane switching (IPS) 

Layar IPS ini juga mendukung sudut pengelihatan yang lebih besar yakni 178 derajat baik dalam keadaan vertikal maupun horizontal. Keuntungannya, dari sisi gamer, mereka bisa mendapatkan posisi terbaik dan ternyaman dari suduh manapun yang diinginkan. 

7. Optimalisasi visual dalam 4 mode. 

Di dalam ASUS Splendid Technology terdapat empat buah mode yang bisa dipergunakan untuk menyetel layar agar nyaman ketika dipergunakan. Empat mode tersebut antara lain, Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode, dan Manual Mode. 



8. Kenyamanan mata saat bermain game dengan ASUS ROG G752VS.

Pada kesempatan pembukaan ASUS ROG Store di Yogyakarta, saya sempat bertemu dengan Team NXL. Team NXL adalah brand ambassador untuk Republic of Gamers. Sempat dikatakan bahwa mereka melatih kemampuan gamingnya dengan berlatih 8 jam setiap hari. Beruntunglah bagi para gamers, di ASUS ROG G752VS ini telah ada eye care mode yang mampu mereduksi cahaya biru pada layar hingga 33 persen.

Mode ini merupakan fitur teknologi terbaru yang telah dirancang oleh para engineer ASUS, dengan mempertimbangkan faktor kesehatan pada retina mata. Cahaya biru merupakan salah satu penyebab dari degenerasi makula dan cedera pada retina. Dengan eye care mode ini maka kecerahan pada cahaya biru di layar akan direduksi untuk menghindari cedera pada retina mata. Mode ini dirancang untuk keperluan penggunaan laptop dalam waktu yang lama. 


9.  Desain keyboard bagi para gamers. 

Notebook yang di desain khusus untuk para gamers, di notebook ini kita juga akan menemukan tombol AWSD yang di highlight dengan warna merah pada bagian samping tombol huruf tersebut. Kita juga mendapatkan backlight berwarna merah yang menyala sangat cantik dan berfungsi selain untuk menerangi tombol-tombol pada keyboard, juga memberikan kesan garang pada notebook ini. Tingkat pencahayaan pada backlight keyboard notebook ini juga bisa diatur sesuai dengan keinginan pengguna.

Ketika menggunaakan G752, Anda akan mendapati notebook ini memiliki tingkat kemiringan keyboard dengan sudut sekitar 100-105 derajat ke arah pengguna. Sehingga ketika menggunakan notebook tersebut Anda tidak perlu lagi menggunakan bantalan khusus agar keyboard terangkat ke atas.

10. Teknologi IceCool yang tidak membuat pergelangan tangan gamers panas. 

Pada area dipinggir touchpad, yakni area palmrest, ASUS menanamkan fitur IceCool Technology. Tujuannya agar Anda dapat berlama-lama menggunakan notebook tersebut tanpa khawatir pergelangan atau tangan Anda akan terasa panas. IceCool mampu mengatur agar panas yang dikeluarkan hingga tetap berada pada rentang antara 28 hingga 35 derajat. Artinya, masih dibawah suhu normal tubuh manusia yakni 36 derajat. 

Umumnya, semakin tinggi spesifikasi sebuah notebook berbanding lurus dengan panas yang dihasilkan oleh komponen. Untuk mengatasi hal tersebut, ASUS menempatkan komponen yang menghasilkan panas seperti motherboard, kartu grafis, prosesor dan heatsink dibagian atas keyboard agar panas yang dihasilkan tidak menggangu telapak tangan pengguna. 

11. Sistem pendingin dengan menggunakan 3 teknologi yang mumpuni. 

Pada laptop gaming mutlak diperlukan sistem pendingin atau cooling system untuk memastikan kenyamanan serta keamanan perangkat tetap baik, meski digunakan dalam intensitas kinerja yang sangat tinggi. Sebagai mesin game berkuatan super, tentu saja ROG G752 memiliki sistem pendinginan yang telah dirancang dengan sangat cerdas serta lebih dari satu. 

Pada ROG G752, ASUS telah meng-upgrade sistem pendinginnya dari produk sebelumnya. Peningkatan itu adalah telah ditanamkannya teknologi 3D Vapor Chamber pada notebook gahar ini, sebagai solusi mengatasi panas. Tidak hanya itu, ROG G752 juga memiliki solusi manajemen panas bernama Anti Dust thermal tunnel. Fitur tersebut secara ekslusif didesain untuk membuang debu dan kotoran yang mungkin menumpuk pada kipas dan menjaganya tetapi bersih dari debu yang mungkin menumpuk. Hal tersebut juga akan meningkatkan performa dari cooling sytem. ASUS juga memiliki TurboMaster technology yang bisa mengoverclock GPU hingga 5% secara real time.

Karena ketiga rumus yang diberikan oleh ASUS, notebook ASUS RoG G752 tidak hanya sekedar memiliki performa yang buas saja, namun juga lebih stabil, lebih tahan lama dan lebih nyaman untuk digunakan. Terbukti ketika melakukan pengetesan, notebook ini memiliki suhu hanya 46 derajat celcius saja pada permukaan notebook dalam kondisi maksimal, umumnya kami menemukan suhu diatas 54 derajat celcius di notebook yang sekelas.

ASUS juga mendesain lubang pembuangan panas berada tepat di belakang notebook ini, bukan dari samping sebagaimana notebook kebanyakan. Sehingga panas yang dikeluarkan tidak akan menggangu lingkungan sekitar tangan ketika menggunakan sebuah mouse di sebelah kanan atau kiri notebook jika anda kidal.

12. Audio ASUS ROG G752VS dilengkapI Sonic Bass Woofer.

Dua buah speaker sebuah subwoofer internal yang disebut dengan ASUS dengan nama Sonic Bass Woofer, yaitu sebuah Subwoofer 3 jalur yang diletakan dibawah notebook yang bisa menghasilkan suara bass dengan input power maksimum 3 Watt dan respon frekuensi sebesar 0 hingga 20 KHz. 

13. Gratis Xsplit Gamecaster Seumur Hidup.

Setiap pembelian notebook ASUS RoG G752, kita berhak mendapatkan software Xsplit Gamecaster gratis seumur hidup, tidak hanya 6 bulan masa percobaan saja. Dengan software ini, kita bisa merekam permainan game kita dan melakukan chatting dengan gamers lain saat bermain. Asiknya lagi, Xsplit Gamecaster yang ada di ASUS RoG G752 sudah mendukung penggunaan NVIDIA G-SYNC.

Saat disinggung tentang benchmark dari ASUS ROG G752VS ini, hasilnya hampir semua aplikasi benchmark yang dijalankan melalui perangkat ini, mampu mendapatkan hasil skor yang sangat baik.


 

Berikut spesifikasi dari monster notebook gaming ASUS ROG G752VS :

Spesifikasi ASUS ROG G752VS
 
ASUS ROG G752VS ini disarankan bagi seorang yang gemar berkreasi dengan konten multimedia, memacu kreativitas tanpa batas lewat gambar diam dan bergerak, serta meningkatkan berkeinginan untuk menjadi gamer professional yang handal. Memang harga  yang ditawarkannya cukup tinggi, tetapi itu sebanding dengan kemapuan serta prestise yang akan didapat.

19 comments:

  1. Spekny mantep buat yang hobby game. Pasti gak ada lemotnya langsung jalan. Tapi beratnya lho 4kg byuuuhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Speknya keceeee dan beratnya bikin langsing kalau ditenteng2 ya barb. Wkwkwkwkwkwk.

      Delete
  2. wah ini cocok banget buat adekku yang hobi ngegame

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah boleh direkomendasikan ya mak ni ROG G752VS biar makin kece dan jadi gamers profesional.

      Delete
  3. Spek iblis emang ini laptop mbak... apalagi yg gx700 pake liquid cooling #beuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah aku menyebutnya monster, ini ada yg lebih gahar nyebutnya iblis, hahahahaha. Mantaaappp yaaaa kak!

      Delete
  4. Monster gamingnya kece badai yaa..bikin mupeng ih.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa nii makjuli, aku sampai ternganga pas nyoba ngangkat notebook ini. Emejing!

      Delete
  5. Pecinta games pasti ngiler liat speknya yg 'gahar'.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kantongnya juga pada pas buat punya monster ini ya makma. Hehehehehe.

      Delete
  6. Wiii monster ini pasti jadi incaran para gamers nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Indri, debum debum suaranya pas opening Asus Rog aja bikin keder telinga.

      Delete
  7. Kalo adekku aku kirimin link ini pasti langsung kalaaaaap :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kirimin mak infonya biar bisa ikut cobain ketjenya ROG G752VS ini.

      Delete
  8. Jangan sampe ketauan suamiku. Nanti diem2 dia beli ini. Gawattt. >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trus suamimu ajak suamiku buat main bareng ya maknon, kan secara temen SMA, hahahahaha

      Delete
  9. Untung ga doyan game jadi ga tergoda dan berakhir kalap 😜😜😜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku, krn tangannya kecil, terlalu berat bawanya, hihihi.

      Delete
  10. Speknyaaa... ampun-ampunan dah.. gila bener.. buat main game apa aja gak ada ngeleknya ini mbak..

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D