Wednesday, 23 November 2016

Cemilan Unik Asal Papua Ini Harus Anda Coba

sumber : http://www.dinkop-umkmpapuabarat.com/

Ketika kita mendengar kata : "Papua", apa yang muncul dalam benak kita? 

Terbayang tentang sebuah daerah yang masih berada di pedalaman dengan budaya adat yang kental masih dianut penduduknya. Atau mungkin kita berfikir tentang banyak orang yang menggunakan koteka, memiliki ciri rambut dan warna kulit yang khas, serta tinggal di rumah-rumah unik di daerah pedalaman. Mungkin untuk sebagian orang, Papua ini merupakan sebuah pedalaman yang terpencil dan sangat jauh. Sebagian besar yang lain, mengenal Papua sebagai surga kecil dikarenakan pemandangan alam yang masih sangat alami. Namun demikian, tidak banyak orang yang tahu jika Papua memiliki cemilan unik yang mempunyai rasa yang lezat

Apa saja camilan tersebut?


Makanan yang pertama ialah papeda. Papeda ini merupakan salah satu makanan yang berasal dari Papua. Makanan ini sangat terkenal di Indonesia dikarenakan di sering dipromosikan ketika di program acara televisi yang memiliki tema jalan-jalan. Pepeda merupakan bubur sagu, ia dimasak dengan bumbu kuah yang berwarna kuning. Papeda ini mempunyai rasa yang begitu lezat dan unik. Untuk yang belum terbiasa menikmatinya mungkin akan menganggap ia memiliki rasa seperti lem. Namun, jika Anda sudah terbiasa, Anda akan ketagihan dibuatnya, terlebih bila ia disantap dengan menggunakan kuah kuning. Saat Anda pergi ke Papua, jangan lupa untuk merasakan kelezatan Papeda ini.

Cemilan lainnya ada martabak sagu. Mungkin Anda kurang familiar dengan martabak sagu ini. Saat bersantai di rumah, mungkin Anda sering menyantap martabak. Namun, pernahkah Anda merasakan martabak sagu? Martabak ini berbeda dengan martabak yang dijual pada umumnya. Saat berada di Papua Barat, Anda dapat menikmati kelezatan dari martabak ini. Jangan membayangkan jika ia mempunyai rasa yang biasa. Martabak ini digoreng dan dicampur dengan menggunakan gula merah. Rasanya sangat manis dan pas dijadikan sebagai teman minum ketika sore hari.

Cemilan unik yang berasal dari Papua berikutnya ialah Aunu Senebre. Camilan ini sedikit berbeda dengan papeda. Untuk papeda, ia memiliki tekstur yang lebih lengket, namun untuk aunu senebre ini ia lebih kering. Mungkin Anda bertanya, terbuat dari apakah camilan ini? ia terbuat dari ikan teri goreng yang dicampur dengan daun talas yang di iris tipis. Biasanya makanan ini sebagai pelengkap papeda yang disajikan dengan kuah kuning.

Nama yang unik? Sudah biasa, namun bagaimana perasaan Anda saat mendengar nama makanan ini, yakni udang selingkuh. Makanan yang satu ini memang membuat begitu penasaran dikarenakan memiliki nama unik. Mengapa ia dapat disebut selingkuh? Dikarenakan ia mempunyai bentuk tubuh yang bercapit kepiting. Jadi, banyak anggapan jika udang ini berselingkuh dengan kepiting. Rasa yang dimiliki oleh udang ini hampir sama dengan udang-udang umumnya. Penyajiannya pun beraneka ragam, ada yang di masak dengan bumbu khas Papua, ada yang digoreng, ada juga yang direbut. Jika Anda masih penasaran, Anda dapat melihat serta mencicipi rasanya secara langsung di Papua Barat tepatnya berada di Wamena.

Cemilan unik lainnya ialah sate ulat sagu. Jika Anda baru pertama kali merasakan, mungkin Anda merasakan geli terlebih di tambah dengan tekstur kenyal saat pertama kali mencoba. Sate ini terbuat dari ulat sagu yang diambil dari pohon yang dibiarkan membusuk. Ulat akan di bakar terlebih dahulu menyerupai sate. Untuk yang sudah terbiasa, mungkin bukan hal yang menjijikkan memakannya secara langsung. Sate ulat ini mempunyai rasa yang gurih dan manis. Anda dapat menikmati sate ini dengan duduk sambil menikmati matahari terbenam bersama dengan orang tersayang. Bagaimana? Mengasyikkan bukan?

7 comments:

  1. penasaran sama sate ulat sagunya...sanggup gak ya makannya

    ReplyDelete
  2. Udang selingkuh nya yg aku penasaran :D. Dulu pas papa masih kerja di papua mbak, kalo balik ke rmh pasti yg dibawa oleh itu kepiting yg udh seTVengah matang, jd kita di rmh cm tinggal ngolah lagi. Dan itu sumpaaaah gueedeee byangeettt. Capitnya aja segede lengan dewasa. Dibawa seember cm 150rb. Papa beli dr org lokal sana.. Gila itu makannya puas banget. Makanya kalo udh menyangkut seafood, papua paling juara ! ;)

    ReplyDelete
  3. Sate ulat sagu gabisa bayangin rasanya tapi penasaran bangeett

    ReplyDelete
  4. Sate ulat sagu???? Hiiiiii apa rasanya mba? Ngebayanginnya geli banget

    ReplyDelete
  5. penasaran sama semuanyaa, baru tau camilan di Papua nih, moga bisa ke papua,, amiin,

    ReplyDelete
  6. Saya punya teman penjual martabak manis bangka, dan udah 5 tahun merantau ke Papua, jadi penasaran rasanya martabak sagu dibandingin sama martabak bangka bakal gimana yah hehe

    ReplyDelete
  7. Papua manise, itu cemilannya bikin penasaran banget! Thanks for sharing, btw.

    Salam,
    Syanu.

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D