Wednesday, 7 December 2016

Tips Memilih Gitar Murah dan Berkualitas


Musik menjadi gaya hidup sebagian masyarakat modern. Dengan musik, mereka bisa mengekspresikan apa yang dirasakan dalam hati melalui sebuah lagu. Mendengarkan musik juga diklaim bisa membuat fikiran lebih rileks dan hati yang tenang. Untuk mendapatkan musik dengan irama sempurna, tentunya dibutuhkan instrumen pendukung yang disebut alat musik. Alat musik yang tersedia sangat banyak macamnya dan mampu memberikan nuansa irama baru dan khas yang berbeda, salah satunya adalah gitar. Kini sudah tersedia dengan berbagai bahan dan bentuk, dari mulai gitar murah hingga berharga sangat mahal.




Gitar merupakan alat musik yang bisa mengiringi hampir semua jenis lagu, mulai dari pop, rock hingga dangdut dan masih banyak lagi. Bentuknya yang tidak terlalu besar juga cukup mudah dibawa sehingga tetap nyaman saat dimainkan dimana saja. Gitar terdiri dari 2 jenis yaitu gitar akustik dan gitar listrik. Gitar akustik mampu mengeluarkan suara lewat resonansi udara dalam lubang gitar dan jenis gitar ini cocok dipakai oleh pemula hingga profesional. Untuk itu berikut ini ada beberapa tips yang bisa diterapkan sebelum membeli gitar akustik:

1. Jenis gitar akustik

Perlu diketahui bahwa gitar akustik terdiri dari dua jenis yaitu gitar klasik dan gitar string. 

Berikut ini ciri-cirinya:
  • Gitar klasik:
  1. Senarnya terbuat dari nylon.
  2. Tidak memiliki lekukan antara body dan leher gitar.
  3. Suara lebih berat.
  4. Suara jernih.
  • Gitar string:
  1. Senarnya terbuat dari kawat logam.
  2. Memiliki lekukan antara body dan leher gitar.
  3. Suara senar lebih jernih.
  4. Leher gitar lebih kecil.

2. Anggaran

Setelah Anda membuat keputusan untuk memilih gitar yang mana, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan anggaran khusus. Gitar dengan kualitas terbaik tentu saja berharga sangat mahal hingga jutaan rupiah. Namun gitar tersebut juga disesuaikan dengan fungsinya, misalnya untuk band kelas atas yang sering konser atau untuk rekaman lagu, gitar mahal pasti menjadi kebutuhan. Namun apabila Anda masih pemula, atau hanya sekedar hobi maka memilih gitar murah sudah cukup. Yang terpenting bukan harga gitar, tapi teknik permainannya.

3. Body

Body gitar bergantung dari bahan pembuatannya, ada yang dari terbuat keseluruhan dari kayu, kombinasi triplek dan kayu, dan berbahan triplek saja. Gitar berbahan kayu cenderung lebih berat, namun juga lebih tahan lama terhadap tarikan dawainya. Untuk mengeceknya, Anda bisa mengetuk body gitar dengan pelan dan dengarkan bunyinya. Jika suara yang ditimbulkan cukup keras, maka kualitasnya juga baik.

4. Leher gitar

Cek bagian leher gitar dan juga penempatan senarnya. Gitar yang baik adalah dengan leher lurus dan tidak mudah bengkok. Kemudian cek juga penempatan senarnya apakah terlalu ke pinggir atau tidak. Jika penempatan terlalu ke pinggir, hal ini bisa mengurangi kenyamanan Anda dalam bermain gitar.

Sebelum memutuskan membeli, pastikan untuk mencoba memainkannya terlebih dahulu saat berada di toko sehingga Anda tahu apakah gitar tersebut cukup nyaman dipakai atau tidak. Pilih tuner gitar yang bermerk dan gitar dengan lubang yang tidak terlalu besar sehingga suara yang dihasilkan tidak pecah. Pastikan membeli gitar di toko alat musik yang terpercaya agar terhindar dari kedok penipuan. Gitar murah tidak selalu identik dengan kualitas buruk, asalkan Anda bisa cermat dan teliti dalam melakukan pemilihan sebelum memutuskan membeli.

No comments:

Post a Comment

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D