Thursday, 9 February 2017

Bekal Liburan yang Disuka Balita

cara mengatasi anak yang susah makan
Bekal Liburan yang Disuka Balita

Halo sahabat tamasyaku, berjumpa lagi dengan edisi onty Ima membawa serta Rafisqy dalam jalan-jalan ala tamasyaku ya. Sebelum mengajak balita serta dalam acara jalan-jalan, baca dulu persiapan yang harus dibawa saat mengajak balita liburan. Saat liburan, kondisi kesehatan yang perlu diperhatikan agar liburan tetap mengasyikkan. Salah satunya memperhatikan asupan makan selama liburan, lalu bagaimana jika anak susah makan? Berikut Manda tulis beberapa hal yang Manda lakukan saat mengajak Piki, walaupun Piki bukan tipe anak yang susah makan. Semoga bisa bermanfaat bagi sahabat yang mencari cara mengatasi anak yang susah makan ya, yuk simak!

Bekal Liburan yang Disuka Anak, yang Susah Makan Sekalipun!


1. Kenali Makanan yang Disukai Anak
Sebagaimana orang dewasa, kita pun saat mau makan juga memilih makanan yang pas dengan selera kita kan ya? Kadang lidah sebagai indera pengecap mengirim sinyal ke otak bahwa saat ini memilih rasa manis, rasa pedas atau rasa gurih. Demikian pula untuk anak yang sudah bisa menyebut makanan ketika akan makan. Beruntung Rafisqy bukanlah anak yang susah makan, sehingga mudah untuk Manda mengetahui makanan kesukaan Piki, yaitu : ayam goreng crispy yang rasanya gurih.


Bagi beberapa orang tua yang mempunyai anak yang susah makan, mungkin perlu untuk mencobakan semua makanan ke anak kita. Setidaknya kita bisa memilihkan bekal saat liburan yang disukai anak, karena makan dengan bekal yang tidak disuka anak membuat anak rewel. Seperti apa kriteria makanan yang dicobakan pada anak? 
  • Manis
  • Gurih
  • Renyah
  • Basah
  • Ayam
  • Telur
Keenam hal di atas harus dipadu padan menjadi banyak menu yang bisa dicobakan ke anak kita. Dengan melihat jumlah yang dihabiskan, kita bisa menyajikan yang disukai anak saat memilih bekal liburan. Kalau Piki suka ayam goreng gurih, semur telur manis, dan sup bakso daging cacah yang gurih. 

Poin satu. kenali masakan yang disukai anak yuk!

2. Kenali Warna yang Disukai Anak.

Tentu hal yang lumayan membingungkan ya, kenapa warna bisa memperngaruhi anak untuk tidak lagi susah makan. Sebagian penyebab anak susah makan bukan tentang makanan yang tidak enak, melainkan tentang suasana hati anak saat melihat makanan. Saya bukan psikolog, tapi setidaknya, saya belajar dengan diri saya sendiri. Kenapa kadang-kadang saya menjadi bersemangat untuk menghabiskan makanan yang secara rasa sebenarnya kurang enak. Ternyata, salah satunya adalah warnanya yang cantik dan membuat saya pun bersemangat untuk mengambil merah, kuning, hijau dan ungu dari masakan tersebut. 


Demikian pula dengan anak-anak. Warna kesukaan anak menjadi sesuatu yang memancingnya untuk mencicip makanan yang ada di depannya. Kalau belum mengetahui warna kesukaan anak, cobalah menghidangkan makanan yang beraneka warna, misalnya dengan membuat agar-agar dari warna yang bermacam-macam. Selain menambah perbendaharaan warna dari anak, hal lainnya adalah bagian cara mengatasi anak yang susah makan jadi bersemangat untuk setidaknya mencicip masakan sesuai warna yang dia suka.

Poin dua. kenali warna yang disukai anak yuk!

3. Coba Menu Baru yang Menjadi Ketertarikannya.

Sebagai seorang ibu yang mendampingi aktivitas balitanya, tentu kita sering melihat tayangan film anak-anak bersama. Menurut Manda, bagian cara mengatasi anak yang susah makan adalah dengan mempertontonkan film-film yang berbau masakan, sehingga secara indera penglihatan merangsang anak tergoda untuk makan. 

Kok bisa? 

Secara pengalaman Manda dan Panda, kami berdua hobi menonton drama Jepang di Waku Waku Japan, mulai dari koki Hoshino, midnight dinner, sampai koki Ichiki, dan chef lain yang menginspirasi Manda bergerak di dapur. Dari setiap cerita perjalanan yang menyertakan kuliner pun, selalu membuat Manda dan Panda menelan ludah dan ingin sangat mencicipi hidangan tersebut. Dari sinilah, Manda punya harapan untuk anak yang susah makan bisa terpancing emosinya uintuk menyukai makanan.


Seperti contohnya makaroni schotel ini, bagaimana memasukkan sayuran seperti wortel dan jamur supaya Piki bisa menyantap sayuran sesuai dengan taste yang Piki suka. Sup makaroni yang gurih lalu dikentalkan dengan susu dan keju, bercampur dengan sayuran yang dimasak enak oleh onty Ima membuat Piki bisa yang memang doyan makan menjadi lahap menyantap makanan buatan onty Ima.

Poin tiga. Kenalkan masakan baru pada anak.

Selamat bereksplorasi di dapur ya seluruh ibu-ibu di seluruh dunia!

Karena dapur dan masakan yang kita hasilkan adalah pesan cinta kita kepada keluarga yang kita sayangi. (Manda, 2017)

1 comment:

  1. Betul banget, mending bikin beka yang disukai anak dari pada beli di tempat tamasya yang belum tentu sehat dan higienis... belum lagi harganya mahal

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D