Sunday, 19 February 2017

Tips Mencuci Baju Setelah Liburan


Liburan itu menyenangkan ya? Ya iyalah, kalau tidak menyenangkan, orang memilih untuk tidak menghabiskan waktu liburnya untuk liburan. Dan tentunya, tidak perlu ada sabtu dan minggu yang disebut sebagai hari libur. Ya kan? Liburan itu menyenangkan, saat merencanakan mau bepergian kemana dan menikmati apa saja di tempat liburan. Memilih pakaian yang akan dibawa, dipakai berfoto, menyesuaikan tema liburan dan tempat yang akan dikunjungi adalah hal yang menyenangkan saat berencana akan liburan. Lalu, bagaimana ketika pulang liburan? Hahahahaha, inilah pengalaman pribadi Manda yang kalau pulang liburan seperti buka laundry di rumah.

Liburan 2 hari 1 malam, ternyata sudah membuat tumpukan cucian di ruang cuci Manda menjadi penuh, terlebih ada beberapa baju kerja Panda yang belum sempat dicuci saat memutuskan liburan di hari Sabtu dan Minggu. Apa ya kira-kira tips yang akan dibagikan Manda untuk sahabat tamasyaku tentang mencuci pakaian dengan sabun deterjen untuk pakaian yang dibawa liburan? Yuk kita intip sama-sama ya.

Tips 1. Pisahkan Kemeja Panda

Untuk yang satu ini, kemeja Panda adalah hal yang paling penting bagi Manda saat mencuci pakaian. Kemeja Panda sudah berulang kali berubah warna ketika Manda teledor saat mencucinya. Menjadi pelajaran, bahwa mencuci pakaian kerja atasan atau kemeja kemudian dipisah dan dilakukan pertama kali. Sabun deterjen yang dipilih adalah sabun cair anti noda yang selain Manda masukkan saat mencuci dengan mesin cuci bukaan depan, juga Manda oleskan di bagian seperti kerah dan ujung lengan. Semoga tips pertama ini membantu sahabat tamasyaku untuk menjaga kemeja tetap berwarna sama setidaknya untuk 2 bulan ya.

Tips 2. Pisahkan Pakaian Sesuai dengan Jenisnya.

Setelah mencuci kemeja kerja Panda, selanjutnya adalah memisah pakaian sesuai dengan jenisnya. Biasanya, Manda membaginya menjadi pakaian bepergian atasan Manda dan Panda, dicuci bersamaan dengan daleman. Mengingat tingkat kotornya paling hanya keringat, maka sabun cair yang digunakan tetap sabun cair anti noda dan jangan lupa menambahkan pelembut supaya wangi dan mudah saat disetrika.

Berikutnya adalah mencuci celana panjang, jeans, bawahan Manda dan kaos kaki. Itu bisa bersamaan karena tingkat kekotoran yang hampir seragam. Dan biasanya bahannya dari bahan yang berat, sehingga 3 celana saja sudah berat jika dibanding dengan baju atasan. Seperti biasa, untuk bahan yang berat dan kotor, cara mencucinya tetap menggunakan sabun deterjen anti noda dan pilih suhu mencuci yang 30 derajat. Jangan terlalu panas jika sedang mencuci kaos kaki, karena kaos kaki bisa mengkerut dan akibatnya tidak bisa dipakai. hiks. Itupun pernah terjadi saat Manda mencuci daster Bali yang baru dan lupa pilihannya masih 30 derajat, alhasil baju baru Manda pun ikut menciut dan menjadi atasan (yang awalnya selutut jadi seperut), huaa huaa huaa, kudu ke Bali lagi untuk membelinya nih. 

Tips 3. Segera Angin-Angin Begitu Selesai Dicuci

Nah, lalu untuk bahan yang lembut dan halus, seperti bahan kerudung dan pashmina, Manda biasanya mencucinya dengan menggunakan tangan. Dan lalu menggantungnya sampai air yang menetes habis, lalu diangin-angin seperti biasa. Demikian juga untuk batik yang Panda kenakan di hari Jumat, batik juga dicuci dengan menggunakan lerak, semacam cairan cuci batik yang bukan sabun, hanya dibilas, lalu diangin-angin. Baju gamis yang berbahan dari kaos atau dari bahan yang molor pun tidak pernah Manda cuci dengan mesin cuci, cukup dikucek dengan sabun deterjen cair yang tidak terlalu banyak, lalu direndam ke pewangi dan dibilas. Selanjutnya dikeringkan dengan diangin-angin menggunakan hanger.

Tips 4. Ambil Cucian Kering dan Lipat.

Setelah seharian diangin-angin dengan menggunakan hanger, pakaian akan kering dan kalau Manda, segera diambil dan saya lipat masukin ke dalam tas untuk disetrika di laundry. Pun ketika ingin menyeterika sendiri, jaman dari dulu diajari mama, pakaian yang sudah kering sebaiknya dilipat, sehingga serat kainnya tidak rusak. Ya, saya sampai sekarang masih mengamalkan ilmu dari mama saya. hihihihi. 

So, jangan lagi takut liburan dan membawa banyak pakaian berwarna-warni ya. Selamat mencuci!

2 comments:

  1. Imaaa... sampai kepikiran ya buat nyuci juga ditulis hahahhaaa.. Tapi emang perlu sih Manda

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D