Wednesday, 12 April 2017

Jalan Keliling Indonesia, Jangan Lupa Coba Masakan Khas Daerah

Mie Aceh - sumber : bbc.com

Ada beberapa daerah di Indonesia yang menyimpan kekayaan alam berupa rempah-rempah, yang tentunya sangat nikmat jika dipakai sebagai bahan untuk memasak. Sumatera dan Sulawesi terutama, yang punya masakan-masakan khas. Beberapa bahkan sudah dikenal dan digemari hingga ke luar negeri. Sebut saja rendang, yang asalnya dari Padang, namun sudah menginvasi setiap kota di Indonesia dengen bertengger menggiurkan di berbagai rumah makan Padang.

Ingin mencoba makan rendang di tempat asalnya? Kamu bisa terbang, dengan Citilink misalnya, ke Sumatera. Di sana, tak hanya rendang Padang yang punya rasa khas dan sangat nikmat, ada juga Mie Aceh, Pempek Palembang, Otak-Otak, Gulai ikan patin, pendap, gulai belacan, Mie Bangka, bahkan kue pun ada, seperti Bika Ambon misalnya. 

Jika tak punya waktu pergi berkeliling ke tempat asal dari makanan-makan itu, jangan khawatir, tiap kota punya kok.


Bika Ambon - sumber : twitter.com

Well, akan lebih nikmat memang, merasakan masakan-masakan khas di tanah asalnya. Nah, kalau kamu masih tertarik, mari kita lanjutkan perjalanan, masih dengan Citilink, ke Sulawesi. Rempah di daerah ini sangat melimpah, sehingga hampir semua masakan khas di sana selalu spicy, berbumbu pekat. Sebut saja Coto Makassar, Bubur Manado, Mie Titi, Kapurung, atau yang manis-manis seperti Pisang Epe pun enak.

Mau ke mana lagi kita terbang? Bagaimana kalau kita ke Bali. Di sana juga ada makanan-makanan khas yang tak boleh kamu lewatkan untuk mencobanya. Yang pertama dan paling banyak dicari, tentu saja Ayam Betutu. Kemudian ada juga Sate Lilit, Lawar Kuwir, Nasi Campur Ayam Bali, Rujak Kuah Pindang dan Rujak Bulung, Serombotan, Tipat Blayag, Nasi Jinggo, juga Nasi Tepeng.

Ayam Betutu - sumber : qraved.com

Nah, setelah puas menikmati kuliner khas Pulau Dewata, mari bergeser ke arah timur untuk menikmati makanan khas dari daerah Papua. Ada beberapa yang bisa kamu nikmati, tapi lima yang ini benar-benar jadi tujuan wajib. Dimulai dari Sate Ulat Sagu, yang pastinya bikin kamu bergidik. Tapi kamu harus mencobanya jika sudah berada di tanah timur.Ada pula Ikan Bungkus, Aunu Senebre, Papeda yang paling sering kita dengar disebut-sebut, serta Ikan Bakar Manokwari.

Buat kamu yang tinggal di Jawa, tak ada salahnya juga untuk berkeliling dari kota ke kota, mencoba makanan khas dari daerah masing-masing. Seperti misalnya Gudeg Yogyakarta, Pecel Madiun, Siomay Bandung, dan masih banyak lagi. Ah, atau kamu bisa coba nasi goreng di setiap kota yang kamu kunjungi itu, mengingat masakan ini juga menjadi salah satu yang diminati para wisatawan mancanegara, hingga dikenal dan selalu dicari jika mereka ke Indonesia.

Pecel Madiun - sumber : foody.id

Well, adalah wajib hukumnya untuk mencoba beragam kuliner khas dari masing-masing daerah yang disebut di atas tadi. Kalau tahun ini punya banyak waktu luang, tak ada salahnya untuk mulai berburu tiket di Traveloka Citilink. Siapa tahu kamu bisa dapat harga promo untuk setiap rencana penerbanganmu. 

So, buat para pecinta kuliner, wujudkanlah!

5 comments:

  1. Wajib ya mba, menikmati kuliner lokal ketika traveling. Sekalian foto2 makanannya.

    ReplyDelete
  2. Aaah mupeng pengen nyobain :D Sukses bikin ngences

    ReplyDelete
  3. betul, cocok gak cocok sm selera tapi plg tidak ada 1 makanan khas yg mesti dicoba :)

    ReplyDelete
  4. Bika ambon favoritku. Kalau ayam betutu malah belum pernah coba euy.

    ReplyDelete
  5. Mak,apa ini mak, aku kemecer syekaleeee~~~~~~ paling top emg masakah daeraaaah indonesiakuuuh~~~

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D