Friday, 26 May 2017

Wisata Kuliner Dapur Manda : Nasi Goreng Mentega

kreasi resep menu bekal sekolah
Nasi Goreng Mentega Ala Manda


Halo sahabat tamasyaku, ketemu lagi dengan postingan kuliner dari dapur Manda ya. Tentunya, bulan ini adalah bulan penuh keberkahan bagi umat Islam, yaitu Ramadhan. Kalau suatu saat, pas siang-siang gak sengaja buka postingan Manda tentang menu buka puasa yang mudah, silahkan dipraktekkan ya. Kalau sebelumnya sering memasak untuk kreasi resep menu bekal sekolah anak, kini saatnya sahabat Manda mengkreasikan untuk menu santap buka puasa yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

Nasi Goreng Mentega Ala Manda


Siapa di sini yang belum pernah mencicipi nasi goreng? Ya, nasi goreng adalah nasi yang digoreng. Tipsnya membuat nasi goreng enak adalah menggunakan nasi yang sudah dingin dan dimasak tidak terlalu lunak. Nasi goreng punya banyak macam, mulai dari yang tidak pedas, topping dan isian yang beragam, sampai level kepedasan mercon. 

Menu buka puasa disesuaikan dengan lidah seluruh anggota keluarga. Oleh karenanya, Manda memilih membuat nasi goreng mentega saat ada kelebihan nasi dari sahur. Nasi goreng mentega ini sangat mudah dibuat dan bisa disesuaikan tingkat kepedasannya.

Tips lain dalam membuat nasi goreng adalah menggunakan kecap asin sebagai pengganti garam ketika tes rasa. Hal ini dikarenakan kecap asin akan mudah merata ke dalam nasi dibandingkan garam, sehingga asinnya bisa merata dan bukan sebagian.

Penasaran seperti apa nasi goreng mentega Manda yang bisa banget dipraktekkan untuk kreasi resep menu bekal sekolah anak selepas lebaran nanti ya.

Bahan :
  1. Nasi secukupnya
  2. Margarin blue band
  3. bawang putih, bawang bombay
  4. garam
  5. loncang sledri (daun bawang)
  6. lombok rawit (hijau atau merah) sesuai selera
  7. kecap manis dan kecap asin
  8. tomat (sesuai selera)
  9. minyak goreng
Lauk pelengkap :
  1. Kerupuk
  2. Telur mata sapi 
  3. Abon sapi/ayam
  4. Kornet goreng
Persiapkan bahan :
  1. iris bawang putih dan bawang bombay.
  2. iris juga cabe rawit hijau bulat-bulat dengan ketebalan 0,5 cm.
  3. siapkan nasi dalam keadaan dingin.
  4. potong loncang sledri bulat-bulat sesuai selera, kalau manda bisa dicampur untuk telur dadarnya.
  5. siapkan : margarin, minyak goreng, kecap manis, garam.
Cara memasak :
  1. Panaskan margarin sampai meleleh dan tuang ke nasi yang sudah dingin, sambil diberi kecap manis sampai secukupnya. Kalau Manda biasanya asal warnanya sudah berubah dikit sudah cukup.
  2. Panaskan 1 sdm minyak goreng dan tumis bawang putih dan bawang bombay.
  3. Masukkan daun bawang, cabe rawit ke dalam wajan, tambahkan garam.
  4. Masukkan nasi yang sudah dilumuri margarin dan kecap manis.
  5. Aduk rata hingga semua tercampur dan nasi menjadi panas.
  6. Tes rasa ketika saat berbuka dan tambahkan kecap asin kalau kurang asin.
Lalu, siapkan telur mata sapi dan goreng kerupuk sebagai pelengkapnya.

Karena nasi goreng ini termasuk masakan yang cepat dibuat, maka untuk menyiapkannya hanya butuh waktu 30 menit termasuk persiapan. Nasi goreng termasuk jenis menu masakan yang fleksibel dimakan kala panas atau dingin. Oleh karenanya, nasi goreng cocok disimpan dan dijadikan andalan kreasi resep menu bekal sekolah yang praktis.

Selamat mencoba ya.

8 comments:

  1. Nasi goreng mentega. Membayangkan saja sudah terbayang keharumannya apalagi di beri toping telur mata sapi. Sedap :-)

    ReplyDelete
  2. Aku sering bikin ini,apalagi kalo stok sayur habis hehe

    ReplyDelete
  3. Hmmm kebayang enaknyaaa

    ReplyDelete
  4. Hmmm kebayang enaknyaaa

    ReplyDelete
  5. Wah kok jadi laper ya 😁

    ReplyDelete
  6. Cocok ni untuk menu sahur nnti

    ReplyDelete
  7. Nasgor menu favorit anakku, mau coba resepnya ya mbak bookmark dulu ah

    ReplyDelete
  8. kelihatannya enak tuh. bagusnya dibuatin sekaligus video tutorial memasaknya bakal tambah sedap.

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D