Sunday, 7 May 2017

Tips Memilih Destinasi Wisata Bersama Orang Tua


Sedang merencanakan liburan keluarga yang nyaman bersama orang tua?

Bingung mau memulainya darimana?

Yuk simak tulisan tamasyaku kali ini yang mau bagi-bagi tips mempersiapkan liburan keluarga yang nyaman bersama orang tua. Karena liburan yang nyaman, bergantung dengan destinasi wisata yang akan dituju dan dengan siapa kita menikmati liburan tersebut, ya kan?




Bagaimana menentukan destinasi wisata yang nyaman saat mengajak orang tua?


Tujuan piknik atau liburan atau tamasya memang menjadi hal utama yang harus disepakati sebelum kita bepergian bersama, terlebih mengajak orang tua. Mulai dengan menanyakan hal-hal berikut :
  • Mau tempat yang dingin atau panas?
  • Mau yang jauh atau dekat? (biasanya disesuaikan dengan budget liburan)


Setelah mengajukan pertanyaan di atas, tentunya jawaban yang diterima pasti beragam. Pengalaman saya, orang tua akan menjawab dengan jawaban : "manut yang muda". Padahal ada beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan saat memilih obyek wisata nantinya, jika mengajak serta orang tua.

Jawaban nomor satu dan dua menjadi penentu pertanyaan selanjutnya, perlu tidaknya menggunakan alat transportasi dan menginap dimana?
Pertimbangan di atas dilakukan, karena sepengalaman Manda membawa serta orang tua, banyak hal yang kadang kita nggak terpikir tetapi orang tua menjadi tidak menikmati perjalanan, diantaranya :
  1. Bersilaturahmi ke tempat saudara di kota yang sedang tuju untuk berwisata. Karena menurut mereka, selagi masih ada usia, silaturahmi memanjangkan usia.
  2. Memilih transportasi udara di Indonesia Flight ketika wisata di luar kota untuk menghemat energi perjalanan.
  3. Untuk masalah akomodasi tinggal selama di kota yang dituju. Apabila berkenan berbeda pendapat, sebaiknya jawaban yang diberikan win-win solution untuk orang tua kita. Misalnya, masalah kenyamanan, masalah jauh dekatnya dengan tempat wisata, merepotkan atau tidak, kembali ke tujuan awal kita mau wisata sehingga mampir ke rumah saudara bisa dilakukan tanpa harus menginap di sana.
  4. Memilih tempat yang tidak banyak jalan dan bisa dinikmati oleh orang tua.
  5. Memilih kuliner yang bisa diterima oleh pencernaan mereka dan memperhatikan waktunya, seperti : jam makan teratur atau saatnya diisi cemilan untuk minum obat.
Memang ternyata, mengajak orang tua liburan sama persiapannya dengan mengajak balita bepergian. Bedanya, persiapan yang dibawa saja dan tentunya mengajak orang tua sudah lebih enak karena bisa diajak berkomunikasi. 

Beruntung ya masih bisa bepergian dengan orang tua, itu adalah hal yang perlu disyukuri! Sebuah cerita perjalanan yang bisa kita kenang suatu hari nanti.

Sejatinya, seorang traveler adalah seorang pelukis, dia mampu melukiskan kenangan di setiap tempat yang dikunjunginya. (Manda, 2017)

Kemana saja, destinasi liburan tamasyaku.com ketika mengajak serta orang tua yang berkesan dan membutuhkan persiapan seperti yang Manda tulis di atas?

  • Destinasi wisata ke Bali bersama kedua orang tua.
Bertamasya ke pulau Bali, memang lebih enak jika kita ditemani oleh pemandu wisata (bisa juga dari banyak membaca tulisan blogger yang banyak menceritakan banyak tempat wisata yang pernah dikunjungi). Lalu, paling nyaman adalah dengan menyewa mobil sendiri dengan kapasitas duduk yang mencukupi. Memulai tujuan wisata dengan melihat peta, sehingga tetap dibuat itinerary perjalanan (walaupun hanya dengan berempat atau berenam).


  


  • Destinasi wisata ke Singapore bersama keempat orang tua
Bertamasya ke Singapore, sebuah pelajaran bagi kami juga, mengajak orang tua menggunakan MRT ternyata perlu dipikirkan lagi ya. Bagi kita yang masih muda, mungkin menyenangkan berjalan sepanjang mall yang dingin, tetapi bagi orang tua ternyata lumayan berat. Banyak membaca blog yang mengulas tentang wisata ke Singapore ya, sehingga kita bisa lebih nyaman membawa serta orang tua dalam liburan kita.


Tips mengajak wisata dengan orang tua adalah :
  1. Menyiapkan tiket pesawat murah penerbangan pagi sehingga energi tidak terkuras di perjalanan. 
  2. Setelahnya, pilih obyek wisata yang paling berat menurut kemampuan orang tua kita, misalnya : tempat yang butuh jalan agak jauh.
  3. Asupan kuliner dengan makanan yang menjadi kesukaan orang tua kita.
  4. Jangan lupa minum sehingga tidak dehidrasi.
  5. Usahakan cemilan selama di perjalanan adalah buah, paling mudah adalah jeruk.
  6. Bawa obat gosok sehingga kalau badan mulai terasa tidak enak, bisa diantisipasi tanpa menunggu sampai hotel.


Melalui foto yang terangkai dalam sebuah cerita, kita bisa bernostalgia, kita bisa sesaat tersenyum dan sesaat lagi menitikkan air mata bahagia. Betapa memiliki kedua orang tua dan mertua adalah sebuah kelengkapan bahagia yang melebihi apapun.

Terima kasih kesempatan. Semoga sehat selalu ya. Aaamiinn.

13 comments:

  1. Maa sya Allah,Mandaaaa........senang banget ya bisa ngajak kedua orangtua kita jalan2.
    buat aku,kalo jalan2, obat gosok hukumnya wajib dibawa..kecil tp penting

    ReplyDelete
  2. Mengajak bepergian orang tua suka bikin was was ya mba, terlebih kalau sudah lanjut.

    ReplyDelete
  3. Subhanallah, salut buat Panda dan Manda masih mau mengajak kedua orang tuanya rekreasi dan jalan-jalan.
    saya terakhir ngajak ibu jalan-jalan tahun lalu saat beliau masih kuat jalan agak jauh. sekarang kondisinya udah agak lemah jadi hanya bisa di rumah saja.

    ReplyDelete
  4. Senangnya Manda dan keluarga. Semoga sehat selalu ya. Ke mana pun dengan transport apa pun akan menyenangkan kalau punya bekal kesehatan ya, Manda <3

    ReplyDelete
  5. Liburan bersama orang tua itu memang harus benar2 menyesuaikan dengan kondisi fisik mereka. Jadi jangan cari tempat yang harus banyak jalan kaki atau menanjak. Kasian khan

    seneng banget liat foto2nya
    Salam hormat pada bapak ibu ya Manda

    ReplyDelete
  6. Makasih tipsnya mbak.
    Seneng dn bersyukur banget ya mbak, bisa ngajak jalan2 orang tua. Pengennya nanti bisa juga ajak jalan2 ortu kalau sdh menetap di Indonesia

    ReplyDelete
  7. Seneng banget lihat acara jalan-jalan bahagia manda bersama orang tua. Bawa orang tua kudu diperhatikan soal kenyamanannya supaya acara liburan tetap menyenangkan :)

    Suka liat foto paling atas yang ada burung-burungnya.

    ReplyDelete
  8. Seru banget ya Manda kalo bisa ngajak orang tua traveling bareng. Kami sering begitu. Kalo mudik selalu diagendakan traveling rame-rame ama orang tua & anak-anak.

    Jadi pengen mudik, hehehe

    ReplyDelete
  9. Travelling seperti ini memang menyenangkan. Tapi kalau ngajak orang tua, memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

    ReplyDelete
  10. Kadi kangen sama bapak ibuku dan pengen ngajak mereka tamasy bareng. Hiks. Makasih ya manda udah share info yg bermanfaat banget. Jadi ad referensi saat akan ngajak ortu jalan jalan ntar

    ReplyDelete
  11. Senengnyaaaa, aku tu pengen banget ajak bapak ibuku piknik jg. Moga kesampaian Ya Allah aamin

    ReplyDelete
  12. Jadi ingat pengen ngajak staycation bapak Ibuk, semoga semua sellalu sehat ya Manda biar bisa mengajak mereka jalan2.

    ReplyDelete
  13. Senangnya yaaa bisa jalan2 dengan orang tua gini :)

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
IBX583576234EA4D