Wednesday, 7 June 2017

Harga Kulkas Mahal, Perlu Perawatan Khusus Agar Tidak Mudah Rusak


Manusia modern dalam kehidupannya lebih suka mempersiapkan sesuatunya daripada terburu-buru membeli saat diperlukan. Kondisi lalu lintas yang padat dan lokasi yang dijangkau, menjadikan seseorang menyimpan kebutuhan yang berhubungan dengan perut ke dalam kulkas. Kulkas menjadi pilihan orang modern untuk menyimpan kebutuhan yang berhubungan dengan urusan dapur dan perut agar lebih lama kesegarannya. 

Salah satu kulkas yang harganya cukup mahal adalah jenis kulkas 4 pintu. 

Bahkan ada harga kulkas 4 pintu yang mencapai belasan juta rupiah. Oleh karena itu, merawatnya juga perlu tips khusus:

1. Jangan terlalu lama membuka kulkas

Sebaiknya sebelum membuka kulkas, Anda pikirkan kembali apa saja yang akan Anda ambil. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak terlalu lama membuka kulkas karena lupa apa saja yang akan Anda ambil dan harus memikirkannya kembali saat membuka kulkas. Terlalu lama membuka pintu kulkas akan menyebabkan mesin bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan kulkas kembali.

2. Hindari pengisian yang berlebihan.

Hindari juga terlalu banyak menjejali makanan dan minuman ke dalam kulkas. Kulkas memiliki kapasitasnya masing-masing. Sehingga secara otomatis, jika muatannya terlalu banyak tau berlebihan, maka mesin juga akan bekerja untuk mendinginkannya dengan lebih keras. Terlalu banyak menjejalkan makanan atau minuman ke dalam kulkas juga akan membuat kulkas mengeluarkan bau yang tak sedap. 

Sebaiknya, hanya masukkan makanan  atau minuman yang sudah dibuka atau memang memerlukan pendinginan saja, sisanya bisa disimpan di dalam rak atau lemari dapur.

3. Hindarkan dari sumber panas.

Kulkas rentan terhadap sumber panas. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindarkan kulkas dari benda-benda yang bisa mengeluarkan panas, seperti kompor. Hindari juga penempatan kulkas di bawah sorotan sinar matahari yang masuk dalam rumah. Atur jarak kulkas dengan dinding kurang lebih 15 cm agar mesin dapat bekerja secara optimal. Kondisi dinding yang lembab juga dapat mempengaruhi mesin yang terletak pada bagian belakang kulkas.

4. Atur atau susun sesuai dengan kategori.

Harga kulkas 4 pintu yang memang cenderung lebih mahal 2-3 kali lipat daripada jenis kulkas 1 atau 2 pintu membuat Anda harus berusaha keras untuk menjaganya agar tetap awet. Kebetulan karena kulkas Anda memiliki 4 pintu, maka sekarang saatnya Anda lebih mengatur penempatan makanan atau minuman, bumbu-bumbu dapur dan sebagainya sesuai pada kategorinya masing-masing. Sehingga Anda tidak perlu sering-sering atau terlalu lama membuka pintu kulkas hanya untuk mengambil benda-benda yang Anda kehendaki. 


Dengan adanya 4 pintu, tentu penyimpanan yang sesuai kategori jadi lebih mudah. 
5. Bersihkan dengan air hangat.

Saat membersihkan biang es yang menempel pada freezer, orang seringkali menggunakan benda-benda tajam seperti obeng, ujung sendok bahkan pisau, padahal hal ini selain berbahaya untuk diri Anda sendiri, juga beresiko pada kulkas. Benda-benda tajam dapat menggores atau merusak sistem pendingin kulkas, sehingga membuatnya tidak lagi optimal bekerja. 

Untuk membersihkan biang es, cukup dengan mematikan kulkas dan mencabut kabelnya saja lalu siram perlahan dengan air hangat sambil di gosok-gosok dengan lap yang bersih. Lakukan pembersihan ini secara rutin setiap kali dirasa biang es sudah terlalu banyak. 

6. Hindari memasukkan makanan atau minuman panas.

Kebiasaan ini masih sering dilakukan oleh banyak orang, seperti memasukkan pudding yang masih panas ke dalam kulkas, atau minuman panas yang ingin didinginkan lainnya. Hal ini jika dibiarkan terus menerus, maka dapat merusak kulkas. Harga kulkas semahal apapun tetap dapat rusak jika hal ini terus menerus jadi kebiasaan. Oleh karena itu, biarkan makanan atau minuman apa saja yang masih panas di luar kulkas terlebih dahulu sebelum dibekukan atau didinginkan di dalam kulkas.

Selamat mencoba 6 tips di atas ya!

17 comments:

  1. Tips mudah untuk dilakukan.. dan saya baru sadar selama ini ngga pernah bersihin kulkas

    ReplyDelete
  2. Suka banget buka pintu kulkas lama lama, thanks infonya mandaaa

    ReplyDelete
  3. Bersihkan kulkas itu memang harus rutin, biar gak banyak UFO-nya (unidentified frozen object)

    ReplyDelete
  4. Wew 4 pintu, punyaku di rumah masih 1 pintu he3
    Wah kulkas di rumah terkena sinar matahari yang cukup panas dan lama neh, bingung mau ditaruh dimana agar ga kena sinar matahari mulu.

    ReplyDelete
  5. Masalah kulkasku selama sama, rusak di bagian pegangan pintunya. Bukan lepas, tapi selalu dibagian itu yang mengelupas, merek apapun.

    Trims tipsnya manda. Lebih baik merawat daripada memperbaiki ketika rusak ya :)

    ReplyDelete
  6. Pengen bangte punya kulkas kyk gtu, apalagi kalo ke kerfur aku suka iseng buka2 sambil elus2 kulkasnya, mbatin kapan punya hahaha
    Cumaaaaaa, malu sama kulkasnya, ntr kosong lagi, gak keisi haha

    ReplyDelete
  7. Poin nomor 4 dan 5 aku belum disiplin. Bukan belum disiplin lagi deng namanya. Bersihin jarang. Nyusun sesuai kategori malah kayaknya baru 1-2 kali sisanya males langsung brak bruk brak bruk aja. Huhu. Makasih banyak infonya ya Mandaa. Main dong ke rumah bantuin aku nyusun isi kulkas. Biar semangat ada suhu nya :D

    ReplyDelete
  8. Baca tips-tips ini langsung mandangin kulkas yang tiap hari dipanjatin anak. Blom kadang buka kulkas lama-lama buat ngadem 😅

    ReplyDelete
  9. Iya ya..kok saya gak kepikiran pakai air hangat heheee.. Makasih tipsnya ya mbk :)

    ReplyDelete
  10. Kulkas dah kotor pisan baru kubersihin hiks

    ReplyDelete
  11. lebar banget kulkasnya bisa muat apa aja tu ntar,, enak klaiatannya

    ReplyDelete
  12. klo masalah kulkas ni abis di bersihin biasanya sering kejadian nggk mau mbeku lagi itu apa ya pnjelasanya

    ReplyDelete
  13. aku masih melakukan semua kesalahan tersebut mak huhuhu, bahkan atasnya itu kutarok oven listrik >.<

    tfs mak manddd,

    ReplyDelete
  14. Apa dayaku yang belum punya kulkas. :'D Berarti sekalian yang 4 pintu, ya? Biar ngaturnya lebih mudah

    ReplyDelete
  15. Aku nih masih suka byak byuk byak byuk sama makanan di kulkas. :'D

    ReplyDelete
  16. aku suka kelamaan buka kulkas dan kadang lupa tutup lagi uhuhuhuu katanya itu juga bikin listrik jadi boros ya

    ReplyDelete
  17. kulkas yang jarang dirawat biasanya jadi karatan kanya ndi rumah saya gara2 jarang dibersikan jadi karatan deh

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D