Wednesday, 15 November 2017

One Stop Clicking for Traveler, Ide Bisnis Sekaligus Solusi Berpetualang


Menjadi seorang traveler adalah sebuah pengalaman terbaik yang harus dicoba setidaknya sekali seumur hidup. Menjadi petualangan di sebuah tempat yang baru, membuat kita menghargai banyak hal yang kita punya di kota sendiri. Mengunjungi banyak tempat baru juga meluaskan kesyukuran kita akan semesta ciptaanNya. Berpetualang di bumiNya yang luas adalah sebuah pelajaran kehidupan dengan cara yang menyenangkan.

Terlepas dari bagaimana cara kita traveling, bisa jadi kita memang merencanakan berperjalanan, atau tidak sengaja diperjalankan waktu karena kepentingan tugas kantor ataupun bisnis. Terpikir oleh Manda untuk menuliskan sebuah Ide Bisnis yang Sekaligus Menjadi Solusi Bagi Traveler, seperti yang pernah Manda alami saat berada di tempat yang baru. Terlebih jaman sekarang, segala aktivitas kehidupan masyarakat modern sudah didukung oleh fasilitas internet dan aplikasi mobile.

Nama Ide Bisnis 

Aplikasi Android : One Stop Clicking for Traveler

Latar belakang Ide Bisnis

Seorang traveler yang berperjalanan pasti membutuhkan informasi tentang tempat baru yang didatanginya. Baik itu traveler dalam rangka tugas bekerja atau bisnis, maupun untuk berjalan-jalan. Di tempat yang baru pun, seseorang pasti tergerak untuk mengabadikan moment berfoto di tempat yang menjadi icon dari kota tersebut. Banyak informasi yang tidak dirangkum dalam satu aplikasi, sehingga membuang waktu dalam mencari informasi tempat yang akan kita datangi. 



Dari sini, Manda mendapatkan ide untuk membuat aplikasi dimana dalam satu aplikasi, seorang traveler bisa mendapatkan banyak informasi. Ide ini turut Manda sertakan dalam lomba ide aplikasi mobile (mobile apps) IWIC yang bisa teman-teman lihat di https://iwic.indosatooredoo.com/

Sekilas Mengenai IWIC

IWIC adalah singkatan dari Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest. IWIC merupakan lomba ide aplikasi mobile (mobile apps). IWIC adalah program tahunan yang diadakan Indosat Ooredoo sejak 2006, dan tahun ini adalah IWIC yang ke-11. Tujuan IWIC ini diadakan adalah untuk memotivasi masyarakat Indonesia dari semua kalangan dan usia untuk menjadi inisiator, ideator dan pencipta aplikasi mobile, dan tidak hanya menjadi pengguna/konsumen. Menciptakan ide aplikasi mobile yang bisa berguna bagi banyak orang, menyelesaikan masalah sehari-hari, meningkatkan dan memperkaya kualitas hidup masyarakat, dan bahkan yang bisa bersaing dengan produk digital dunia global. Lomba ini tidak hanya terbuka untuk developer professional saja, namun siapapun yang punya ide (anak-anak, orang tua, siswa, karyawan, dsb), apapun idenya, bisa dituangkan di program IWIC 11 ini.

Bagan Ide Bisnis One Stop Clicking for Traveler

One Stop Clicking for Traveler | IWIC 11

One Stop Clicking for Traveler | IWIC 11

Gambaran Aplikasi Mobile dari One Stop Clicking for Traveler
  1.  Memuat pilihan kota yang akan dikunjungi.
  2. Memuat pilihan daerah yang dikunjungi.
  3. Memuat pilihan informasi wisata yang dibutuhkan, seperti : wisata kuliner, wisata belanja, wisata pantai atau wisata gunung, dan wisata sejarah.
  4. Memuat informasi berkaitan dengan objek wisata yang dipilih, diantaranya : jarak, biaya masuk, dan prediksi waktu tempuh.
  5. Menyajikan gambaran umum masing-masing objek wisata, sehingga traveler bisa membayangkan untuk memilih atau tidak memilih ke objek wisata tersebut
  6. Menuliskan do and don’t di objek wisata tersebut yang bisa di-link-kan dengan blog yang bekerja sama dengan aplikasi mobile tersebut.
  7. Link ke situs objek wisata yang tertera dari banyak blog wisata yang pernah membahas tentang objek wisata tersebut.
Bagan Solusi yang Ditawarkan Aplikasi Mobile One Stop Clicking for Traveler

One Stop Clicking for Traveler | IWIC 11

Rancangan Aplikasi Mobile One Stop Clicking for Traveler

Menuangkan ide dari bentuk yang kasar ke dalam bentuk yang bisa diaplikasikan dengan mudah oleh pengguna (user friendly) membutuhkan masukan serta trial errors. Dalam kesempatan ini, Manda berusaha menyajikan gambaran kasar bagaimana jika aplikasi mobile  One Stop Clicking for Traveler dibuka dalam sebuah smartphone.

One Stop Clicking for Traveler | IWIC 11

One Stop Clicking for Traveler | IWIC 11

One Stop Clicking for Traveler | IWIC 11

Ide Bisnis dari One Stop Clicking for Traveler Berpeluang Menghasilkan Uang

Peluang menghasilkan uang bisa diperoleh dari :
  1. Pengembang aplikasi menjalin kerja sama berupa pemasangan logo sebagai iklan sponsor dari biro tour, rumah makan, toko oleh-oleh, atau perseorangan yang bekerja sama dalam memajang produknya di aplikasi ini.
  2. Pengembang aplikasi membuat kontrak dengan pihak-pihak yang terkait dalam proyek ini, bahwa sepersekian persen omset yang masuk dari aplikasi One Stop Clicking for Traveler ini.
  3. Aplikasi ini simple, bisa didownload dengan mudah di playstore dan membuka peluang kerja sama dengan banyak pihak seperti sekolah (piknik akhir tahun, dll)
  4. Selain menghasilkan uang dari kerja sama yang tertaut di aplikasi ini, kita juga berkolaborasi mengembangkan potensi daerah yang ada di setiap kota dan menghasilkan relationship yang baik yang diharapkan membuka peluang kerja sama yang lain yang lebih luas.
  5. Blogger pun menuliskan pengalamannya, akan memberi dampak baik bagi pageviews yang datang ke blognya. Informasi yang dibagikan pun memberi manfaat bagi yang membaca. 
Berdasarkan ide yang dikembangkan dari One Stop Clicking for Traveler ini, tidak hanya pengembang aplikasi yang merasakan manfaatnya, melainkan juga optimalisasi sumber daya manusia dan UKM di sekitar objek wisata pun menjadi tergerak untuk bekerja sama dan memajukan objek wisatanya. Manfaat kemudahan pun bisa dirasakan oleh pengunduh aplikasi One Stop Clicking for Traveler ini.

Besar harapan saya, ide One Stop Clicking for Traveler ini bisa ditindaklanjuti dan hadir sebagai aplikasi mobile yang membantu traveler dalam menikmati asyiknya berpetualang di tempat yang baru.



Primastuti Suryani 
suryani19ep@gmail.com
One Stop Clicking for Traveler
Indosat Wireless Innovation Contest  #IWIC11

15 comments:

  1. Ide aplikasinya sangat membantu wisatawan mengeksplore daerah yg baru dikunjungi...keren

    ReplyDelete
  2. wah Manda keren banget idenya. kalau bisa gandeng UKM juga tambah keren nih

    ReplyDelete
  3. Waah...seneng banget udah dibagi per area gitu yaaaa

    ReplyDelete
  4. Apik nda, aplikatif.sekarang travelling sdh jd gaya hidup

    ReplyDelete
  5. Idenya keren Manda. Bisa bantu the pertamakali datang ke Kota yertentu

    ReplyDelete
  6. kerennn semoga bisa terwujud nih.. biar traveler terbantu yaa

    ReplyDelete
  7. Seperti punya tour guide pribadi yaa..

    ReplyDelete
  8. Travelling jadi semakin lebih mudah yaa,

    ReplyDelete
  9. Ide briliant. Bagaimana jika segera diwujudkan?

    ReplyDelete
  10. wow....bisa sangat membantu yg pgn cr info wisata.....siiip..good idea

    ReplyDelete
  11. overaall bagus idenya, udah release d playstore app nya ?

    ReplyDelete
  12. wah idenya kece2 nih Manda. jadi lebih memudahkan para traveller yak

    ReplyDelete
  13. Keren banget idenya mbakkkk,semoga terealisasikan yaaa

    ReplyDelete
  14. Idenya keren Manda, bakalan ngebantu banget... Apalagi buat aku yg jarang dolan

    ReplyDelete
  15. Keren banget idenya, Manda. Pasti akan membantu traveler, apalagi seperti saya yang nggak puas-puasnya main ke Jogja. Hihi

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D