Sunday, 17 December 2017

Inspirasi SATU Indonesia di Perjalanan 60 Tahun ASTRA




 

Astra, sepanjang perjalanannya sejak tahun 1957 senantiasa mendedikasikan karyanya untuk kemajuan bangsa Indonesia, sejalan dengan salah satu butir Catur Dharma 'Menjadi Milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara'.

Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) merupakan langkah nyata dari Grup Astra untuk berperan aktif, serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia. Pada prinsipnya di mana pun instalasi Astra berada, harus memberikan manfaat. 

Inisiatif SATU Indonesia (Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia) sebagai langkah nyata Grup Astra beserta delapan yayasan untuk berperan aktif serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia.
 


ASTRA CERDAS, Astra Untuk Indonesia Cerdas

Program Rumah Pintar 

Pada 2013, Astra bekerja sama dengan Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim, anak perusahaan dan SIKIB (Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu) menggagas dan membangun Rumah Pintar sebagai upaya mewujudkan masyarakat yang sejahtera melalui pengetahuan dan keterampilan Astra melakukan pengembangan hardware seperti kegiatan pembangunan Rumah Pintar dan fasilitasnya serta pengembangan software dimana dilakukan pelatihan bagi pendamping rumah pintar Astra oleh SIKIB, Ibu Okke Hatta Rajasa dan Ibu Laily M. Nuh serta pakar pendidikan Indonesia, Bapak Arief Rachman. Dua Rumah Pintar dibangun oleh Astra terletak di Kelurahan Warakas dan Kebon Bawang, Jakarta Utara sedangkan total pembangunan Rumah Pintar oleh Grup Astra yaitu 20 Rumah Pintar yang terletak di 11 provinsi. Rumah Pintar merupakan wahana tempat belajar bagi ibu dan anak melalui berbagai sumber pembelajaran. Rumah Pintar terdiri dari 5 sentra, yaitu sentra buku, sentra alat permainan edukatif, sentra audio visual dan panggung, sentra komputer dan sentra kriya.



ASTRA Berbagi Ilmu

Astra berbagi pengetahuan dan keahlian dimiliki ke bangku-bangku sekolah. Melalui program Astra dengan berbagi informasi praktis yang kami kuasai kepada siswa sekolah menengah atas. Astra bersama PT Astra Honda Motor, PT Asuransi Astra Buana, PT PAM Lyonnaise Jaya, PT Astra Credit Company, PT Astra World, Astra Daihatsu Motor, PT Astra International Tbk - Honda Sales Operation, PT Toyota Astra Motor dan PT Astra International Tbk – Toyota Sales Operation memberikan pengajaran keterampilan safety riding, cara hemat berkendara, konservasi air, teknologi otomotif, belajar kultur jaringan, hingga pemahaman tentang AIDS dan house keeping, kepada 6 sekolah menengah atas negeri di Jakarta yaitu SMAN 77 Cempaka Putih, SMAN 80 Sunter, SMAN 13 Koja, SMKN 19 Bendungan Hilir, SMAN 18 dan SMKN 26 Rawamangun.



Bersekolah Berkarya dan Cinta Lingkungan dengan Sekolah Adiwiyata
 
Program Pendampingan Sekolah Adiwiyata merupakan program PT Astra International Tbk dalam mendukung program Kementerian Pendidikan & Kebudayaan, Kementerian Agama dan Kementerian Lingkungan Hidup untuk mewujudkan sekolah Adiwiyata (sekolah yang berwawasan lingkungan). Pada 2013, Astra mendampingi SDN 05 Kelurahan Sungai Bambu untuk dikembangkan menjadi Sekolah Adiwiyata Nasional Mandiri.

Tentang Sekolah Adiwiyata – Sekolah Adiwiyata adalah Program kerja sama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama dan Kementerian Lingkungan Hidup sejak 1996 yang diperbarui pada 2005 dan 2010. Kementerian Lingkungan Hidup mengembangkan program pendidikan lingkungan hidup pada jenjang pendidikan dasar dan menengah melalui Program Adiwiyata. Tujuan Program Adiwiyata adalah mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Pada 2013 ini sekolah yang mengikuti program ini berjumlah 4.132 dari 33 propinsi (KLH 2013). Selain membina Sekolah Adiwiyata, Astra mempunyai program pengembangan sekolah unggul berkarakter untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama. Program ini merupakan pengembangan pendidikan dengan mengembangkan budaya berprestasi dan semangat kemajuan di dalam paradigma pendidikan sekolah menuju terwujudnya pendidikan berkarakter. Sekolah yang dikembangkan pada 2013 adalah SMPN 92 sebagai sekolah unggulan berprestasi, SMPN 129 sebagai Sekolah Adiwiyata dan SMP Mekar Tanjung sebagai sekolah berbasis wirausaha.

Beasiswa Lestari ASTRA
 
Beasiswa adalah program bantuan bagi siswa sekolah yang telah dilakukan Astra sejak lama dan dilakukan oleh hampir seluruh unit bisnis Astra. Beasiswa Lestari Astra merupakan kerja sama Astra, Lazis Amaliah Astra dan PermataBank berupa bantuan beasiswa kepada warga yang kurang mampu di sekitar kantor pusat.


 ASTRA HIJAU, Astra Untuk Indonesia Hijau

Kawasan Haroto Pusako adalah kawasan hutan konservasi keanekaragaman hayati kerjasama antara PT Astra International Tbk, Grup Astra dengan Perum Perhutani yang memiliki  bentang alam perbukitan hutan sekunder di kawasan Resort Pemangkuan Hutan Babakan Madang, Sentul yang terletak tidak jauh dari kawasan Sentul City. 



Haroto Pusako memiliki luas 200 ha dengan kawasan hutan yang ditumbuhi berbagai macam jenis tanaman yang dimanfaatkan sebagai pusat edukasi dan wisata lingkungan berbasis pemberdayaan masyarakat. Setidaknya tercatat 3.567.237 pohon telah ditanam Astra bersama anak perusahaannya di Indonesia selama periode 2008-2015 termasuk di kawasan Haroto Pusako.  Astra merealisasi penanaman sebesar 179.625 pohon yang terdiri dari 175.700 pengkayaan tanaman asli 1.000 Pohon langka, dan 3.925 tanaman buah langka yang secara khusu ditanam di arboretum tanaman langka seluas 4 ha. Pengelolaan kawasan ini berada di bawah Perum Perhutani Unit III Banten Jawa Barat dengan status hutan lindung. Hal dilakukan Grup Astra sebagai dukungan atas SDG’s Global Goals ke 15 yakni Life on Land.

Hutan Konservasi dan Area Eco Edu Tourism Berbasis Pemberdayaan Masyarakat. Haroto Pusako, Astra Forest seluas 200 Ha merupakan kawasan konservasi keanekaragaman hayati yang dikembangkan menjadi area Eco Edu Tourism berbasis masyarakat. Keistimewaan kawasan ini adalah infrastrukturnya yang menggunakan sumber listrik dari solar panel dan wind turbine serta memiliki area Arboretum tanaman langka. Pada akhir pekan tak jarang pengunjung yang sengaja bersepeda gunung, dan off-road sekaligus menikmati pemandangan hutan yang masih alami. Banyak hal yang bisa dilakukan di sini, mulai dari wisata edukasi, agrowisata, birdwatching, trekking, arung jeram, kemping dan lain sebagainya.


ASTRA KREATIF, Astra Untuk Indonesia Kreatif

Sekilas tentang SATU Indonesia Awards (SIA) dan Astra Start-up Challenge (ASC) SATU Indonesia Awards sendiri adalah penghargaan yang diberikan Astra kepada individu ataupun kelompok orang yang berkontribusi aktif dan memberi inspirasi kepada masyarakat sekitarnya dan juga Indonesia. Astra Start-up Challenge sendiri merupakan program Astra dalam membangun semangat kewirausahaan di Indonesia. Astra melakukan inkubasi terhadap para pelaku bisnis start-up yang mendaftar dan terpilih. Selama 6 bulan, para peserta ASC ini diberikan mentoring dan pembinaan serta pelatihan lainnya yang dibutuhkan.
ASC ini sendiri sejalan dengan salah satu pilar dari 4 pilar Astra, yaitu Astra untuk Indonesia Kreatif


Astra Start-Up Challenge (ASC) merupakan salah satu rangkaian program pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang digagas oleh Astra dan didukung oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia. Tujuan dari ASC adalah untuk membantu generasi muda usia 18-35 tahun meningkatkan motivasi dan inovasi dalam berwirausaha secara kreatif. Program ini akan mendukung start-up untuk berkembang menjadi institusi bisnis yang siap tumbuh dan menghadapi persaingan.

Peserta yang lolos 25 besar menjalankan bootcamp dan mendapatkan materi yang saya sebutkan di atas. Bahkan setelah pengumuman pemenang, mereka pun masih akan mendapatkan fasilitas bantuan dari Astra.
Astra sendiri mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia melalui program-programnya. Salah satu yayasan di bawah naungan Astra bahkan secara aktif fokus melakukan pembinaan UMKM di seluruh Indonesia, yaitu Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA).

  



ASTRA SEHAT, Astra Untuk Indonesia Sehat

Bersama Lakukan AKSI SEHAT


Kesehatan merupakan unsure utama bagi kelangsungan hidup manusia dan merupakan faktor dasar yang membangun ketahanan suatu bangsa. Aksi menjaga kesehatan ini dimulai dari lingkungan keluarga dan kerabat terdekat, hingga berkembang ke berbagai lapisan sosial. Di Inspirasi 60 tahun astra, Astra mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan aksi hidup sehat demi membangun masa depan Indonesia yang gemilang.


Tulisan ini disertakan dalam rangka lomba karya tulis terbaikmu yang menginspirasi tentang perjalanan 60 tahun Astra. Dilandasi oleh filosofi Catur Dharma, Astra telah menginspirasi Indonesia melalui produk dan layanan karya anak bangsa, sumber daya manusia yang unggul serta kontribusi sosial yang berkelanjutan bagi bangsa dan negara. Perioda lomba 23 Agustus - 31 Desember 2017 untuk kategori: Umum & Wartawan.





sumber informasi : 

1 comment:

  1. Ternyata kontribusi ASTRA untuk masyarakat Indonesia banyak juga ya mbak...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda

Featured post

Akan Hadir! Smartphone Gaming dengan Qualcomm Snapdragon 660

Qualcomm Snapdragon 660 Hai gamers! “No.1 Mobile Gaming Have Arrived” Sudah tahu bakal ada launching smartphone gaming terbaik y...

IBX583576234EA4D