Monday, 19 February 2018

Cek Pulsa 3 Agar Tidak Kecolongan Pulsa Saat Internetan

sumber: Zero Creatives

Pernah nggak sih kecolongan pulsa waktu asyik bermain internet? Rata-rata, semua pengguna ponsel pernah mengalaminya, karena bermain internet tanpa cek kuota dan kemudian tak sadar kalau paketan habis lalu pulsa utama kesedot buat internet. 

Kalau kamu pernah atau sering banget ngalamin hal seperti ini, artinya kamu harus mulai cermat mengamati penggunaan internet kamu. Sayang banget kan kalau sampai buang pulsa gara-gara lupa cek pulsa atau paketan tinggal berapa? 

Lakukan beberapa hal berikut supaya pulsa tidak terbuang percuma.
 
Cek Penggunaan Terbanyak

Amati aplikasi apa saja yang sering kamu gunakan dan lihatlah mana yang paling banyak menyedot kuota. Caranya gampang kok, kamu tinggal masuk ke opsi setting dan cek di pengaturan internet. Masing-masing ponsel punya lokasi yang berbeda untuk cek status ini. Tapi hampir semuanya meletakkan pengaturan ini di bagian setting internet. 

Dari situ akan nampak, mana aplikasi yang paling banyak menyedot pulsa kamu setiap harinya. Mana pula aplikasi yang jarang kamu gunakan, dan bisa dipertimbangkan untuk dinonaktifkan. 

Stop Auto Sync 

sumber: youtube 

Hampir semua aplikasi mengakses data secara otomatis alias auto sync. Dengan fitur ini, kamu akan selalu mendapatkan update terbaru dari masing-masing aplikasi, terutama pada jejaring sosial. 

Tanpa sadar, fitur ini menyedot paket data dengan diam-diam. Selama dia melakukan auto sync, kuota data pun ikut terkuras karenanya. Sialnya, ada beberapa jejaring sosial yang melakukan auto sync setiap lima menit sekali, ada pula yang mengaturnya setiap beberapa jam sekali. 

Nah, sebenarnya fitur ini bisa dimatikan lewat pengaturan ponsel. Kamu bisa mengatur auto sync semua aplikasi, apakah dibiarkan terus menyala atau hanya melakukan pembaruan informasi ketika kamu nyalakan. 

Agar lebih hemat, pilihannya tentu dimatikan selama kamu tidak menggunakannya. Risikonya memang ketinggalan update berita selama kamu tidak membukanya, namun kalau tidak terlalu penting, tidak menjadi masalah bukan? 

Matikan Fitur Auto Download 

Selain auto sync, salah satu penyedot kuota terbanyak adalah fitur autodownload. Terutama di aplikasi pesan singkat seperti WhatsApp atau LINE. 

Untuk mengurangi penggunaan kuota data, sebaiknya fitur ini dimatikan. Hanya download gambar yang penting saja, selebihnya tidak perlu diunduh untuk menghemat kuota dan juga menghemat storage di ponsel. 

Matikan Fitur Auto Update


sumber: techstunt.com 

Masuklah ke pengaturan di playstore atau settingan app store untuk mematikan fitur ini. Hanya lakukan update aplikasi lewat koneksi WiFi agar pemakaian kuota datamu hemat. 

Ingat, aplikasi tetap harus diupdate secara periodik agar nyaman digunakan. Namun sebaiknya update-lah aplikasimu lewat koneksi WiFi agar tidak makan data terlalu banyak. 

Perhatikan Penggunaan Internet Bulanan

Trik lain agar tidak kecolongan pulsa utama adalah dengan mencermati penggunaan setiap bulannya. Daripada kamu mengisi kuota setiap beberapa hari sekali, lebih murah jika kamu mengisinya satu bulan sekali. 

Bisa juga dengan membeli kuota yang lebih besar dari kebutuhan bulanan kamu di Traveloka.com. Apalagi ada banyak bonus pada pilihan paket data yang dijual di Traveloka.com khusus kuota 4G dari Tri. Kalau tidak habis, kuota akan diakumulasikan kok saat kamu membeli paket lagi di bulan berikutnya. 

Operator yang memberikan promo kuota data dengan harga murah dan juga banyak bonusnya pastilah Tri juaranya. Agar penggunaan internetmu lebih bijak, downloadlah aplikasi BimaTri untuk cek status dan juga cek pulsa serta berapa sisa kuota yang kamu miliki. 

Selain menggunakan aplikasi BimaTri, kamu juga bisa cek pulsa Tri lewat *111#. Sebelum mulai internetan, terlebih yang berpotensi memakan banyak data, cek dulu pulsa kamu di sini biar nggak sampai kecolongan. 

Dengan trik di atas, penggunaan kuota data kamu bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Kamu tetap update, tanpa ketinggalan info terkini dan kantong pun nggak jebol karena pulsa tersedot oleh internet.

1 comment:

  1. Kecolongan itu, karena keasyikan, ya? Kalo keasyikan dan "kecolongan" kek gitu sih pernah. :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda

Featured post

Bermain Games Asyik di ZenFone Max Pro M1

Pokemon di ZenFone Max Pro M1 Peran smartphone jaman sekarang, pastinya mendekatkan yang jauh dan menjadi alat bantu komunikasi serta ...

IBX583576234EA4D