Thursday, 7 June 2018

Bakpia Wong Jogja, One Stop Shopping Belanja Oleh-Oleh Khas Jogja

Bakpia Wong Jogja
Bakpia Wong Jogja

Jogja dan Bakpia. Ya, bakpia menjadi oleh-oleh khas Jogja yang sudah menasional dan bahkan mendunia. Pilihan varian bakpia pun menjadi beragam, mulai dari yang berkulit tipis, berkulit keras, bakpia kering, sampai beraneka varian isi yang membuat bakpia tampil menjadi panganan kekinian khas Jogja.

Bakpia Wong Jogja
Bakpia Wong Jogja

Bakpia Wong Jogja atau BW Jogja. Hadir di Jogja, melengkapi ragam pilihan pusat oleh-oleh dengan konsep one top shopping, BW Jogja yang berada di Jogja bagian barat, hadir dengan banyak fasilitas untuk menjamu para pelanggannya.



Food Truck di Bakpia Wong Jogja
 
Sore ini, kami blogger Jogja mendapat undangan untuk mengikuti Workshop Food Photography bersama chef Harisatu yang disponsori oleh BW Jogja (Bakpia Wong Jogja). Halaman parkir yang luas memudahkan pelanggan yang ingin berbelanja ke BW Jogja terfasilitasi dengan baik.


Kurang lebih pukul 16.30, saya sampai di BW Jogja yang terletak di Jalan HOS Cokroaminoto atau populer dikenal dengan Tegal Rejo. Melihat food truck beraneka ragam makanan dan minuman, membuat BW Jogja tampak meriah dan berhasil mengundang mata untuk mampir menikmati buka puasa bersama teman atau keluarga di pelataran BW Jogja ini. Kali ini, saya pun tidak sendirian.

Baca juga : Cerita Yoan, Cerita Dian dan Cerita Aya di BW Jogja

Teralihkan oleh food truck, kini kita kembali ke tujuan cerita workshop food photograhy ya!


Workshop Food Photography

Jaman yang berubah membuat gaya hidup pun berubah menyesuaikan generasi yang berkembang saat itu. Tradisi berdoa sebelum makan pun menjadi ada tambahannya, berdoa dan memfoto makanan sebelum makan. hahahaha. Apapun itu, kegiatan yang berhubungan dengan fotografi adalah hal yang berkaitan dengan rasa dan passion, sehingga tidak bisa memaksakan seseorang untuk menjadi penyuka fotografi hanya karena punya kamera smartphone yang bagus sekalipun.
Sore ini, seorang chef, sekaligus food photographer dan food stylish, Harisatu membagikan teknik dan ilmu fotografi makanan kepada kami yang hadir sore ini di BW Jogja, Bakpia Wong Jogja. Manda bagikan sedikit ilmu dasarnya ya. Untuk selanjutnya, silahkan kontak ke IGnya @harisatu_zakaria ya.

Bedakan Food Stylish dan Food Photography

Workshop Food Photography


Nah, setelahnya, baru mulai kita bekerja sesuai passion kita, mau jadi food stylish atau food photographer. Hal yang perlu diperhatikanbagi seorang food photographer adalah membuat foto makanan yang berhasil.

Foto makanan yang berhasil adalah jika foto yang kita unggah mampu membangkitkan selera makan yang melihatnya.

Teknik Food Photography



Berikut beberapa hal yang harus diketahui oleh fotografer makanan pemula, yaitu :
  1. Jenis foto yang akan dibuat, flatlay atau life style.
  2. Paham dengan kamera yang dipakai, bisa kamera smartphone atau lainnya.
  3. Ketahui tentang lighting, exposure, ISO, aperture, shutter speed, angle.
  4. Setelahnya, belajar tentang komposisi dan rules of third.
  5. Baru mulai dengan food styling supaya foto makanannya makin ciamik dan nyambung.

Baca juga : Mengenal Apperture

Behind The Scene Pemotretan Produk

Karena workshopnya tentang food photography, maka prakteknya pun dengan produk bakpia milik Bakpia Wong Jogja #EnakeRaIsoLali dan behind the scene pemotretan malam hari, termasuk sesuatu yang menantang.


Foto di atas adalah reflektor dan lampu flash yang dibantu pegang oleh sesama rekan blogger, mba Vitri. Beberapa props foto pun sudah di-setting sedemikian hingga supaya memudahkan peserta untuk mengambil angle yang sesuai seleranya. Dan taraaaa.. Ini adalah hasil besutan kamera smartphone ASUS ZenFoneZoomS_ID yang berhasil menemani Manda di acara workshop sore ini.

Bakpia Wong Jogja
Bakpia Wong Jogja

One Stop Shopping Bakpia Wong Jogja

Nah, workshop dan sesi pemotretan pun usai saat waktu tanda berbuka puasa telah berkumandang. Kami mulai mengantri memesan makanan di food truck yang ada di pelataran BW Jogja. Dan lalu menikmatinya bersama kawan-kawan di jelang malam ini.

Tentang konsep one stop shopping dari Bakpia Wong Jogja, yang bisa Manda ceritakan di blog ini. Beberapa spot foto yang bisa mewakili keingintahuan

Bakpia Wong Jogja
Bakpia Wong Jogja
Bakpia Wong Jogja

Bakpia Wong Jogja

Bakpia Wong Jogja

Bakpia Wong Jogja
Bakpia Wong Jogja


Bisa berkesempatan foto dengan Baim Wong juga lho.

Bakpia Wong Jogja
Bakpia Wong Jogja
Dan tentunya, keseruan buka bersama dan workshop food photography ini ditutup dengan foto bersama di beberapa spot instagramable yang ada di Bakpia Wong Jogja BW Jogja.



Fasilitas yang disediakan oleh BW Jogja - Bakpia Wong Jogja


Keseruan food truck dan acara di BW Jogja bisa diwakili dari gambar bergerak berikut ya :


Bakpia Wong Jogja
Jl. HOS Cokroaminoto No.149, Tegalrejo, 
Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55244
Buka pukul 7 - 22 setiap hari 

5 comments:

  1. Aku kok jadi kangen sama bakpia Yogya ya. Hahahaha. Suka siy sama rasa apa aja, cuma yang paling favorit tetep yang green tea, Ima :).

    ReplyDelete
  2. Ow.. lengkap iki.. btw,mbak ima kie contoh dari kamera bukan jaminan.. soale pake smartphone aja haja hasile kece apalagi kalau pakai DSLR atau Mirrorless.. mesti semakin kece.. ��

    ReplyDelete
  3. Mba itu bakpianya unik ya ada layer2nya gitu kayak pia Korea yg isiannya ubi ungu. Kapan2 kalo ke Jogja kayaknya harus nyobain yang ini deh

    ReplyDelete
  4. Manda selalu okelah pokokmeen..

    ReplyDelete
  5. Waw ulasannya mantab, renyah kaya kerupuk saja, nah ini saya suka meski tak bisa hadir tetap dapat ilmu kece tentang Food Fotographer, terimakasih Mbak Ima, mencerahkan dan menggugah selera, eh iku kok bisa foto bareng mantan artis kecil itu ya, Aim... #eh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda

Featured post

Belajar Bahasa Inggris Otodidak untuk Mahasiswa

Di era yang sudah meng- global ini, mau tidak mau mahasiswa di wajibkan untuk bisa menguasai Bahasa Inggris. Bahasa Inggris adalah b...

IBX583576234EA4D