Friday, 10 August 2018

Liburan ke Jogja Nyaman dengan Mobil Matic

cara mengemudi mobil matic
Peta Wisata Sebagian Jogja

Destinasi liburan ke kota Jogja bagi sebagian besar orang yang pernah tinggal di Jogja atau belum pernah ke Jogja mungkin adalah sebuah destinasi liburan yang dinanti. Banyak orang yang penasaran dengan kota Jogja, maka tak heran banyak yang minta didoakan bisa liburan ke Jogja bagi yang belum pernah ke Jogja.

Jogja pancen ngangeni. Jogja memang bikin rindu.

Tidak berlebihan bicara tentang Jogja, selain masyarakatnya yang masih kental dengan budaya dan bahasa Jawa, Jogja juga memiliki banyak destinasi tujuan wisata yang beraneka ragam. Manda sendiri pernah menuliskan tentang banyak objek wisata bagi yang ingin berlibur ke kota Jogja. 

Merujuk pada kebiasaan yang biasa Manda dan Panda lakukan saat merencanakan berlibur di sebuah kota, Manda akan menguraikan beberapa hal yang penting jika sedang merencanakan liburan ke kota Yogyakarta.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan jika hendak liburan ke Jogja?
  1. Transportasi menuju ke Jogja. Beruntung sekali untuk menuju ke Jogja, alternatif pilihan moda transportasinya banyak. Mulai dari bis, kendaraan roda empat, kereta api, dan pesawat. Kemudahan akses untuk bisa mencapai Jogjakarta semoga bisa memudahkan siapa saja yang ingin mengunjungi kotaku.
  2. Tempat menginap selama liburan di Jogja. Pilihan tempat menginap banyak tersedia di Yogyakarta. Mulai dari losmen, homestay, dan hotel, kesemuanya sudah bisa dijangkau dari situs pesan online yang di jaman sekarang semuanya menjadi mudah. Tempat menginap yang dipilih sebaiknya dekat dengan transportasi umum yang mudah dijangkau dan rumah makan di area sekitarnya. Beberapa daerah yang menurut Manda bisa dipilih sebagai acuan saat memesan hotel, diantaranya : Malioboro, Prawirotaman, Kraton, Jalan Magelang, Jalan Kaliurang, Seturan, dan Jalan Laksda Adisutjipto. Daerah tersebut selain mudah diakses oleh transportasi juga tersedia banyak pilihan kuliner di sekitarnya.
  3. Transportasi selama di Jogja. Kota Jogja bukan termasuk kota besar, tapi saat ini termasuk dalam kota yang padat kendaraan sehingga kemacetan pun menjadi tidak terelakkan. Transportasi yang nyaman dipakai saat liburan ke Jogja untuk tiap keluarga berbeda-beda. Jika seorang petualangan, mungkin dengan bus trans akan banyak tempat bisa dijelajahi. Jika sedang berwisata sendirian, akan lebih cepat dan menghemat waktu dengan kendaraan roda dua. Jika wisata membawa keluarga, mungkin pilihan transportasi online untuk mengantar ke tempat-tempat yang sekaligus banyak objek wisatanya (seperti kawasan Malioboro) sudah cukup diantar dan nanti memesan lagi saat kembali. Jika tujuan wisata yang hendak dituju berada di luar kota, sebaiknya menyewa mobil. 
Sedikit cerita tentang kota Jogja saat ini. Kota Jogja kini semakin padat berisi dengan kendaraan yang tidak hanya berplat AB. Keberadaan kota Jogja sebagai kota pendidikan juga menjadi pemicu kemacetan yang terjaadi di kota Jogja. Manda pun kadang males untuk mengendarai roda empat manual jika itu di akhir pekan atau di jam pulang kantor saat weekdays. Memang paling nyaman untuk saat ini adalah dengan mengendarai mobil matic. Tidak sulit mengendarai mobil matic jika kita tahu cara mengemudi mobil matic.

cara mengemudi mobil matic
cara mengemudi mobil matic

Nah, setelah mempersiapkan rencana liburan ke Jogja, saatnya sekarang menentukan mau kemana saja jika saat liburan ke Jogja. Banyak sekali objek wisata di Jogja, tinggal menyesuaikan berapa lama liburan dan mau jenis liburan seperti apa.
  1. Jogja punya wisata pegunungan di Kaliurang dan sekitarnya.
  2. Jogja punya wisata alam di Mangunan dan Kalibiru.
  3. Jogja punya hutan pinus yang sedang ngehits.
  4. Jogja punya banyak museum yang bisa dikunjungi.
  5. Jogja punya wisata 3D Trick Eyes
  6. Jogja punya banyak candi.
  7. Jogja punya banyak tempat bersejarah.
  8. Jogja punya banyak desa wisata.
  9. Jogja punya wisata pantai dan gumuk pasir di Parangtritis.
  10. Jogja punya banyak wisata kuliner yang bisa dicicipi.
Sedikit ulasan tentang persiapan liburan ke Jogja ini semoga bisa membantu sahabat tamasyaku yang hendak berlibur ke Jogja ya! 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda

Featured post

Liburan Nyaman ke Lereng Merapi Merbabu

Halo sahabat tamasyaku, kali ini Manda ingin bercerita tentang pengalaman liburan di sekitar lereng Merapi dan Merbabu. Tidak jauh dari...

IBX583576234EA4D