Sunday, 7 October 2018

Liburan Nyaman ke Lereng Merapi Merbabu

jenis mobil SUV

Halo sahabat tamasyaku, kali ini Manda ingin bercerita tentang pengalaman liburan di sekitar lereng Merapi dan Merbabu. Tidak jauh dari Jogja ke arah utara menuju kota Muntilan, kita bisa menuju ke objek wisata yang terkenal dinginnya dan bisa melihat kaki merapi dengan jelas, objek wisata Ketep Pass. Pilihan memilih kendaran jenis mobil SUV cocok menempuh medan yang banyak tanjakan dan jalan bergelombang untuk sampai ke Ketep Pass.

Perjalanan menuju Ketep Pass sebenarnya tergolong cukup dekat dari Yogyakarta, hanya saja medan tempuhnya yang tidak sepanjang jalannya beraspal mulus dan banyak tanjakan karena menuju ke objek wisata di ketinggian.

Ketep Pass

Sebuah objek wisata gardu pandang  yang berada di Sawangan, Magelang. Objek wisata ini menyuguhkan pemandangan alam lereng gunung Merapi yang menakjubkan. Perjalanan menuju ke objek wisata ini bisa ditempuh dari Magelang atau Jogjakarta.

Apa saja aktivitas yang dapat dinikmati di Ketep Pass ini?
  1. Pemandangan alam kereng gunung Merapi dengan udara yang bersih dan merelakskan mata.
  2. Menonton film berdurasi pendek tentang kegunungapian.
  3. Berkunjung ke museum vulkanologi.
  4. Melihat puncak Merapi dengan menggunakan teropong.
  5. Berfoto selfie atau wefie dengan latar gunung Merapi.
  6. Merasakan sensasi dingin saat kabut sudah turun.
  7. Bermain ayunan dan beberapa mainan anak sambil memberikan edukasi kepada anak tentang alam.
  8. Jogging sehat di pagi hari atau sore hari di Ketep Pass, jika hendak ke bawah menuju ke warung yang berada di lereng bawah atau cukup berjalan-jalan di bagian atasnya.
  9. Menikmati tempe mendoan atau jagung bakar di pinggir jurang dengan pemandangan yang eksotis wisata pegunungan.


Banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika seseorang meluangkan waktu, tenaga dan uang untuk liburan. Selain mengakrabkan seluruh anggota keluarga, muncul yang namanya toleransi ketika kita berani keluar dari zona nyaman di rumah, di perjalanan juga kita belajar mencari solusi dari masalah yang muncul saat berperjalanan, dan manfaat utamanya adalah refreshing. Halaman web saja butuh di-refresh, masak manusia tidak? Liburan tidak selalu harus merogoh kantong dalam jumlah yang besar, bisa juga diakali dengan menabung setiap bulan atau setiap dapat rejeki. Memang, menabung untuk liburan haruslah didasari dengan niat. Kalau bicara kebutuhan, liburan juga merupakan sebuah kebutuhan lho di jaman sekarang.
Harga tiket masuk yang berlaku sampai saat ini adalah sebagai berikut :
  • Tiket Masuk Area dan Museum : Rp7.500,-/orang (Rp.500,- Asuransi Pengunjung)
  • Tiket Ketep Volcano Theatre : Rp7.000,-/orang
  • Tiket Teropong : Rp3.000,-/orang
  • Tiket Wisata Mancanegara : US $ 3,-/orang (free all facilitas)
  • Parkir Sepeda Motor : Rp2.000,-/unit
  • Parkir Mobil : Rp5.000,-/unit
  • Parkir Mini Bus : Rp7.000,-/unit
  • Parkir Bus Besar: Rp12.000,-/unit
jenis mobil SUV
jenis mobil SUV

Beberapa tips yang bisa Manda tuliskan ketika sahabat tamasyaku hendak berlibur ke Ketep Pass :
  1. Gunakan mobil yang siap menempuh medan dengan banyak tanjakan dan jalan bergelombang, bisa memilih jenis mobil SUV yang nyaman dikendarai dan membawa semua anggota keluarga inti untuk berlibur di lereng gunung Merapi dan Merbabu.
  2. Persiapkan kondisi kendaraan jenis mobil SUV atau jenis mobil lain dengan baik, setidaknya kampas kopling, kondisi rem dan kesiapan lain untuk persiapan mobil menempuh tanjakan.
  3. Pilih driver yang terbiasa mengendarai jenis mobil SUV yang akan dipakai sebagai kendaraan menuju ke objek wisata Ketep Pass.
  4. Bawa kelengkapan pribadi seperti jaket/sweater, kaos kaki dan obat pribadi bagi yang alergi udara dingin.
  5. Siapkan baterai dan memori smartphone sehingga siap mengabadikan momen di Ketep Pass, jangan lupa membawa powerbank dan OTG ya.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda

Featured post

Bermain Games Asyik di ZenFone Max Pro M1

Pokemon di ZenFone Max Pro M1 Peran smartphone jaman sekarang, pastinya mendekatkan yang jauh dan menjadi alat bantu komunikasi serta ...

IBX583576234EA4D