Wednesday, 3 October 2018

Tips Asyik Ngeblog Ala Tamasyaku


Perjalanan selalu mengajarkan pada kita banyak hal, hanya saja terkadang kita lupa mengambil hikmah yang terjadi dari sebuah kejadian. Perjalanan memungkinkan kita menuliskan banyak hal untuk bisa dibuka kembali ketika rindu, dibaca orang lain sebagai pengalaman, dan menjadi diary maya perjalanan yang bisa kapan saja dibuka serta tidak memakan tempat ketika disimpan. Dan blog tamasyaku.com ini adalah diary maya tulisan Manda Panda berperjalanan.

Sebelum menuliskan tentang tips ngeblog, Manda ingin memastikan dulu dengan memberi pertanyaan singkat yang cukup dijawab Ya atau Tidak.


  1. Apakah sahabat tamasyaku senang menulis?
  2. Apakah sahabat tamasyaku suka mengabadikan momen?
  3. Apakah sahabat tamasyaku ingin tahu tentang blogger?
  4. Apakah sahabat tamasyaku sudah mempunyai blog?
  5. Kalau sudah memiliki blog, apakah alamat blognya mudah dihafal?
Jika sahabat tamasyaku menjawab "Ya" lebih dari tiga pertanyaan Manda di atas, maka Anda layak membaca kelanjutan artikel ini tenang berbagi tips-tips ngeblog Manda selama ngeblog atau menuliskan cerita perjalanan di www,tamasyaku.com.

Tips Ngeblog dari Jawaban dari Lima Pertanyaan



Mengawali tulisan dengan pertanyaan tentunya ada maksudnya. Apa maksud dari pertanyaan di atas?
  1. Hobi menulis memudahkan kita untuk bercerita tentang banyak hal yang kita jumpai saat berperjalanan. Jika seseorang senang menulis, maka mengisi blog perjalanan akan menjadi hal yang mudah. Ingat, fun itu jika kita melakukan sesuatunya dengan riang gembira dan suka cita. Ketika seseorang tersebut tidak suka menulis dan ingin menjadi blogger, ya tentu saja tidak ada larangan, latihlah diri untuk suka menulis.
  2. Suka mengabadikan momen seperti mengambil gambar/foto, mengambil video, dan lalu mengunggahnya di media sosial merupakan sebagian kegiatan yang nantinya akan dilakukan oleh seorang blogger.
  3. Ingin tahu menjadi blogger sudah merupakan modal menjadi seorang blogger. Setidaknya dengan ingin tahu, seseorang akan membaca lebih banyak dan mempersiapkan diri menjadi seorang blogger.
  4. Memiliki blog/web adalah hal utama yang harus dimiliki seseorang ketika menyebut dirinya seorang blogger. Zaman sekarang, semuanya mudah untuk dipelajari, banyak ruang untuk kita bisa belajar. Seperti halnya menjadi blogger, untuk membuat blog seseorang cukup mempunyai email gmail dan lalu mendaftarkan nama blognya.
  5. Alamat blog yang mudah diingat dengan mengubah alamat blog/wordpressnya dengan alamat yang mudah diingat. Kemudahan bagi blogger pemula ditawarkan oleh niagahoster sebagai penyedia hosting Indonesia yang menyediakan banyak layanan yang akan memudahkan sahabat tamasyaku menjadi seorang blogger.

Niagahoster Hosting Indonesia
Niagahoster Hosting Indonesia

Nah, kalau sudah memenuhi lima hal di atas, ayuk kita lanjutkan membaca tips berikut yaa...

Tips Ngeblog Ala Tamasyaku.com
  • Fokus pada satu sudut pandang cerita 



Terkadang, ide cerita itu bisa menjadi banyak sekali diceritakan, jika kita menemukan sebuah foto yang tersimpan di folder. Seperti gambar sunset di Candi Plaosan yang Manda Panda ambil sambil jogging sore di wilayah Kalasan, Yogyakarta. Sudut pandang ceritanya, bisa dari cerita menuju ke lokasi tersebut, tarif masuknya, jam buka, ada apa saja di sekitar Candi Plaosan, apa yang menarik di sana, dan ceritakan pengalaman yang teman-teman alami saat menuju ke sana (seperti kesasar atau salah jalan).

  • Mengumpulkan momen berharga untuk diceritakan
Kumpulkan sebanyak mungkin cerita sehingga kita tidak kesulitan merangkai cerita yang bisa dituliskan dalam blog/web yang kita buat. Gampangnya bisa pakai contoh aja ya.



Seperti dilihat di kedua foto di atas, apa yang membuatnya satu frame untuk dibuat cerita?

Ya, cerita liburan bersama si kecil.

Sudah ketemu ide ceritanya tentang liburan bersama si kecil. Apa yang bisa kita ceritakan? Inget poin tentang fokus pada satu sudut cerita ya. Dari sekian pilihan yang bisa diceritakan, teman-teman harus memilih ide cerita yang paling dikuasai.

  • Merencanakan perjalanan dan lalu konsisten menulis, tidak hanya disimpan. 
Saat menuliskan tips ini, sebenernya Manda pun mesem (baca : tersenyum menarik bibir ke kiri dan ke kanan, tanpa terlihat giginya). Bagaimana tidak mesem? La wong saya aja masih punya PR banyak sekali berupa foto-foto dan video yang belum diedit maupun di-publish. hahahaha. Semangat!








Ya, gunung dan pantai, itulah tempat favorit kami berdua. Banyak cerita terangkai di sana, sebagian diceritakan, sebagian lagi masih tersimpan di dalam folder. Tak apalah, nantinya ketika sudah punya banyak waktu, pasti akan berguna untuk dikhatamkan semua ceritanya.

Menjadi blogger itu jangka panjang, selama masih bisa mengetik, selama masih ada internet, selama kita masih punya cerita yang bisa dibagikan, maka blogger akan tetap ada. Setelah usia dirumahkan (baca : pensiun) apa yang kita lakukan?
Kalau memang berbagi cerita adalah hobi, yuk dimulai dari sekarang ya!

32 comments:

  1. Tips menarik. Yg paling susah buatku adalah konsisten menulis. Tema sudah, judul nanti nyari, tapi mulai ngetiknya itu yg setengah mati. Oh ya, kadang2 aku males foto2 diri. Lebih seneng motoin orang. Makanya suka bingung ga punya stok foto. Hahaha. Tapi mulai sekarang aku akan narsis. Siap grak! Btw aku pake niagahoster juga lho.

    ReplyDelete
  2. Suatu saat cerita2 perjalanan di blog ini akan bisa dibaca2 oleh si kecil. Tentu akan jadi kenangan yg indah, apalagi ada foto2nya juga :)

    ReplyDelete
  3. Kadang kalau sudah jalan-jalan suka capek, rencana nulis ditunda eh malah udah males duluan hahaa..tipsnya oke banget Manda, makasih ya

    ReplyDelete
  4. Aku suka senyumnya Piki hihihi....lucuukkk... Kalau senyum manda bikin pengen nyiwel.Tips nya juga manfaat banget Manda. Thanks for sharing

    ReplyDelete
  5. dari sebuah gambar bisa punya banyak cerita ya & bisa diabadikan di posting blog

    ReplyDelete
  6. Wah, boleh-boleh nih tips ngeblog asyiknya. Beberapa kudu mulai aku aplikasikan. Biar ngehitsss kayak Mbak Ima. :)

    ReplyDelete
  7. konsisten menulis memang agak sulit mba hehhee ide banyak tapi suka tertunda karena capek hehhee

    ReplyDelete
  8. Setuju Mbaaak, apalagi yang bagian nama blog harus mudah diingat :)
    akupun begitu

    ReplyDelete
  9. Manda, kayusirih dan mamakepiting, udah gampang diingat belum ya? hehe...

    ReplyDelete
  10. Aku dulu jadi blogger gak sengaja sih. Lama kelamaan akhirnya berkembang karena dasarnya suka menulis diary. Sekarang pindah dari buku ke digital

    ReplyDelete
  11. Keren banget foto-fotonya manda...dan dari tips2 yg ada, konsisten menulis itu yg masih berat. Duuh

    ReplyDelete
  12. Kaya akyuuu.. lebih rajin piknik dan foto2 daripada nulisnya yaa :)))

    ReplyDelete
  13. menarik tips nya, tapi konsisten emang susah ya huhu saya aja masih belum bisa terlalu konsisten posting tulisan

    ReplyDelete
  14. tips nya menarik, apapun itu memang harus selalu konsisten dikerjakan ya

    ReplyDelete
  15. saat aku mulai gak ada ide, yang kulakukan adalah membuka foto foto.. Biasanya, dari sebuah foto, bakal ada ide menulis,

    ReplyDelete
  16. Aku pun ngeblog karena kesukaanku untu bercerita. Plus tons of photos from our journey around the world :)

    ReplyDelete
  17. Setuju sama mba Lidya, bahkan dari satu gambar bisa menghasilkan cerita dari berbagi sudut pandang ya.

    Banyak membaca juga bisa membantu kita menemukan ide menulis, ya Manda

    ReplyDelete
  18. Saya hingga sekarang masih belum bisa fokus pada satu tema kalo nulis di blog XD

    ReplyDelete
  19. Nah, aku tuh kalo jalan2 sama 3 bocah suka rempong mba, jadi suka gak ke eksplore semua buat ditulis. Karena merasa data atau gambarannya kurang lengkap, aku seringnya jadi malas nulis tentang perjalanan kami

    ReplyDelete
  20. Aku awalnya suka foto-foto kemudian mikir gimana caranya agar foto-fotonya jadi bercerita dan akhirnya mulai ngeblog..

    ReplyDelete
  21. aku konsisten menulis tapi kalau berhosting sendiri belum nih. hehe

    ReplyDelete
  22. Soal mengabadikan momen, kadang muncul rasa malasku, Mbak. Rasany aingin menikmati saja tanpa ada rasa ingin mengabadikannya.

    ReplyDelete
  23. Tipnya pas nih sama saya. Blogger nyubi. TFS mbak

    ReplyDelete
  24. Angkat topi buat kakak cantique...
    MashaAllah...
    Semangat nge-blog dan berbaginya luar biasaaa...

    *love kak Manda.

    ReplyDelete
  25. Tipsnys menarik sekali manda...jujur ya..konsisten nulis itu gampang2 susahhh

    ReplyDelete
  26. Aku jadi pengen beli domain nih untuk blogku yang ini.

    ReplyDelete
  27. Makasih tipsnya mbak..walau sama2 suka nulis dan ngeblog akupun masih harus belajar untuk ttep bisa fokus dan mempercantik tulisan di blog.

    ReplyDelete
  28. Suka menulis itu nomor satu. Zaman now suka ada yg mau jd blogger krn mau dapat pendapatan aja. Gak salah sih. Cuma sebaiknya dia jg suka nulis dan berbagi, insyaAlah rezeki gak kemana ya mbak..

    ReplyDelete
  29. Segala sesuatu memang harus konsisten ya biar efeknya nyata

    ReplyDelete
  30. Tips ngeblog nya asik banget Mbak apalagi kalau dipraktekkan, biar tulisan semakin kece di blog orang juga semakin banyak dapat manfaat dari tulisan kita

    ReplyDelete
  31. Dari ke-5 pertanyaan di atas iya semua dan pertanyaan terakhir insyaallah blogku ga susah diinget. Hehehe.

    Ini keren tipsnya, makasih udah sharing ya mbak.

    ReplyDelete
  32. Masih terngiang2 nih kisah liburanku yang baru saja barengan pemilik tamasyakudotcom ini :*
    Kalau tulisan di blogku sih random banget Manda, entah banget pokoknya :))

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda

Featured post

Cara Mencegah Gagal Liburan Ala Manda

Halo sahabat tamasyaku, apa kabarnya? Sudah merencakan liburan kemana untuk akhir tahun? Buat Manda merencanakan liburan jauh-jauh ha...

IBX583576234EA4D