Wednesday, 2 January 2019

Nyaman Traveling dengan Kaos Desain Sendiri, Bikin Yuk!


Halo sahabat tamasyaku, siapa di sini yang gemar menggunakan kaos saat traveling? Yeeaay! Ternyata kita sama ya. Paling nyaman saat acara santai memang dengan mengenakan kaos. Lalu bagaimana sebagai seorang couple traveler bisa membuat kaos dengan desain sendiri?

Tenang! Di artikel kali ini, Manda akan berbagi cerita tentang tempat sablon kaos yang bisa diorder sendiri secara online dari rumah, dengan desain yang bisa kita buat sendiri dan tentunya sesuai selera kita sebagai pemesannya. Dan lagi, pemesanan bisa dilakukan secara satuan. Yeeaay!

3 Cara Menentukan Tempat Sablon Kaos yang Sesuai

Tempat sablon kaos yang bisa dipercaya dan memiliki kualitas yang prima memang terkadang sulit ditemukan. Apalagi bila Anda berdomisili di kota yang tidak terlalu besar, maka akan sulit untuk menemukan tempat sablon kaos yang bisa memenuhi keinginan kita. Kita bisa mencari di internet dan mencoba memesan jasa sablon secara online. Mungkin akan beresiko karena Anda tidak melihat bagaimana cara mereka bekerja, namun tidak ada salahnya dicoba, bukan? 

Bila Anda ingin membuat kaos untuk kepentingan acara kantor, dan membutuhkan waktu pengerjaan yang cepat, memang ada baiknya Anda melakukan survey terlebih dahulu. Beberapa tempat sablon kaos mungkin tidak semuanya bisa mengerjakan pesanan Anda dalam waktu yang singkat. Atau kalaupun mungkin, biasanya akan ada tambahan biaya yang harus Anda tambahkan sebagai kompensasi mereka yang bekerja lebih ekstra karena permintaan Anda. 

Melakukan pesanan dalam jumlah yang banyak memang tidak akan mudah. Terutama untuk tempat sablon kaos yang hanya memiliki mesin printing satu saja. Pastinya waktu pengerjaan mungkin saja akan memakan waktu seminggu atau lebih. Anda juga harus mempertimbangkan dari segi biaya bila ingin memilih tempat sablon kaos yang bisa memenuhi kebutuhan Anda. 

Pilih sablon manual atau digital? 

Secara garis besarnya, tempat sablon kaos akan menggunakan dua metode ini. Sablon manual, atau sablon digital. Kedua metode ini memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Semua akan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berikut ini adalah pertimbangan mengapa Anda harus memilih sablon manual atau digital. 

1. Proses pengerjaan 

Keunggulan yang ditawarkan oleh tempat sablon kaos yang menggunakan metode cetak digital adalah, Anda bisa memberikan design apapun dan mesin akan dapat mencetaknya. Detail dari design Anda akan tetap tercetak di atas kaos.Warna-warna yang Anda pilih juga akan semuanya keluar dan terlihat tajam. 

Hal ini dimungkinkan karena print digital menggunakan teknologi komputer untuk melakukan pekerjaannya. Sehingga, file gambar hanya perlu dimasukan ke dalam komputer saja, dan semua kegiatan akan diambil alih oleh komputer. 

Sedangkan pada sablon secara manual, tukang sablon akan membuat cetakan secara manual. Satu persatu layer warna akan dibuat cetakannya. Jadi bila Anda menginginkan design yang berwarna warni, maka akan ada banyak cetakan sesuai dengan jumlah warna yang ada didesign Anda. Hal ini akan membuat pekerjaan menjadi sangat lama. 

Namun, bila design Anda sangat sederhana, hanya berupa tulisan atau logo monocrhrome saja, maka pengerjaan dengan metode sablon manual akan selesai dalam waktu singkat untuk banyak kaos. 

2. Kualitas hasil dan kecepatan pekerjaan 

Tidak akan ada perbedaan dalam kualitas hasil. Semua metode akan menghasilkan kualitas yang bisa sama bagusnya. Namun memang untuk sablon secara manual, Anda harus memilih tukang sablon yang sudah berpengalaman agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

Sedangkan pada cetak secara digital, faktor kemampuan manusia memang tidak lagi banyak berpengaruh. Karena semua telah diambil alih oleh komputer. Namun, kekurangannya, Anda tidak bisa memaksa komputer untuk bekerja lebih cepat dari biasanya. Karena semua langkah sudah ada waktunya sendiri. Sehingga untuk menghasilkan kaos dengan jumlah yang banyak akan memakan waktu lebih lama dibandingkan sablon manual. 

3. Harga 

Bila Anda memesan dalam jumlah banyak sudah barang tentu harga akan menjadi lebih ekonomis. Karena tempat sablon kaos pastinya akan memberikan potongan harga. Untuk print secara digital, potongan biasanya tidak terlalu besar. Karena memang tidak ada keuntungannya bagi penyedia jasa print kalau harus mencetak banyak atau sedikit. Akan berbeda bila Anda menggunakan jasa sablon manual. Semakin banyak Anda pesan, maka penurunan harga akan semakin drastis. 

Sudah bisa menentukan mana yang akan Anda pilih? Tempat sablon manual atau cetak digital? Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba.

11 comments:

  1. lebih mudah dan cepat ya nyablon kaos secara print digital

    ReplyDelete
  2. Harganya murah trs kualitas kaosnya lumayan. Aku punya 2 niii..

    ReplyDelete
  3. Aku tim kaos merah tiap traveling. Makanya kebanyakan foto di IG pake kaos merah hehe. Dulu pernah bikin kaos satuan pakai desain sendiri, sayang hasilnya kurang bagus karena digital. Sekarang semakin banyak pilihan jasa sablon ya, bahkan via online juga. Jadi memudahkan kalau mau bikin kaos.

    ReplyDelete
  4. Wah ini info menarik. Pingin sih kembaran ma keluarga pake kaos sablon buatan sendri. Menginspirasi mbak 🤩

    ReplyDelete
  5. Dulu pernah jadi panitia di event kampus dan saya dapat dop jadi koordinatornya. Saya diminta mencari kaos panitia biar seragaman gitu. Akhirnya saya pilih sablon digital karena event sudah mendekati hari H dan kami belum memiliki kaos buat seragaman. Sablon manual recommnded juga sih, apalagi klo beli banyak biasanya diskonnya juga lumayan hehe :)

    ReplyDelete
  6. Bisa menjadi alternatif pilihan kalau kita ingin kembaraan dengan anak dan pasangan ya... TFS

    ReplyDelete
  7. Eh bisa bikin kostum buat bertujuh nih beeeb.. terus mikir sing desain sopoo hahahaa :)))

    ReplyDelete
  8. Thanks nih mbak, memang beda rasanya klo pke costum sablon...gimana gitu rasanya.

    ReplyDelete
  9. sablon manual saya pernah coba untuk komunitas saya hasilnya bagus.

    ReplyDelete
  10. Halo mbak aku hadir disini,,
    oh iya terkait sablon klo aku lebih cepat beli kaos polos sendiri, trus dicutting polyflex sendiri,hasilnya memang agak murah dan keuntungannya bisa satuan juga.
    Salam kenal ya mbakk :)

    ReplyDelete
  11. Waaah asyik ya bisa pesen satuan. Bisa bikin kaos kembaran berlima nih buat traveling.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda

Featured post

Cara Asyik Menikmati Wisata Kota Jakarta

Menikmati Kerlip Lampu Kota Jakarta Jakarta, ibukota Indonesia, sebuah kota metropolitan yang tidak pernah mati. Berkunjung ke Jakarta...

IBX583576234EA4D