Kuliner Kota Kudus yang Wajib Dicoba!


Halo sahabat tamasyaku, apa kabarnya setelah hampir lebih 2 tahun bersahabat dengan pandemi? Ya. dunia ini perlahan pulih dan semoga terus membaik dengan herd immunity dari vaksin yang sudah mulai muncul kesadaran untuk menerapkan prokes 5M di Jogja khususnya. Alhamdulillah, kami berdua sudah menyelesaikan kewajiban vaksin 2x dan sertifikat vaksinnya bisa ditunjukkan dari aplikasi Peduli-Lindungi. Yeay! Menuju bisa jalan-jalan dan kulineran lagi, alhamdulillah.


Memulai perjalanan ke kota Kudus, alhamdulillah perjalanan lancar selama kurang lebih 4,5 jam dari kota Yogyakarta, melewati Boyolali, Tol Semarang, pinggiran Demak dan Kudus. Memang ada beberapa titik kemacetan karena perbaikan jalan dan persimpangan setelah keluar pintu tol Semarang.


Akhirnya KUDUS! Ya, Kudus KOTA KRETEK.


Garang Asem GASASA


Lentog Tanjung


Sekilas seperti gudeg basah di kotaku, ternyata lentog adalah lontong dan pelengkapnya adalah tahu areh, sambal goreng dan sate jerohan. Lengkapnya bisa disimak dari video perjalanan ini ya.


Sate Kerbau 57




Sate kerbau ternyata ENAK SEKALI. Menikmati sate kerbau dengan nasi berbungkus daun jati, rasanya nikmat sekali. Sate kerbau 57 dimasak enak banget, rasanya seperti dendeng.


Soto Kudus Bu Jatmi



Yeaaay! Akhirnya mencicip soto kudus dikotanya dan ternyata ini soto ayam gaesssss! Pilihannya soto kudus dengan daging ayam dan daging kerbau, harusnya mencicip soto kudus daging kerbau. Tak apalah, yang penting mencicip kuah asli dari soto kudus yang dimasak orang kudus. Alhamdulillah.



Bakso Cak Masrur dan Tahu Walik




Karena sudah semuanya, akhirnya kita kulineran dengan yang menggugah selera. Apa itu? Mie ayam dan bakso, sewaktu memilih menu ketemulah dengan menu tahu walik, lebih tepatnya tahu bakso walik. 

Kuliner Hotel Griptha



Salah satu rekomendasi kalau temen-temen berkunjung ke Hotel Griptha di kota Kudus adalah mencicip Nasi Gorengnya, seriusan rasanya enak banget dan nagih! Kami bahkan membawa nasi goreng ayam untuk perjalanan pulang di jalan.

 

Yang tidak terlupakan adalah momen di hotel saat malam hari dan membuat mie instant dan secangkir minuman hangat, dan kali ini minuman habbats menemani kami malam ini. Menikmati sarapan pagi paling pagi demi tidak bersinggungan dengan banyak orang dan ternyata kepagian, hahaha. Menu wajibnya bukan omlet, melainkan soto kudus dan lentog tanjung, wkwkwkwk.


Ayam Hainan Resto Flamingo Hotel Griptha




Setelah menikmati kota Kudus selama 3 hari, perjalanan pun berakhir. Perjalanan kuliner sudah berakhir dan saatnya kita kembali ke Jogja. 

No comments

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda