Domain .Biz untuk Website Bisnis Kamu di Tahun 2020


Sumber: freepik.com


Menjalankan bisnis sekarang tidak harus menyewa kios atau tempat. Kamu bisa memulainya dari mengelola suatu website dan mendapatkan pengunjung dari dunia internet. Generasi jaman kini lebih suka berbelanja online daripada harus datang langsung ke supermarket maupun toko. Belanja online juga lebih menghemat waktu dan juga bahan bakar.

Merasa tertarik dengan ide membuka bisnis online, kamu perlu menggunakan nama domain yang tepat. Lakukan pengecekan nama domain masih tersedia atau sudah dipakai oleh perusahaan lain. Jika kamu menemukan bahwa nama itu sudah dipakai dalam bentuk ekstensi .com, dapat membeli ekstensi lainnya yakni .biz.

 

Apa Itu Domain .Biz?

Jumlah ekstensi saat ini sudah menembus angka lebih dari 1000 macam. Tidak heran para pembuat website sedikit kebingungan dalam memilih ekstensi yang tepat. Membeli domain yang sudah terkenal berupa .co dan .com sudah bukan hal yang mudah, terutama bila itu ditujukan untuk membuat toko online.

Salah satu ekstensi alternatif yang dapat kamu manfaatkan adalah .biz. Domain itu masuk di kategori generic top-level domain (gTLD). Domain .biz merupakan singkatan dari business atau bisnis. Ekstensi ini memang sengaja dibuat atas tingginya permintaan para pebisnis setelah mereka merasakan kesulitan dalam mencari nama dengan ekstensi .com.

Akhirnya domain ini lahir pada tahun 2001 atau sudah sekitar 19 tahun yang lalu. Pengelola utama dari domain ini adalah Neustar dan setidaknya sudah sekitar 2.000.000 website yang memakai ekstensi ini pada tahun 2009 silam. Pendaftaran dari website ini tidak memerlukan persyaratan maupun dokumen khusus.

Mengapa Harus Memilih Domain .Biz untuk Bisnis Kamu?

Ekstensi .biz sudah dianggap secara instan mampu membangun citra suatu brand toko online. Tidak peduli toko yang kamu bangun memiliki skala besar, menengah, atau pemula. Kamu bisa menjaring konsumen melalui dunia internet dengan mengelola website berekstensi .biz. Beberapa alasan mengapa harus menggunakan domain ini dapat kamu lihat di bawah ini.

1.    Cocok untuk Startup

Pendatang baru di dunia internet memang tengah dihadapkan dengan tantangan mencari nama domain bagus yang masih tersedia. Ini bukan hal yang mudah, karena angka website pendahulu sudah ada lebih dari 200 juta website. Pendatang baru yang dimaksud bisa ditujukan kepada perusahaan startup.

Apabila mengalami kesulitan dalam mencari nama domain .com, maka bisa saja mencari nama domain dalam bentuk .biz. Semua sektor startup dapat menggunakan ekstensi ini dan biasanya ekstensi ini memang disediakan oleh provider dengan harga yang lebih terjangkau dari .buzz. Harga tersebut sangat cocok dipakai oleh UMKM yang baru berdiri.

  

2.    Dapat Menarik Perhatian Pengunjung Online

Apapun yang kamu jual, biasanya terdapat perusahaan kompetitor yang turut menawarkan produk serupa melalui internet. Kamu harus menggunakan taktik khusus agar bisa menarik perhatian banyak pengunjung online.

Cara menarik perhatian bisa dengan membeli nama domain unik dengan ekstensi .biz. Kata .biz akan memberikan image yang melekat erat pada benak konsumen bahwa hosting website kamu adalah website bisnis atau toko online.

3.    Lebih Praktis Dibagikan Info-nya ke Komunitas

Berbagi di media sosial saat ini adalah cara promosi yang wajib dilakukan oleh seluruh pemilik website dan tim marketing. Tidak terbayang bagaimana tanggapan calon konsumen jika kamu mencantumkan URL yang sangat panjang. Sudah pasti itu akan kurang sedap dipandang mata, karena tidak memenuhi unsur estetika.

Baca juga : SolusiUndefined Index pada PHP?

Dalam rangka membuat enak dipandang, kamu bisa menggunakan domain .biz dan membuat URL menjadi lebih singkat. Masuklah ke dalam komunitas yang memerlukan produk kamu dan bagikan informasi penting yang ada sangkut pautnya dengan produk yang kamu jual. Ini bisa menjadi cara yang tepat guna meningkatkan trafik dan penjualan produk.

4.    Terpercaya dan Handal

Alasan lain mengapa kamu perlu memanfaatkan ekstensi yang satu ini adalah terpercaya dan handal. Sampai dengan saat ini sudah terbukti bahwa ekstensi ini mampu membuat konsumen percaya terhadap bisnis yang dijalankan oleh pemilik websitenya.

Domain .biz ini sudah hadir sejak 2001 dan sampai dengan saat ini masih jarang ditemukan kasus yang membuat pamornya jelek. Orang-orang mengenal domain ini sebagai ekstensi yang terpercaya dan berkualitas. Jadi tidak heran bila penggunanya mampu menembus sampai dengan 2 jutaan.  

Tertarik Menggunakan Domain .Biz

Ingin membangun suatu bisnis melalui website, maka kamu dapat mewujudkannya dengan menggunakan domain .biz. Tidak perlu repot-repot membandingkan harga dari satu provider ke provider domain lainnya.

Kamu hanya perlu mengunjungi website DomaiNesia dan buka bagian halaman daftar harga. Harga domain .biz jauh lebih murah daripada domain .buzz. Apabila kamu berniat membeli, maka kamu hanya perlu untuk menekan ikon “Beli”, mengecek nama domain yang ingin dipakai, dan menghubungi tim kami melalui bagian chat.



No comments

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda